Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Smarfren Power Up, Paket Membership untuk Kebutuhan Digital

0 3.723

Meski sudah memiliki sejumlah produk kartu perdana, Smartfren tetap berupaya menghadirkan varian lain. Operator seluler milik Sinar Mas tersebut meluncurkan Smartfren Power Up. Produk ini digadang-gadang sebagai kartu membership ekslusif pertama di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengatur sendiri pengalaman internet sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini ditegaskan oleh Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, yang mengatakan bahwa Smartfren Power Up merupakan eksklusif membership plan yang mengutamakan metode keanggotaan. Kartu perdana ini didasari paket utama yang memiliki masa aktif 168 hari, ketersediaan nomor favorit yang dapat dipilih oleh pelanggan, bonus kuota progresif yang didapatkan dari setiap transaksi pembelian paket add-on.

“POWER UP ditujukan untuk calon pelanggan yang mengedepankan penggunaan data yang bisa diatur sesuai keinginan,” ujar Djoko Tata saat meluncurkan Smarfren Power Up dalam konferensi pers online di Jakarta (10/06).

Baca juga: Smartfren eSIM Kini Bisa Digunakan pada Smartphone Flagship Samsung

Kelebihan Smartfren Power Up

Smartfren Power UpPada kartu perdana Smartfren Power Up, disebutkan bahwa setidaknya ada delapan manfaat utama Smartfren Power Up. Pertama, Progressive Bonus, yaitu bonus kuota yang terus bertambah di setiap pembelian Paket Add-On. Kemudian Data Rollover dengan Data Buyback, dimana sisa kuota tidak hangus bahkan bisa ditukar kembali dengan paket lain.

Selanjutnya Member Elite, di mana setiap transaksi akan mendapatkan 3% cashback dalam bentuk SmartPoin. Keuntungan lainnya adalah VIP Number yang artinya pelanggan bebas memilih nomor favorit khusus untuk member baru.

Smartfren Power Up juga menawarkan kuota internet 24 jam. Tanpa batasan kuota siang, malam, atau per aplikasi. Selain itu, juga bebas memilih kuota sesuai kebutuhan. Serta gratis nelpon ke sesama Smartfren.
Tarif dasar (Pay as You Go) Smartren Power Up adalah Rp 8 ribu per 1 GB yang cukup terjangkau.

Setiap member POWER UP langsung berhak mendapatkan keanggotaan tingkat elit (Elite Rewards) di SmartPoin. Sebagai member elit, pelanggan bisa mengikuti program scratch and win untuk mendapatkan hadiah 1 juta SmartPoin. Pelanggan juga akan mendapatkan cashback berupa 3% SmartPoin untuk setiap transaksi yang dilakukan, SmartPoin bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik yang tersedia pada aplikasi MySmartfren.

Di akhir periode masa aktif keanggotaan POWER UP, member akan mendapat pilihan untuk memperpanjang masa aktif kartunya dengan opsi paket senilai Rp58.000,- untuk 12GB dan Rp108.000,- untuk 24GB. Jika tidak ingin memperpanjang, maka akan diberikan opsi untuk menukar sisa kuota dengan SmartPoin, atau mengganti dengan paket lain.

Tarif Paket Membership Smartfren Power Up

Paket keanggotaan POWER UP hadir dengan dua pilihan. Pertama, POWER UP 12GB seharga Rp68.000, di mana pelanggan akan mendapatkan kuota 2GB selama 6 x 28 hari, sedangkan di periode keenam, pelanggan akan mendapatkan 3GB.  Kedua, POWER UP 24GB seharga Rp118.000,- pelanggan akan mendapatkan kuota 4GB selama 6 x 28 hari, di periode 28 hari terakhir, pelanggan akan mendapatkan 5GB.

Selain itu, ada pilihan paket add-on yang disediakan, antara lain: Paket add-on 4GB seharga Rp28.000, Paket add-on 8GB seharga Rp48.000,- dan Paket add-on 16GB seharga Rp78.000. Juga tersedia beberapa paket booster untuk aplikasi seperti Youtube, Zoom, TikTok, Instagram, dan Netflix.

Saat membeli pertama kali, pelanggan akan diberikan dua pilihan kuota utama sesuai kebutuhan data dan tiga pilihan kuota add-on ditambah dengan bonus kuota progresif yang berlimpah hingga 3 GB. Syarat untuk mendapatkan bonus progresif sangat mudah, waktu pembelian antar add-on tidak boleh lebih dari 28 hari.

Jika pelanggan melakukan pembelian antar add-on lebih dari 28 hari, maka bonus progresif akan kembali ke 1GB. Semakin sering member POWER UP melakukan pembelian kuota add-on, maka bonus kuota progresif akan semakin banyak.

Djoko Tata menambahkan, tidak ada lagi batasan kuota malam atau kuota utama. Sehingga pengguna akan nyaman karena data yang digunakan adalah real internet kuota yang dapat dipakai selama 24 jam dan bisa digunakan di aplikasi apapun.

Pelanggan juga tak perlu khawatir kartunya akan hangus karena masa aktif kartu perdana sangat lama hingga 24 minggu atau 168 hari masa aktif. Jika masih ada sisa kuota add-on di 28 hari pertama, sisa kuota tersebut akan rollover ke periode berikutnya, tanpa khawatir kehilangan sisa kuota. Sisa kuota yang tersedia di 28 hari periode akhir dapat ditukarkan kembali dalam bentuk SmartPoin, dengan besaran 1GB ditukar dengan 1000 SmartPoin.

Cara Registrasi Smartfren Power Up

daftar smartfren power upDjoko Tata Ibrahim menegaskan bahwa paket Membership POWER UP saat ini berlaku bagi seluruh pelanggan Smartfren Prabayar dan juga Pelanggan baru (Non Smartfren).

Untuk pengguna baru yang ingin bergabung dan mendaftar sebagai anggota POWER UP, pelanggan bisa melakukannya secara online di werbsite martfren.com/powerup atau di aplikasi MySmartfren yang dapat diunduh di App Store ataupun Google Play Store. Kartu perdana yang sudah dipesan akan langsung dikirimkan ke alamat pelanggan.

Berikut ini langkahnya:

  • Download aplikais MySmartfren di Google Play Store/App Store. Setelah itu, jalankan aplikasi dan pilih menu ‘Buy SIM’. Kemudian masukkan kode referal, jika tidak punya bisa melewati dengan memilih menu Skip.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih paket. Smartfren Power Up memiliki dua paket utama yakni 12GB dan 24GB yang berlaku hingga 6 bulan. Pilih yang sesuai keperluan, kemudian tekan tombol Continue untuk melanjutkan.
  • Jika paket dasar dirasa kurang, maka pengguna bisa menambahkan kuota Add-on sesuai keperluan. Bagian ini bisa dilewati jika tidak menginginkan.
  • Bagian penting selanjutnya adalah memilih nomor. Asyiknya, kita bisa memilih nomor favorit di mana kemungkinan besar tersedia karena sampai 13 digit. Saya mencoba memasukkan 6 digit angka terakhir yang sama dengan nomor utama dan ternyata masih ada beberapa pilihan.
  • Setelah memilih nomor yang disukai, dilanjutkan dengan memasukkan registrasi data diri, alamat pengiriman kartu SIM. Langkah terakhir adalah metode pembayaran yang ada tiga yakni GoPay, OVO, dan Gift Code.
  • Setelah berhasil membayar, maka pengguna akan memperoleh kode aktivasi dan menunggu kartu SIM dikirim sampai rumah.

Proses registrasi secara umum mirip seperti By.U milik Telkomsel maupun Switch, startup telekomunikasi yang jaringannya juga menggunakan Smartfren. Namun untuk By.U, kita tidak bisa memilih nomor favorit sendiri. Pengguna hanya bisa memilih dari nomor yang ditampilkan secara acak.

Cara bergabung ke Smartfren Power Up bagi pelanggan lama:

Sebagaimana sudah disinggung di atas, paket membership Smartfren Power Up ini berlaku baik bagi pelanggan lama maupun pelanggan baru.

Pelanggan lama yang ingin bergabung ke paket membership Smartfren Power Up bisa melakukan pemberhentian langganan (unreg) Paket Smartfren yang aktif saat ini melalui aplikasi MySmartfren. Dengan berhenti, maka semua benefit paket yang dimiliki saat itu (existing) akan hangus, kecuali SmartPoin dan Pulsa. Setelah itu, pelanggan akan dikenakan biaya senilai Rp108 ribu untuk Kuota 24 GB atau Rp 58 ribu untuk Kuota 12 GB.