Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Andalkan Variasi Konten Streaming, MAXstream Punya 8,3 Juta Pengguna Aktif

0 1.703

Dari sejumlah operator telco yang ada di Indonesia, Telkomsel menjadi satu-satunya yang punya platform video-on-demand (VOD) marketplace. Bahkan, platform bernama MAXstream tersebut memiliki 8,3 juta pengguna aktif yang diklaim lebih besar dibanding pengguna Netflix di Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Aris Sudewo, GM Digital Content Creation Telkomsel, yang mengatakan keberhasilan tersebut tak lepas dari inovasi yang terus dihadirkan dengan ragam konten orisina serta program spesial terbaru dalam genre reality show, konser musik, olahraga, dan lainnya.

Aris mengatakan, kehadiran beragam konten orisinal MAXstream menjadi bagian dari upaya berkelanjutan dari Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk mendorong adopsi gaya hidup digital di tengah masyarakat secara menyeluruh dan berkesinambungan, terutama dalam mendukung industri kreatif karya anak negeri.

“Melalui MAXstream, kami ingin akses terhadap konten-konten berkualitas, mendidik dan menginspirasi menjadi milik seluruh masyarakat di Indonesia. Maka dari itu, kami dengan bangga memperkenalkan sejumlah konten tayangan terbaru yang tidak hanya menjadi perluasan koleksi konten dari MAXstream, namun juga memenuhi kebutuhan aktivitas gaya hidup digital pelanggan dengan menghadirkan konten hiburan digital berkualitas dengan ragam genre terlengkap,” tambah Aris, saat konferensi pers daring MaxStream melalui platform CloudX di Jakarta (26/8).

Baca juga: Ini Tarif Paket Spesial Pre-launch Disney+ Hotstar dari Telkomsel

Demografi Pengguna MaxStream

Konten Terbaru dari MAXstreamAris mengungkapkan, saat ini jumlah pelanggan aktif bulanan MaxStream sebesar 8,3 juta yang dicapai dalam waktu dua tahun sejak diluncurkan. Sementara jumlah unduhan aplikasi MaxStream mencapai lebih dari 25 juta. Platform marketplace VOD tersebut juga mencatatkan sekitar 55 juta menit waktu menonton per bulannya.

“Pengguna lebih banyak laki-laki mencapai 58% karena salah satu konten unggulan di MaxStream adalah sepak bola. Hal ini selaras dengan dirilisnya MaxStream dua tahun bertepatan dengan momen Piala Dunia 2018. Sementara itu, untuk original content unggulan adalah relijius, romantis, dan horor,” ungkap Aris.

Lebih rinci lagi, pengguna mayoritas berumur di kisaran 18-35 tahun yang merupakan gabungan dari Gen Y dan Gen Z. Mayoritas pengguna berada di Jawa, terutama di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bogor. Infrastruktur dan kecepatan jaringan seluler di kota besar memang lebih cepat.

Konten MaxStream

Luthfi C. Wibisono, GM Video & Partnership Telkomsel , mengatakan upaya memperkuat MAXstream adalah dengan menghadirkan ragam konten hiburan digital berkualitas yang bervariasi bagi pelanggan. Kehadiran ragam tayangan menurutnya akan semakin memperkaya pilihan konten di dalam MAXstream, yang dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun.

Sebelumnya, berbagai platform over-the-top (OTT) telah hadir di dalam ekosistem MAXstream, seperti HBO GO, iflix, Vidio, dan VIU. Secara keseluruhan, MAXstream telah menyediakan 60 saluran televisi, baik lokal maupun internasional, 13 platform OTT, dan lebih dari 10.000 koleksi video (film dan serial).

Sejumlah judul serial orisinal dan program spesial yang disiapkan oleh MAXstream meliputi “Passion Project”, “Wisuda Online 2020”, “Konser 25 Tahun Berkarya Melly Goeslaw dan Anto Hoed”, dan “Lebih Dekat dengan Raffi dan Gigi” yang siap ditayangkan mulai Agustus 2020. Selain itu, MAXstream juga telah menyiapkan program konser virtua. Mulai dari “Konser Galau – Rossa & Nagita Slavina” (tayang 4 September), “Konser The Baldys – Semesta Bercinta” (tayang 11 September), dan “Whoop Fest” (tayang 17 September).

Pelanggan setia Telkomsel juga dapat menikmati ragam tayangan MAXstream dengan mengakses paket data MAXStream yang menghadirkan berbagai pilihan paket kuota data dengan harga terjangkau.