Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sony Menambah Jajaran Lensa Utama Full-Frame dengan FE 20mm F1.8 G

0 2.565

Jika kamu pengguna jajaran kamera full-frame maupun APS-C dari Sony, kini tersedia lensa baru yang bisa dijadikan pilihan. Resmi diperkenalkan kemarin (28/2), Sony Indonesia menambahkan seri terbaru ke dalam jajaran lensa asli full-frame E-mount dari G Lens, yaitu Sony FE 20mm F1.8 G (dengan nama model SEL20F18G).

Menurut Kazuteru Makiyama, President Director Sony Indonesia, salah satu pilar utama dari strategi pengembangan lensa Sony adalah mendengarkan apa yang diinginkan oleh pelanggan dan sejumlah fotografer landscape yang memotret menggunakan sistem E-mount , meminta lensa utama yang cepat dan sangat lebar serta ringan dan serba guna.

“Kami merasa bahwa SEL20F18G baru ini telah menyentuh titik ideal dalam menggabungkan kualitas gambar, probabilitas, performa AF yang luar biasa dan harga. Menjadi cocok untuk merekam video, baik pada bodi full-frame maupun APS-C, ini merupakan tambahan penting untuk jajaran lensa kami,” ujar Kazuteru dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (29/02).

Memastikan resolusi lensa dan bokeh yang sangat baik, Sony FE 20mm F1.8 G adalah lensa utama yang ringkas, ringan dan sangat lebar. Lensa ini adalah lensa utama terlebar dalam jajaran E-mount, memberikan lebih banyak kebebasan bagi pengguna kamera Sony full-frame untuk memotret landscapes dan starscapes yang memukau, serta pengambilan video yang mengesankan.

Spesifikasi Sony FE 20mm F1.8 G

Sony FE 20mm F1.8 G

Mengusung desain smart lens, lensa ini memiliki dua elemen AA (Advanced Aspherical), tiga elemen kaca ED (Extra-low Dispersion) untuk penekanan efektif dari chromatic aberration, dan pengiriman kualitas gambar sudut ke sudut yang tinggi bahkan pada bukaan maksimum F1.8. Lensa ini punya performa close-up yang sangat baik, dengan jarak fokus minimum 0,19 meter (atau 7,5 inci, dengan pembesaran maksimum 0,2x), sehingga mampu berikan efek bokeh yang indah.

Sony FE 20mm F1.8 G punya desain yang ringkas dan serba guna, menjadikannya sempurna baik untuk fotografer maupun videografer. Dengan berat yang hanya 373 gram, ukuran yang kecil serta ringan membuatnya sangat fleksib ketiga digunakan dengan bodi E-mount yang ringkas, sebagai bagian dari sistem seimbang yang ideal untuk digunakan pada gimbal atau aksesoris grip.

Baca juga: Sony Alpha 6600, Kamera Mirrorless Mumpuni untuk Fotografer dan Videografer

Penggunaan dua XD (eXtreme Dynamic) Linear Motors memberikan autofocus yang cepat, presisi dan potensi pelacakan yang baik untuk pemotretan foto dan video dengan subyek dinamis. Algoritma baru yang dimiliki juga membantu lensa agar terhindar dari delay, untuk autofocus yang responsif, senyap dan minim getaran.

Tombol-tombol seperti penahan fokus, mode fokus, aperture ring serta lainnya didesain dengan posisi yang sesuai agar mudah dioperasikan, memberikan alur kerja yang baik. Tombol penahan fokusnya dapat diganti sebagai pintasan sesuai kebutuhan pengguna lewat menu pengaturan dari kamera. Elemen lensa depan dilapisi fluorine untuk mencegah air dan kotoran, serta keseluruhan lensa yang dibuat tahan debu dan kelembaban, memberikan keandalan saat digunakan untuk penggunaan luar ruangaan dalam kondisi menantang.

Harga dan Ketersediaan Sony FE 20mm F1.8 G

Sony SEL20F18G akan mulai tersedia di Indonesia pada bulan Maret 2020 mendatang, dengan harga resmi Rp13,999 juta. Lensa ini bisa didapatkan di seluruh Sony Center dan diler resmi Sony yang tersebar secara luring. Sedangkan untuk pre-order, telah dibuka mulai 28 Februari sampai 8 Maret 2020 dengan bonus kartu memori 64GB (SF-64UX2).

 


Preorder Lensa Sony SEL20F18G 

Shopee.co.id Lazada.co.id