Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Indosat Ooredoo Lakukan Ujicoba Biar Jaringan Data Mudik 2018 ’Nggak Macet’

0 231

Tak cuma padat saat di jalan, musim mudik biasanya identik dengan lalu lintas data dan jaringan yang jauh lebih ramai dibanding hari biasa. Biar terhindar dari ’macet’ yang berujung keluhan dari pelanggan, Indosat Ooredoo Mudik 2018 sudah melakukan ujicoba jaringan di kota terpadat saat musim Lebaran nanti.

Mereka yang tak sempat pulang ke kampung halaman tercinta akan sangat bergantung pada jaringan dan data seluler lancar untuk bermaaf-maafan melalui telepon atau sms. Bisa pula yang sudah bertatap muka pun akan tetap meramaikan dunia maya saat Idul Fitri nanti dengan berkirim meme atau pesan lucu di grup atau media sosial.

Sebelum Hari Raya Lebaran pun, lalu lintas dunia maya akan padat. Di antaranya warga memanfaatkannya untuk membantu mencari rute alternatif saat mudik, mencari hiburan ketika macet di jalan atau sekadar berbagi update sejauh mana perjalanan yang telah ditempuh.

Agar jaringan telekomunikasi dan internet lancar saat Lebaran nanti, Indosat Ooredoo mudik 2018 telah mengecek kesiapannya melalui kegiatan uji jaringan (network drive test) yang dilakukan di salah satu jalur mudik dan kota tujuan mudik di Jawa Tengah, yaitu jalur Semarang-Demak-Kudus. Ketiga kota juga memiliki berbagai obyek wisata religius yang menjadi tujuan wisata selama masa Ramadan dan Lebaran.

Uji jaringan ini untuk menunjukkan secara langsung kondisi  kualitas sinyal dan kecepatan akses data yang bisa dinikmati pelanggan khususnya selama masa Ramadan dan kegiatan mudik di salah satu jalur Pantura terpadat tersebut.

DT1
Division Head NSAS Optimization Indosat Ooredoo, Yusuf Setiawan saat melakukan network drive test di Semarang ke Kudus pada 15 Mei 2018

Dalam uji jaringan tersebut, diperoleh cakupan 4G secara kontinyu di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus. Selain itu juga dicoba berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan seperti download, live streaming,YouTube, dan video call. Dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Dalam kegiatan ini kecepatan maksimal download mencapai 39,74 Mbps dengan rata-rata kecepatan download  8,09 Mbps. Khusus di beberapa titik keramaian kota tujuan mudik diperoleh kecepatan download hingga 107,70 Mbps (Simpang Lima Semarang),  86,98 Mbps (Masjid Agung Demak), 97,17 Mbps (Museum Kretek Kudus).

Selama uji jaringan Indosat Ooredoo mudik 2018 tersebut juga dilakukan pengetesan kualitas suara dengan metode pengukuran Mean Opinion Score atau MOS yang menunjukkan bahwa 96,83% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5). Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik.

Indosat Ooredoo Mudik 2018 turut mencakup peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (iNOC), Command Center jaringan, serta berbagai paket khusus Ramadan dan Lebaran bagi pelanggan.

”Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah melakukan refarming frekuensi 1800 MHz kami dan mengaktivasi spektrum baru kami di 2100 MHz untuk mendukung cakupan 4G dan menghadirkan kecepatan lebih di wilayah penting kami,” kata Dejan Kastelic, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo.

Baca juga: Indosat Ooredoo Business Sediakan Platform Kota Digital Indonesia

Program Indosat Ooredoo Mudik 2018 telah menyiapkan kapasitas jaringannya baik untuk data, suara maupun SMS untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas telekomunikasi selama Ramadhan, mudik dan perayaan Lebaran.

Kapasitas  layanan  data  ditingkatkan   menjadi  11.394 TeraByte/hari untuk memenuhi puncak kenaikan lalu lintas data yang diprediksi meningkat 83,7% dibandingkan tahun lalu.

Sementara  itu,  untuk kapasitas suara ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang/hari dan kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 miliar SMS/hari, dimana kedua kapasitas ini juga sudah disiapkan melampaui dari prediksi lalu lintas tertinggi yang mungkin terjadi.