SpaceX Sukses Terbangkan 4 Astronaut Amatir ke Luar Angkasa

Jakarta, Gizmologi – SpaceX sukses menerbangkan misi Inspiratino4 ke luar angkasa. Ini menjadi misi luar angkasa pertama SpaceX dengan seluruh awaknya merupakan warga sipil dan bukan astronaut.

Dilansir CNET, Ini jadi momentum besar dalam wisata antariksa, setelah Blue Origin dan Virgin Galactic yang lebih dulu sukses mengantar manusia ke orbit Bumi. Terlebih mereka semua merupakan astronaut ‘amatir’ dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Seluruh awak Inspiration4 diangkut menggunakan kapsul Crew Dragon yang dilesatkan oleh roket Falcon 9 dari fasilitas landasan milik NASA di Kennedy Space Center, Florida, pada Rabu malam waktu setempat atau Kamis pagi (16/9/2021) WIB. Kapsul berhasil mencapai ketinggian sekitar 575 kilometer, atau 150 kilometer lebih tinggi dari stasiun International Space Station (ISS).

Di sana, mereka akan menghabiskan waktu selama tiga hari untuk memutari orbit Bumi di ketinggian orbit 100 mil atau 160 kilometer. Setelah itu, dijadwalkan mereka akan meluncur dan mendarat ke lepas pantai Florida, Amerika Serikat pada akhir pekan ini.

Astronaut Amatir

Awak Inspiration4

Melansir dari BBC, para awak Inspiration4 beranggotakan Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Chris Sembroski, dan Dr. Sian Proctor. Ini menjadi misi perjalanan luar angkasa pertama yang sepenuhnya ditunggangi oleh astronaut amatir.

“Ketika misi ini selesai, orang akan melihatnya dan berkata inilah pertama kali orang biasa pergi ke antariksa,” kata Jared Isaacman, pendiri dan CEO perusahan teknologi Shift4 Payments.

Selain Jared, tiga orang lainnya berasal dari latar belakang yang berbeda. Pertama, ada Hayley Arceneaux yang merupakan asisten di St Jude Children’s Research Hospital. Wanita 29 tahun ini juga akan menjadi orang pertama dengan bagian tubuh prostetik yang pergi ke luar angkasa.

Kedua, ada Dr Sian Proctor yang berusia 51 tahun. Dia adalah seorang profesor geologi di South Mountain Community College, Arizona. Sian terpilih setelah memenangkan kontes di platform e-commerce Shift4Shop Isaacman.

Terakhir adalah Chris Sembroski seorang veteran Angkatan Udara Amerika. Uniknya, pria 42 tahun ini sebenarnya mendapatkan tiket dari temannya yang batal terbang, meski memenangkannya.

Tidak disebutkan berapa biaya penerbangan ini, Isaacman hanya memberi bocoran di bawah USD 200 juta. Di angkasa, mereka akan mengitari Bumi 90 menit sekali dengan kecepatan sekitar 22 kali kecepatan suara.

Para kru ini sudah mendapatkan pelatihan khusus astronaut selama berbulan-bulan di simulator. Kini mereka benar-benar telah melesat bersama SpaceX dan menjalani pengalaman luar biasa di luar angkasa. Wisata antariksa benar-benar sudah di depan mata.

Tinggalkan komen