Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Libur Nataru, Akses Layanan Streaming Video dan Musik Diprediksi Meningkat 51%

0 16

Memasuki Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Telkomsel memprediksi pada momen tersebut akan terjadi peningkatan akses layanan berbasis streaming video maupun musik. Hal ini seiring dengan semakin kuatnya adopsi gaya hidup digital oleh masyarakat.

Menurut Iskriono Windiarjanto, Direktur Network Telkomsel, setiap tahun pihaknya konsisten memperkuat layanan telekomunikasi untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi pelanggan yang semakin meningkat pada momen Nataru.

“Dengan tren pertumbuhan trafik data Telkomsel yang diprediksi akan kembali berlanjut pada musim liburan akhir tahun ini, kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan sehingga pelanggan dapat terus saling terhubung,” ujarnya.

Pada momen Nataru, Telkomsel memprediksi trafik data akan mengalami peningkatan 26,34%. Prediksi tersebut didasari perilaku pelanggan yang berselancar internet seperti aktivitas di media sosial, streaming video, atau streaming musik. Untuk akses layanan berbasis streaming sendiri, Telkomsel memperkirakan akan terjadi kenaikan sebesar 51%, dibandingkan periode sebelumnya.

Baca juga: Permudah Gen Z Belajar Online, Telkomsel Luncurkan Paket Ilmupedia
Iskri menambahkan, dengan optimalisasi jaringan broadband Telkomsel, pelanggan dapat menggunakan layanan internet seperti mengunggah berbagai macam konten di media sosial, melakukan panggilan video, atau menonton video di berbagai platform layanan streaming ataupun on-demand dengan nyaman. Bahkan ketika berada di pusat keramaian hingga jalur tol yang paling padat sekalipun.

Dalam mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan drive test jaringan di berbagai daerah di Indonesia. Optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel meliputi penyediaan sebanyak 82 unit compact mobile base station (COMBAT) atau BTS mobile yang dikerahkan di point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat. Dengan begitu, penguatan jaringan dari Telkomsel mampu menjangkau 533 POI titik di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah memaksimalkan kapasitas jaringan di 16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, yang sudah dilayani lebih dari 2.200 BTS Telkomsel. Hal tersebut membuat jalur utama tol Trans Sumatera dan tol Trans Jawa sudah terjangkau sinyal Telkomsel 100% secara berkesinambungan.

Sedangkan aktivitas pengembangan dan penguatan elemen jaringan yang terbaru dari Telkomsel untuk Nataru tahun ini adalah dengan memastikan kesiapan infratruktur jaringan 4G di sepanjang akses jalur tol Jakarta Cikampek II Elevated (Japek Layang) yang sudah beroperasi resmi pada pertengahan bulan Desember 2019 ini. Secara khusus, Telkomsel membangun 67 unit BTS di sepanjang jalur tol yang berjarak 36,4 km tersebut, dimana seluruhnya mengunakan teknologi multi-band Long Term Evolution (LTE) dan melakukan penambahan kapasitas di 99 BTS 4G LTE.

Telkomsel juga menjadikan momen NARU tahun ini untuk  memberikan edukasi kepada pelanggan mengenai teknologi telekomunikasi terkini di kota Batam, Jakarta, Pontianak dan Manado, melalui  berbagai use case seperti olahraga pingpong secara virtual, permainan vitual reality (VR) dan augmented reality (AR) serta belajar secara online.

Sebagai bentuk komitmen menghadirkan layanan secara menyeluruh dan memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan selama musim liburan tersebut, terhitung sejak 20 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020, Telkomsel telah menyiagakan 324 Mobile GraPARI (MoGI) dan 3.716 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi layanan digital lainnya. Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.

Selain itu, operator anak perusahaan Telkom dan Singel ini juga menghadirkan Posko Telkomsel Siaga di sejumlah titik POI yang diprediksi akan menjadi titik berkumpulnya masyarakat dalam jumlah besar. Di antaranya titik transit transportasi (Bandara, Pelabuhan, Terminal dan Stasiun), tempat wisata, pasar modern dan tradisional, sekitar tempat beribadah, rest area dan lain sebagainya.

Hingga saat ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209 ribu unit BTS di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) dan kawasan perbatasan. Dari jumlah tersebut, lebih dari 77 ribu di antaranya merupakan BTS 4G. Operator ini juga mengimplementasikan teknologi 4G LTE ini di seluruh BTS yang menggunakan frekuensi 900Mhz. Jangkauan layanan 4G LTE telah mencapai 95% dari total wilayah populasi di Indonesia.