Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pembelian eSIM Smartfren Kini Sepenuhnya Digital, Begini Caranya

0 896

Setahun yang lalu, Smartfren meluncurkan layanan eSIM (embedded SIM) pertama di Indonesia yang mendukung perangkat iPhone. Layanan eSIM Smartfren ini kemudian memperluas dukungan perangkat yang memungkinkan smartphone flagship Samsung Galaxy S20 Series, Note 20 Ultra dal Galaxy Z Fold juga bisa memakainya.

Sampai sekarang, belum ada operator selain Smartfren yang menghadirkan layanan eSIM. Salah satu sumber kami di sebuah operator berdalih, pengguna eSIM masih sepi karena perangka yang mendukung sedikit. Akan lebih menarik jika produsen lain seperti Xiaomi, Vivo, OPPO, dan lainnya juga sudah mendukung eSIM.

Menjadi satu-satunya pemain, memberikan keuntungan tersendiri bagi Smartfren. Meski tidak menyebutkan secara rinci jumlahnya, Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren mengatakan kalau pertumbuhan eSIM Smartfren cukup baik sampai dua kali lipat. “Tidak bisa menyebut angkanya, tapi di kisaran puluhan ribu,” ujar Sukaca, saat konferensi pers virtual layanan baru eSIM Smartfren (23/10).

Apa itu eSIM Smartfren?

layanan eSIM Smartfren
`

eSIM Smarfren adalah embedded SIM yang memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan 4G LTE Smartfren tanpa menggunakan SIM Card fisik atau bersifat virtual. Hal ini bisa menambah fleksibilitas bagi pelanggan untuk mengatur sendiri preferensi data, voice dan SMS serta menikmati paket data.

Teknologi eSIM Smartfren ini ditetapkan untuk menjadi game changer dalam telekomunikasi. Karena menawarkan tingkat fleksibilitas baru bagi konsumen dan operator. Dengan perangkat berkemampuan eSIM, konsumen menikmati konektivitas out-of-the-box tanpa harus membeli kartu SIM secara terpisah.

Menurut Sukaca, ada beberapa kelebihan eSIM Smartfren. Pertama, meski slot SIM iPhone hanya satu, tetapi bisa ditambahkan dengan eSIM Smartfren. Sehingga nomor existing yang sudah dipakai bertahun-tahun tetap bisa dipakai, sekaligus bisa menikmati benefit Smartfren terutama layanan data. Kedua, lebih praktis karena cara mendapatkanya mudah, tidak perlu membeli kartu fisik. Ketiga, akses jaringan yang lebih cepat dan stabil.

Layanan eSIM Smartfren Mendukung Perangkat iPhone dan Samsung

Guna meningkatkan pengalaman pelanggan yang ingin memakai eSIM di iPhone, Smartfren mengumumkan cara baru mendapatkan eSIM Smartfren dengan cara yang sepenuhnya digital. Menurut Sukaca, pembelian eSIM Smartfren yang sepenuhnya digital merupakan cara baru yang sangat relevan dengan situasi pandemi COVID-19.

“Pelanggan tidak perlu keluar rumah, cukup memesan secara online dan QR Code akan dikirimkan ke email yang didaftarkan. Melalui cara ini eSIM Smartfren diharapkan menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang ingin merasakan dukungan internet 4G berkecepatan tinggi untuk bekerja dan berkarya dari rumah,” ujar Sukaca.

eSim Smartfren dapat digunakan untuk iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max dan iPhone SE terbaru. Selain itu, untuk pengguna Android yang sudah bisa memanfaatkan eSIM Smartfren adalah pemilik smartphone Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20+, Samsung Galaxy S20 Ultra, Samsung Galaxy Z Flip, Samsung Galaxy Fold, Samsung Galaxy Z Fold 2, dan Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

Dengan menambahkan eSIM Smartfren pada perangkat tersebut, pelanggan bisa mengubahnya menjadi smartphone DUAL SIM. Harga eSIM tersebut adalah Rp180.000 sudah termasuk kuota 90 GB (45 GB kuota utama + 45 GB kuota malam), masa aktif 360 hari, manfaat berupa panggilan telepon gratis berkualitas HD ke sesama nomor Smartfren dan panggilan gratis 30 menit ke nomor lainnya.

Cara Digital Mendapatkan eSIM Smartfren

cara dapatkan esim smartfrenCukup dengan tiga langkah mudah, yakni memesan, memindai QR Code yang dikirimkan, lalu mengaktifkan nomor Smartfren tersebut, maka pelanggan sudah bisa menikmati internet Smartfren yang 100% 4G.

Pemesanan eSIM Smartfren dapat dilakukan di web Smartfren https://www.smartfren.com. Bisa juga dengan cara mengunduh aplikasi MySmartfren melalui Apple AppStore ataupun Google Play Store.

Selanjutnya pelanggan akan diminta untuk melakukan registrasi terlebih dulu, memilih paket eSIM Smartfren 90GB, dan memilih sendiri nomor yang diinginkan. Setelah pemesanan ini dikonfirmasi, pelanggan akan mendapatkan QR Code untuk dipindai dan memasangkan nomor Smartfren sebagai eSIM di iPhone.

Pelanggan sudah bisa mendapatkan eSIM Smartfren melalui cara digital ini mulai 15 Oktober 2020. Selain membeli eSIM baru, pelanggan juga dapat mengganti kartu SIM fisik miliknya menjadi eSIM dengan cara datang langsung ke Galeri Smartfren terdekat.

Pertanyaan seputar eSIM Smartren

Q: Bagaimana cara mengaktifkan eSIM Smartfren?
A: Setelah melakukan pembelian baik melalui aplikasi maupun datang langsung ke galeri, pengguan akan mendapatkan eSIM QR code.
Setelah itu, pastikan perangkat terhubung ke internet sebelum melakukan pemindaian pada kode QR.
Scan kode QR tersebut dari perangka, lanjutkan proses instalasi hingga selesai, selanjutnya Smartfren eSIM secara otomatis akan terpasang pada perangkat.

Q: Dapatkah menggunakan nomor Smartfren yang sama untuk menjadi eSIM?
A: Pengguna dapat melakukan upgrade nomor lama menjadi eSIM dengan biaya Rp 15.000.

Q: Dapatkah memindahkan profil eSIM ke perangkat lain?
A: Pengguna tidak bisa langsung melakukan pemindaian ulang menggunakan kode QR yang sama dari perangkat lain. Pengguna saat ini hanya dapat melakukan pemindaian ulang dari perangkat yang sama. Untuk memindahkan profile eSIM ke perangkat lain, maka harus melakukan proses migrasi melalui galeri Smartfren  untuk mendapatkan kode QR baru.