Jakarta, Gizmologi โ Menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1443 H, Telkomsel telah melakukan sejumlah persiapan. Perusahaan fokus kepada upaya pengamanan kapasitas dan kualitas jaringan broadband, jaminan ketersediaan produk dan layanan unggulan. Juga berbagai program loyalitas pelanggan serta berbagi melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).
Melalui inisiatif tersebut, Telkomsel menghadirkan program โSambungkan Senyumanโ kebaikan. Ini merupakan upaya menjaga optimisme masyarakat sepanjang Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) di tengah tantangan masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga tahun ini.
Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, perusahaan berupaya membuka peluang lebih luas bagi seluruh pelanggan agar lebih optimal dalam menjalankan berbagai aktivitas digital untuk berbuat kebaikan dan mendukung ibadah. Telkomsel memastikan seluruh jaringan broadband yang telah dipersiapkan dapat berjalan prima dan ketersediaan seluruh produk dan layanan tetap terjaga.
Telkomsel menghadirkan Posko Virtual untuk mendukung aktivitas pengamatan dan penanganan jaringan serta pengamanan distribusi produk dan layanan, yang dilakukan baik secara hybrid. Implementasi virtual monitoring ini merupakan bentuk implementasi keberlanjutan dari transformasi digital Telkomsel melalui penerapan cara kerja baru untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan jaringan di momen RAFI 2022.
Siapkan jaringan broadband yang andalย
Dengan kondisi penanganan pandemi yang semakin membaik, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan yang memperbolehkan masyarakat untuk mudik dengan sejumlah persyaratan. Untuk itu, Telkomsel berupaya untuk melakukan pengamanan operasional jaringan yang difokuskan di beberapa wilayah dengan potensi lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital yang tinggi di sejumlah wilayah, seiring dengan pemberlakuan kebijakan tersebut.
Mengantisipasi hal tersebut, secara keseluruhanย prosesย optimalisasi kualitas,ย kapasitas, serta pemutakhiran teknologiย jaringanย Telkomselย akan difokuskan diย 500ย Point of Interestย (POI) diย berbagai wilayahย Indonesia, yang mencakupย 104ย area residensial,ย 4ย rumah sakit utama rujukan COVID-19,ย 56ย area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan),ย 299ย area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan,ย 19ย area jalur mudik, sertaย 18ย masjid raya.ย Telkomsel juga telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, terutama memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia.
Secara proaktif Telkomsel telah melakukan upaya penguatan kualitas jaringan dengan melakukan peningkatan kapasitasย 155ย unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyakย 284ย unit BTS 4G/LTE baru,ย mengoperasikan tambahanย 60ย unit Compact Mobile BTS (COMBAT) seluruh wilayah POI RAFI 2022,ย melengkapiย total lebih dariย 255.000ย unit BTSย Telkomselย yang sebagian besarnya telah didukung teknologiย broadbandย 4G/LTE dan menjangkau 96% wilayah populasi di Indonesia. Hingga Maret 2022 ini, Telkomsel bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo juga telah merampung pembangunan sekira 2750 BTS USO berteknologi 4G/LTE dari target pembangunan 7.772 BTS Universal Service Obligation (USO) 4G/LTE sepanjang tahun ini.
Di samping itu, guna memastikan kenyamanan lebih bagi pelanggan dalam berkomunikasi maupun mengakses layanan data selama Ramadan tahun ini, Telkomsel turut menambah kapasitasย sekiraย 932 Gbpsย untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total kapasitas menjadiย 10.032 Gbps. Sedangkan untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesarย 290 Gbps, sehingga total kapasitas menjadiย 6.390 Gbps.
Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan perusahaan mulai Maret 2022 telah memastikan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir tahun. Proses telah dilakukan secara bertahap, dimulai Maret 2022 ini. Hal tersebut dilakukan guna memastikan aktivitas secara digital masyarakat, terutama di menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri.
โSelain itu, untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, layanan VoLTE Telkomsel kini sudah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone,โ tegas Nugroho.
Prediksi Lonjakan Trafik Layanan Data
Telkomsel memperkirakan akan terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2022 jika dibandingkan dengan hari normal di 2022. Trafik layanan data/broadbandย diprediksi akan tumbuh sebesarย 9,4%, serta trafik layanan panggilan suara diproyeksi akan mengalami penurunan sebesarย 9,3%ย dan SMS tumbuh sekiraย 4,1%.
Untuk aktivitas layanan digital masyarakat juga diperkirakan juga akan meningkat selama RAFI 2022, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 7,5%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 21,3%, layanan streaming video meningkat sekira 15,3%, layanan mobile gaming melonjak hingga 34,9%, akses browsing naik 17,8%, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 18,4%.
Selain kesiapan jaringan, Telkomsel juga memastikan ketersediaan akses produk dan layanan di seluruh saluran layanan pelanggan akan tetap terjaga, baik secara online maupun offline. Saluran customer care mulai dari call center 188, layanan online melalui akun resmi media sosial, asisten virtual dan GraPARI Online siap beroperasi 24 jamn. Selain itu, Telkomsel juga telah menyiagakan 394 GraPARI dan lebih dari 420.000 mitra outlet di seluruh Indonesia, yang akan melayani kebutuhan produk dan layanan terdepan secara offline (walk-in) selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



