Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tahun Baru 2021, Indosat Catat Kenaikan Trafik Data 35%

0 464

Indosat berhasil mempertahankan kinerja jaringan selama masa liburan Tahun Baru 2021. Pada musin liburan kali ini Indosat Ooredoo mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 35% pada 1 Januari 2021, dimana hingga 95% dapat terlayani di jaringan 4G.

Medhat Elhusseiny, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, mengatakan pihaknya bangga dapat memberikan pengalaman digital terbaik kepada pelanggan selama Natal dan Malam Tahun Baru, meskipun terjadi lonjakan trafik sebesar 35%.

“Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim Indosat Ooredoo dan mitra kami di lapangan, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19,  untuk menjamin ketersediaan layanan bagi pelanggan kami. Perluasan jaringan 4G kami, bersama dengan implementasi model operasi digital canggih yang telah kami mulai sejak pertengahan tahun 2020 adalah faktor pendukung lain yang menjamin pengalaman digital terbaik bagi pelanggan kami selama periode liburan ini,” ujar Medhat.

Peningkatan Trafik Indosat

Idulfitri 1439HPada perayaan Natal dan Malam Tahun Baru, Indosat Ooredoo mencatatkan peningkatan trafik data tertinggi terjadi pada hari ‘H’  masing-masing sebesar 25% (Natal) dan 35% (Tahun Baru) dibandingkan trafik hari normal. Peningkatan trafik data yang cukup signifikan terlihat di beberapa kota besar di Pulau Jawa seperti Bodetabek, Tasikmalaya, Sukabumi dan Kediri.

Berbeda dengan Telkomsel yang lebih dinamis, aplikasi yang paling banyak digunakan pengguna Indosat relatif mudah diprediksi yaitu Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, dan Youtube.

Untuk memantau jaringan, perusahaan ini memiliki Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Service Operation Center (SOC) yang didukung AI (artificial inteligence)/ML (machine learning).  Melalui platform operasi digital baru, operasional jaringan Indosat Ooredoo telah menunjukkan efisiensi dalam penyelesaian masalah dan menghadirkan pengalaman digital ke level terbaik untuk semua perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional yang tercermin dari pengurangan keluhan pelanggan hingga 65% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebelum masa liburan, Indosat Ooredoo juga melakukan uji jaringan di beberapa kota regional dan tempat umum seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, tempat rekreasi, tempat istirahat dan terminal untuk memastikan pelanggan dapat menikmati pengalaman digital terbaik kami.