Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

DigiSaham, Platform Informasi Saham Berbasis WhatsApp dari MCAS dan Telkomsel

0 2.187

Menurut OJK, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih rendah. Berbanding terbalik dengan tingkat inklusi keuangan yang hampir dua kali lipat lebih besar. Peluang ini yang dilirik MCAS, perusahaan distribusi digital yang meluncurkan DigiSaham berkolaborasi dengan Telkomsel.

DigiSaham merupakan platform informasi saham real-time berbasis WhatsApp yang diklaim pertama di Indonesia. Mohammad Anis Yunianto, Direktur MCAS, mengatakan DigiSaham merupakan salah satu inisiatif MCAS yang dibangun pada Enterprise Communication Platform (WhatsApp Business Solution).

“Kami menyadari preferensi umum para pengguna smartphone untuk tidak memiliki terlalu banyak aplikasi di dalam perangkat mereka. Inisiatif ini diharapkan dapat menyederhanakan dan memudahkan berbagai kalangan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai pasar modal melalui platform WhatsApp,” kata Anis.

Baca juga: Aplikasi Tetra Saham Permudah Belajar Trading dan Investasi di Masa Pandemi

DigiSaham berbasis WhatsApp

Karena berbasis WhatsApp yang dapat diakses secara luas, DigiSaham diharapkan menjadi alat edukasi yang berguna untuk memperkenalkan jutaan milenial dan Gen Z ke pasar modal. Serta mendorong mereka untuk belajar mengenai saham dan berinvestasi sejak usia dini. Selain itu, DigiSaham juga akan memudahkan investor ritel untuk selalu mengikuti perkembangan pasar modal dan melacak informasi terkait watchlist saham mereka secara efisien.

Platform DigiSaham dibangun dengan arsitektur terkoneksi langsung ke WhatsApp yang memberikan kemudahan dalam mengakses informasi terkait pasar modal kepada seluruh lapisan masyarakat. Khususnya kepada jutaan investor ritel yang tercatat di Indonesia.

DigiSaham menawarkan fitur-fitur terbaik yang user-friendly dilengkapi dengan fitur personalisasi pada multiple watchlist, push / pull alert dan notifikasi yang intuitif dan berparameter serta fitur-fitur lainnya. Investor ritel tidak perlu lagi duduk terpaku di depan komputer mereka, karena akan dengan mudah mendapatkan notifikasi harga saham melalui WhatsApp mereka.

Kolaborasi DigiSaham dengan Telkomsel POIN

Kolaborasi ini disebut memberikan nilai tambah kepada pengguna setia Telkomsel melalui penukaran Telkomsel POIN. “Ke depannya, MCAS akan memperkenalkan lebih banyak layanan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan customer engagement sesuai dengan kebutuhan mitra bisnis kami yang menggunakan WhatsApp Business Solution,” kata Anis.

Denok Andriani, GM Loyalty Management Telkomsel, mengatakan Telkomsel menghadirkan program DigiSaham bersama MCAS sebagai apresiasi bagi pelanggan setia. “Kami harap program loyalitas ini bisa memberikan banyak kemudahan serta edukasi yang diperlukan dalam berinvestasi, sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan Telkomsel dalam menggunakan berbagai produk dan layanan kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, kerja sama ini berpotensi sangat besar dalam memperkenalkan DigiSaham kepada ratusan juta pelanggan Telkomsel. Melalui kolaborasi Telkomsel dan MCAS ini, pelanggan Telkomsel dapat menikmati kesempatan untuk berlangganan paket premium menggunakan Telkomsel POIN yang mereka miliki.

Cara Menggunakan DigiSaham

Cukup dengan menukarkan sebanyak 5 Telkomsel POIN, pelanggan Telkomsel bisa mendapatkan voucher berlangganan premium DigiSaham untuk 1 bulan. Pelanggan Telkomsel dapat dengan mudah menukarkan Telkomsel POIN yang dimiliki melalui aplikasi MyTelkomsel, atau dengan mengubungi menu akses *700*406#.

DigiSaham dapat dinikmati oleh semua orang tanpa biaya. Pengguna yang akan menggunakan DigiSaham hanya perlu menyimpan kontak DigiSaham 0811-4560-8888. Kemudian mengirimkan perintah “MCAS” ke WhatsApp DigiSaham untuk mulai melakukan fungsi pemantauan dasar pada berbagai saham favorit mereka.

Paket premium tersedia untuk investor yang membutuhkan analisis teknis yang lebih mendalam. MCAS akan terus menghadirkan berbagai layanan inovatif baru yang dapat diakses pengguna dengan mudah melalui WhatsApp. Berbagai inovasi MCAS diharapkan secara progresif dapat memberdayakan pengguna berbagai layanan yang dapat beroperasi di dalam satu platform.