Siapkan Kendaraan Masa Depan, Honda Integrasi Layanan Google dan Uji Mobil Otonom

Tokyo, Gizmologi – Konektivitas menjadi kunci berbagai produk saat ini, termasuk di otomotif. Ini pula yang jadi concern Honda dengan mengumumkan kesepakatan dengan Google. Pabrikan mobil asal Jepang tersebut akan mengintegrasikan layanan koneksi Google ke dalam semua model baru yang dipasarkan pada paruh kedua tahun 2022 di Amerika Utara. Rencana masa depan ini kemudian akan diperluas ke lingkup global secara bertahap.

Honda dan Google telah berkolaborasi sejak 2015 dengan industri otomotif yang lebih luas untuk memperkenalkan platform Android ke mobil. Sebagai hasil dari kerjasama ini, Honda mulai mengadopsi Android Auto mulai dari Accord pada tahun 2016. Android Auto mengoptimalkan fungsi smartphone untuk pengemudi dan memungkinkan kendaraan Honda menawarkan UX (user experience) yang dapat dinikmati konsumen Honda dengan aman dan nyaman.

Baca juga: Apple dan Huawei Siap Bersaing Kembangkan Mobil Listrik

Satoshi Takami, Operating Executive, Chief Officer in charge of MaaS Operations, Honda Motor Co., Ltd. mengatakan pihaknya senang dapat menawarkan nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat di seluruh dunia dengan menggabungkan kekuatan teknologi canggih dari Honda dalam pengembangan mobil dan kekuatan Google dalam teknologi informasi yang inovatif.

Fitur Google Built-in di Mobil Honda

06 2022 Honda Civic Sedan Sport

Dengan kolaborasi baru dengan Google, Honda akan lebih memudahkan UX untuk konsumennya. Dengan menghubungkan mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat melalui kolaborasi antara teknologi terhubung Honda dan teknologi canggih Google, Honda akan menawarkan solusi dalam kendaraan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Ada sejumlah fungsi utama dari Google built-in yang bakal disuntikkan di mobil Honda. Pertama, Voice Assistant menggunakan Google Assistant yang terpasang pada Display Audio. Di mana pengemudi dapat dengan mudah menyelesaikan tugas sehari-hari melalui kontrol suara sambil tetap memperhatikan jalan dan tangan di setir. Pengemudi dapat mengirim pesan, mendapatkan petunjuk arah, mengontrol media, fungsi kendaraan, dan perangkat ponsel pintar yang kompatibel secara hands-free.

Kemudian terkait navigasi dengan mengintegrasikan Google Maps ke kendaraan, peta yang sudah dikenal dan di personalisasi pada smartphone dapat digunakan di Display Audio di dalam kendaraan. Selain itu, pengemudi dapat berbicara dengan Google untuk melakukan banyak hal dengan lebih mudah saat mengemudi, termasuk menavigasi rumah, mendapatkan perkiraan waktu kedatangan, dan menemukan pengisian bensin atau EV terdekat.

Terakhir, aplikasi dalam kendaraan dengan Google Play. Pengguna dapat dengan mudah menikmati dan mengunduh aplikasi favorit mereka, seperti mendengarkan musik, podcast, dan buku audio dengan nyaman langsung dari kendaraan tanpa menggunakan smartphone. Berbagai aplikasi di dalam kendaraan yang ditawarkan di Google Play membuat waktu yang dihabiskan konsumen di dalam kendaraan mereka menjadi lebih menyenangkan.

Pengujian kendaraan otonom

mobil otonom hondaTak hanya integrasi layanan Google, Honda juga melangkah lebih jauh dengan program pengujian untuk kendaraan otonom. Langkah ini diambil untuk menuju bisnis layanan mobilitas kendaraan otonom (MaaS) di Jepang, yang rencananya akan diluncurkan oleh Honda berkolaborasi dengan Cruise dan General Motors.

Program pengujian teknologi layanan mobilitas kendaraan otonom tersebut dilakukan di Kota Utsunomiya dan Kota Haga, Prefektur Tochigi mulai bulan September 2021. Sebagai langkah awal untuk mempersiapkan pengujian secara menyeluruh, area tersebut akan dibuatkan peta dengan definisi tinggi menggunakan kendaraan khusus untuk pemetaan. Setelah peta tersebut siap, kendaraan otonom, Cruise AV, akan mulai dikendarai di jalan umum  pada tahun 2022 mendatang untuk mengembangkan dan menguji kendaraan otonom yang disesuaikan dengan lingkungan lalu lintas serta undang-undang dan peraturan terkait di Jepang.

Honda dan Cruise akan bersama-sama mengerjakan program pengujian dan juga akan dilakukan di lokasi uji operasi baru yang akan didirikan di dalam fasilitas Honda di Prefektur Tochigi.

Di masa yang akan datang, Honda bertujuan untuk meluncurkan bisnis kendaraan otonom (MaaS) di Jepang menggunakan Cruise Origin, kendaraan yang dikembangkan bersama oleh Honda, Cruise dan General Motors, khusus untuk bisnis layanan mobilitas kendaraan otonom. Honda Mobility Solutions Co., Ltd., anak perusahaan Honda untuk bisnis MaaS, akan menjadi operator bisnis tersebut di Jepang.

Honda akan berusaha untuk menciptakan nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat dengan menawarkan kepada pelanggannya kegembiraan dalam mengembangkan potensi hidup mereka melalui bisnis kendaraan otonom MaaS.

Tinggalkan komen