Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Rilis Sensor ISOCELL GN1 50MP dengan Dukungan Dual Pixel Autofocus

0 1.063

Bulan Maret lalu, dikabarkan jika produsen sensor kamera terkemuka yang satu ini bakal merilis sebuah sensor dengan resolusi 150MP. Ya, adalah Samsung, yang dikenal telah rilis sensor beresolusi besar, tak lain seperti ISOCELL GW1 64MP serta HM1 108MP yang digunakan pada Galaxy S20 Ultra. Hari ini, Samsung memperkenalkan sensor baru, ISOCELL GN1 dengan proses pengambilan fokus yang lebih cepat.

Resolusinya memang tak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan dua sensor lainnya yang disebutkan di atas, yaitu 50MP. Namun ini adalah sensor pertama Samsung yang dapat menghadirkan teknologi Dual Pixel dan Tetracell sekaligus. Dengan kombinasi tersebut, Samsung mengklaim dapat hasilkan foto berkualitas dalam kondisi kurang cahaya, serta kecepatan fokus setara kamera DSLR.

Yongin Pak, Executive VP of Sensor Business, Samsung Electronics mengatakan jika Samsung telah berada di garis depan dalam menawarkan sensor gambar berkinerja tinggi yang penuhi kebutuhan pasar yang semakin beragam. “ISOCELL GN1 adalah bagian dari komitmen untuk berikan gambar menakjubkan kepada konsumen di kondisi apa pun. Kami akan terus memperkenalkan solusi sensor gambar di ujung tombak yang akan memimpin tren berikutnya dalam fotografi seluler.”

ISOCELL GN1 Gabungkan Teknologi Fokus Dual Pixel & Tetracell

ISOCELL GN1

Dengan teknologi Dual Pixel, masing-masing piksel dilengkapi dengan dua fotodioda yang berdampingan, masing-masing bertugas untuk menangkap cahaya dari angle yang berbeda. Sehingga dalam sebuah sensor 50MP dilengkapi dengan 100 juta unit fokus berjenis phase detection auto-focus.

Dari banyaknya jumlah PDAF tersebut, ISOCELL GN1 dapat mengambil fokus objek bergerak secara instan pada konsidi gelap sekalipun. Samsung juga menggunakan algoritma software untuk mengambil informasi cahaya dari seluruh fotodioda untuk tingkatkan detil gambar, sehingga bisa setara dengan sensor 100MP. Secara dimensi fisik, sensor ini sedikit lebih besar dari HM1 sekalipun, berukuran 1/1,3 inci.

Baca juga: Samsung Galaxy M21 Meluncur di Indonesia, Bawa Kamera 48MP & Baterai 6000 mAh

Untuk foto yang tetap detil dalam kondisi gelap, ISOCELL GN1 gunakan teknologi Tetracell yang merupakan algoritma penggabungan piksel ala Samsung. Menggabungkan empat piksel individual menjadi satu, sensor ini dapat hasilkan foto dengan dimensi 2,4um (micron pixel), berikan penangkapan cahaya lebih maksimal pada resolusi 12,5MP.

Dukungan Perekaman Video 8K Pada ISOCELL GN1

ISOCELL GN1

Selain Dual Pixel serta Tetracell, Samsung ISOCELL GN1 juga hadir dengan teknologi kamera Samsung lainnya. Seperti Smart-ISO yang menentukan ISO lebih pintar sesuai dengan kondisi objek dan pencahayaan, real-time HDR untuk pengambilan foto dengan exposure berbeda secara simultan, serta EIS berbasis gyro untuk foto dan video yang lebih stabil dan tajam.

Sementara untuk perekaman video, sensor ini mendukung resolusi hingga 8K 30fps. Sementara dalam resolusi full HD, bisa merekam slow-motion hingga 240fps dengan autofokus dan 400fps tanpa autofokus. ISOCELL GN1 bakal diproduksi secara masal mulai bulan ini. SamMobile mengatakan jika vivo bakal jadi yang pertama untuk menggunakan sensor 50MP terbaru dari Samsung tersebut.