Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Telkomsel Hadirkan IndonesiaNEXT 3.0 bagi Mahasiswa di 21 Kampus

0 131

Telkomsel IndonesiaNEXT kembali digelar. Mengusung misi mempersiapkan anak muda Indonesia menghadapi era persaingan yang ketat di serba digital ini, beragam acara kembali ditawarkan Telkomsel bagi mahasiswa di 21 kampus seantero negeri.

Dalam Telkomsel IndonesiaNEXT 3.0 alias IndonesiaNEXT tahun ke-3 ini, provider Telkomsel akan menghadirkan program untuk meningkatkan keahlian mahasiswa sebagai bekal kerja di zaman now yang menuntut keahlian pemasaran digital, kreativitas out of the box dan selalu update dengan tren untuk menjual produk atau jasa mereka nantinya.

Mengambil tema “Yes, Im The Next”,  Telkomsel IndonesiaNEXT 2018 akan diadakan di 21 kampus di Indonesia, yakni Bogor, Padang, Lampung, Bandung, Makassar, Pontianak, Semarang, Malang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Karawang, Tasikmalaya, Cirebon, Solo, Surabaya, Denpasar, Manado, Ambon dan Banjarmasin.

Secara garis besar, Telkomsel IndonesiaNEXT tahun ini mengajak peserta menghadiri berbagai seminar dan talkshow inspiratif, program sertifikasi, pelatihan communication skill dan digital marketing, sebelum akhirnya diadakan bootcamp sebagai tahapan akhir untuk memilih peserta terbaik IndonesiaNEXT 2018.

“Melalui IndonesiaNEXT, kami berharap generasi muda kita semakin cakap dan kompeten untuk bersaing secara global,” kata Direktur Human Capital Management Telkomsel, Irfan Tachrir .

Irfan mengatakan Telkomsel IndonesiaNEXT tahun ini digelar di lebih banyak perguruan tinggi agar makin banyak mahasiswa yang dapat berpartisipasi dan mendapatkan kesempatan untuk menajamkan kompetensinya.

Pada tahap awal, 500 peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan akan berpartisipasi dalam seminar inspiratif dan pelatihan digital marketing.

Pembukaan acara CSR Telkomsel “Indonesia Next” di Kampus IPB Dramaga, Bogor, pada Selasa (15/5)

Pelatihan digital marketing Telkomsel IndonesiaNEXT akan berlangsung selama tiga hari, dimana peserta akan mendapatkan pelatihan materi sesuai minat yang dipilih sebelum mengikuti ujian sertifikasi internasional. Beberapa pilihan materi yang disediakan, yaitu Digital Content Marketing using Hubspot, Technical Design Presentation using Microsoft Office Powerpoint 2013, dan Visual Design and Communication using Adobe Photoshop CS6/CC.

Setelah mendapatkan pelatihan, 400 peserta terpilih akan mengikuti persiapan ujian terkait pilihan sertifikasi internasional yang diminati. Ujian sertifikasi internasional sendiri diadakan secara online, yang terdiri dari sertifikasi Digital Marketing Certified Hubspot, Adobe Certified Associate Photoshop CS6/Creative Cloud 2018, dan Microsoft Office Specialist Powerpoint 2013.

Kemudian dari 400 peserta sertifikasi, akan dipilih 100 peserta yang mendapatkan scoring sertifikasi terbaik, yang berkesempatan untuk mengikuti pelatihan Technical Data Processing dan ujian sertifikasi internasional Microsoft Office Specialist Excel 2013.

Tahap selanjutnya adalah pelatihan Communication Skill, dimana akan ditentukan 30 peserta (TOP 30 Area) dari setiap kota berdasarkan nilai sertifikasi terbaik. Para peserta akan dilatih oleh pembicara dari Talk Inc. agar dapat melakukan presentasi dengan menarik, komunikatif, komprehensif dan informatif. Tahapan ini akan diakhiri dengan evaluasi dan penilaian dari trainer berdasarkan presentasi yang dibuat dan disajikan peserta di depan panel, untuk kemudian mendapatkan 3 peserta terbaik dari tiap-tiap kota (TOP 3 Area).

Selanjutnya peserta TOP 3 Area akan mendapatkan pembekalan secara intensif dalam tahap National Bootcamp, dengan materi Impactful Presentation and Communication, Critical Thinking, dan Industry Insight. Pada akhirnya, peserta terbaik Telkomsel IndonesiaNEXT 2018 akan melalui proses National Qualification Panel.

Penyelenggaraan IndonesiaNEXT 2017 telah menghasilkan 10 peserta terbaik nasional dari lebih dari 12 ribu peserta dari seluruh Indonesia. Belum lama ini, ke 10 pemenang tersebut telah berkesempatan mendapatkan kursus singkat di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan teknologi ternama di San Francisco, Amerika Serikat.

Baca juga: 10 Peserta Terbaik IndonesiaNEXT Bakal Kursus Singkat di San Francisco

Selama penyelenggaraan IndonesiaNEXT sejak 2016, Telkomsel telah menghasilkan 4.036 peserta yang mengantongi sertifikasi internasional. Pada kompetisi 2017, 12.980 mahasiswa dari 529 perguruan tinggi yang mendaftar untuk acara ini.