Ini Spesifikasi Minimal Perangkat yang Kompatibel Windows 11

Kehadiran Windows 11 memang jadi kabar paling menarik dari Microsoft di akhir semester pertama tahun 2021. Kehadiran sistem baru ini tidak lagi sekadar berisi pembaruan minor saja namun sepenuhnya tampil dengan kulit dan jeroan berbeda. Microsoft juga membekali spesifikasi Windows 11 dengan beragam fitur menarik untuk meningkatkan efektivitas kerja di dalamnya.

Dan lazimnya pembaruan sistem operasi dengan variasi fitur inovatif yang menyertai, maka ada pula kebutuhan spesifikasi memadai agar dapat mendukungnya. Maka Microsoft pun turut merilis kebutuhan spesifikasi minimal untuk mendukung Windows 11 dapat berjalan dengan sempurna. Dan inilah dia minimal spesifikasi Windows 11 yang dibutuhkan oleh sistem operasi terbaru Microsoft ini.

Spesifikasi Windows 11

Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster with 2 or more cores on a compatible 64-bit processor or System on a Chip (SoC)
RAM: 4 gigabyte (GB)
Storage: 64 GB or larger storage device
System firmware: UEFI, Secure Boot capable
TPM: Trusted Platform Module (TPM) version 2.0
Graphics card: Compatible with DirectX 12 or later with WDDM 2.0 driver
Display: High definition (720p) display that is greater than 9” diagonally, 8 bits per color channel
Internet connection and Microsoft accounts:  Windows 11 Home edition requires internet connectivity and a Microsoft account to complete device setup on first use.

Switching a device out of Windows 11 Home in S mode also requires internet connectivity.

For all Windows 11 editions, internet access is required to perform updates and to download and take advantage of some features. A Microsoft account is required for some features.

 

Kebutuhan perangkat penyerta agar dapat menjalankan sistem tersebut dengan baik memang sudah jadi kewajiban yang tak dapat ditawar. Jika melihat kolom di atas, kebanyakan PC ataupun laptop yang rilis 10 tahun terakhir masih dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut. Jadi tidak ada masalah berarti, kecuali bagi laptop atau notebook dengan spesifikasi rendah.

Baca juga: Lima Fitur Baru Windows 11, OS Terbaru Microsoft Untuk PC

Upgrade Windows 11 Gratis Di Tahun 2022

windows 11
Full version sistem operasi Windows 11 baru dapat dinikmati pada 2022 nanti.

Para pengguna sistem Windows 10 saat ini nantinya dapat melakukan upgrade sistem operasi ke Windows 11 secara gratis. Namun upgrade tersebut baru dapat dirasakan pada tahun 2022 mendatang. Sehingga pengguna sistem operasi saat ini mesti sabar menunggu sekitar tujuh bulan lagi, dan hanya dapat memakai versi beta dari sistem yang diklaim lebih efisien hingga 40% dari yang ada sekarang.

Sementara harapan untuk menggunakan perangkat laptop maupun PC yang langsung dilengkapi Windows 11 pun baru dapat dirasakan pada perangkat yang memiliki jadwal rilis kuartal 4 2021. Pada ruang lingkup berbeda, belum juga dipastikan apakah Microsoft akan menjual Windows 11 lewat jaringan retail yang tersedia. Ataukah memang hanya mengandalkan upgrade serta sistem bawaan yang tertanam dalam paket penjualan laptop maupun PC.

Beberapa isu dukungan perangkat pun muncul terhadap sistem baru ini. Salah satunya tentang dukungan pada CPU Ryzen generasi pertama, atau bagaimana sisem ini memberi dukungan terhadap kebutuhan gaming yang sudah semakin lekat dengan keseharian pengguna Windows. Meski tentu saja Microsoft akan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya pada fase beta seperti ini. Sehingga saat rilis versi penuh nanti, penggunaan Windows 11 langsung berjalan optimal.

Tinggalkan komen