Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Telkomsel MSIGHT Tawarkan Layanan Big Data untuk Pebisnis dan Instansi

0 41

Revolusi Industri 4.0 yang didengung-dengungkan di era kepresidenan Joko Widodo ditopang oleh banyak terobosan inovasi di sektor digital. Salah satunya adalah big data yang menolong keberlangsungan bisnis yang sangat bergantung pada teknologi dan internet. Semakin dibutuhkannya terobosan ini membuat Telkomsel melalui Mobile Consumer Insight (MSIGHT) merilis layanan telco big data.

Layanan telco big data diperkenalkan ke publik mengambil momentum hajatan Tech in Asia (TIA) 2018 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat. Tak hanya bagi pelakon usaha swasta, layanan telco big data bisa bermanfaat bagi kalangan pemerintah.

Vice President Data Insight and Interface Services Development Telkomsel, Mia Melinda mengatakan layanan telco big data merupakan bagian dari portofolio bisnis Telkomsel di bawah MSIGHT untuk mendukung peta jalan transformasi digital di Indonesia melalui slogan Making Indonesia 4.0.

“Melalui pengembangan kapabilitas kami dalam kemitraan teknologi, MSIGHT sebagai unit yang beroperasi secara business to business (B2B) hadir untuk memberikan nilai tambah untuk lembaga-lembaga pemerintah dan sektor industri seperti keuangan, transportasi, e-commerce, ritel, digital, periklanan, dan masih banyak lagi,” kata Mia.

Beberapa aplikasi bisnis dari informasi telco big data, di antaranya untuk mengawasi jumlah trafik pengunjung pusat; segmentasi konsumen berdasarkan profil tertentu; mengetahui perilaku digital konsumen, pola pergerakan konsumen antar lokasi, dan perilaku konsumen terhadap produk dan layanan.

MSight Telkomsel edit
Suasana Telkomsel MSIGHT dalam ajang Tech In Asia

“Produk – produk  MSIGHT meliputi Risk insight, Mobility Insight, Lifestyle Insight, dan API marketplace, menawarkan berbagai manfaat bagi pelaku usaha mulai dari peruntukan marketing communication, business intelligence, maupun risk assessment,” tambah Mia.

Sebagai gambaran secara umum, lini produk Risk Insight dalam layanan telco big data ini berfokus menganalisa profil risiko pelanggan yang nantinya bermanfaat untuk mengelola risiko keuangan klien yang diwakili oleh produk Credit Score dan Location Score. Sedangkan lini Mobility Insight fokus pada penyediaan gambaran penting mengenai pergerakan pelanggan, baik berpindah maupun menetap pada suatu lokasi yang diwakili oleh produk Skyscraper Profiler.

“Informasi big data yang kami peroleh akan dikelola secara anonim, agregat, dan efisien yang diolah menjadi informasi dan insight, serta diperbarui secara berkala. Kekuatan Telkomsel dalam menyelenggarakan big data adalah pada basis 178 juta pengguna atau mewakili sebagian besar pengguna data Internet di Indonesia,” lanjut Mia.

Beberapa layanan telco big data MSIGHT dalam tahun ini telah dimanfaatkan instansi pemerintah, seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk melakukan studi secara lebih efisien dan mendapatkan sudut pandang yang lebih kaya, di mana aplikasinya diterapkan pada studi dampak makroekonomi dari penyelenggaraan Asian Games 2018.

Baca juga: Telkomsel Gelar Pengalaman Teknologi 5G Pertama di Asian Games 2018