Sempat Alami Gangguan, Jaringan Kabel Laut Jasuka Telkom Pulih 100%

Jakarta, Gizmologi – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengungkapkan sistem komunikasi kabel laut atau SKKL JaSuKa (Jawa-Sumatera-Kalimantan) telah selesai diperbaiki. Di mana sebelumnya jaringan kabel bawah laut ini mengalami gangguan.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, sistem tersebut kembali beroperasi normal seperti sedia kala, sejak Senin (4/10) pagi. Bahkan proses penyambungan kabel yang sempat terputus pada ruas Batam-Pontianak tersebut juga telah selesai dilakukan, lebih cepat dari target waktu yang diperkirakan semula yakni selama sebulan.

“Alhamdulillah saat ini kabel laut JaSuKa sudah kembali pulih dan melayani trafik telekomunikasi dengan normal sehingga pelanggan dapat merasakan kembali pengalaman digital terbaik dari beragam layanan TelkomGroup,” kata Pujo dalam keterangan tertulisnya.

Pujo menambahkan, Telkom akan terus melakukan monitoring trafik dan layanan guna memastikan kualitas layanan yang dirasakan pelanggan tetap prima. Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak yang telah membantu proses penyambungan kabel lalu tersebut.

“Kenyamanan pelanggan merupakan prioritas kami sehingga kami akan terus memastikan keandalan kualitas infrastruktur, jaringan dan layanan,” kata Pujo.

Pemulihan Layanan Telkom Group

Kabel Laut Jasuka Telkom

Sebelumnya PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melakukan upaya yang dilakukan antara lain dengan peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur back-up dan alternatif khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Tujuannya agar seluruh layanan TelkomGroup, baik fixed broadband, termasuk IndiHome maupun mobile broadband milik Telkomsel sudah kembali normal. Seiring dengan kapasitas bandwidth yang telah mencapai target pemulihan 100% layanan hingga bertambah sebesar 1Tbps.

Sebagai informasi, seluruh layanan TelkomGroup baik fixed broadband termasuk IndiHome maupun mobile broadband milik Telkomsel yang sempat mengalami penurunan kualitas akibat gangguan sistem komunikasi kabel laut JaSuKa ruas Batam – Pontianak, Minggu (19/9). Sumber gangguan berasal berada di titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Tinggalkan komen