Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Telkomsel dan Zenius Gelar Kompetisi Kedua Ilmupedia, Diikuti 19000 Murid Seluruh Indonesia

0 1.718

Kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 2 resmi mencapai puncaknya hari ini (26/3). Inisiatif tersebut dihasilkan dari kolaborasi Telkomsel dan Zenius sebagai upaya mendukung pengembangan sektor pendidikan di Indonesia.

Penyelenggaraan Ilmupedia Berani Jawab Season 2 sebelumnya ditandai dengan periode pendaftaran yang dibuka mulai dari 8 Desember 2020 sampai dengan 26 Januari 2021 lalu. Total, terdapat lebih dari 19.000 murid dari 3.223 sekolah di 417 kota di seluruh Indonesia yang mengikuti kompetisi tersebut.

Rangkaian kegiatan Ilmupedia Berani Jawab Season 2 terbagi dalam beberapa fase. Mulai dari babak individual, regional, area, hingga playoff. Selain itu, terdapat babak spesial (wildcard) yang membuat kompetisi bertambah menarik.
Baca juga: Upgrade Kartu uSIM 4G Telkomsel Kini Bisa Melalui E-commerce

Kompetisi cerdas cermat Ilmupedia Berani Jawab

Ilmupedia Berani Jawab Season 2_1 Ilmupedia Berani Jawab Season 2 adalah kompetisi cerdas cermat bagi murid SMA/sederajat dari seluruh wilayah di Indonesia. Semua rangkaian kegiatan dalam Ilmupedia Berani Jawab Season 2 diselenggarakan secara online.

Kompetisi dimulai dengan babak individual di level kota untuk menentukan 20 peserta teratas yang masing-masing akan membentuk sebuah tim beranggotakan 5 orang yang berasal dari sekolah yang sama. Kemudian, para peserta yang lolos melanjutkan perjuangan di babak regional, di mana setiap tim akan berkompetisi di regional yang sesuai dengan domisili sekolahnya. Babak tersebut telah menyaring 50 besar peserta dari setiap 13 regional yang dipertandingkan.

Perjalanan para peserta berlanjut di babak area. Setiap tim telah berkompetisi di area yang sesuai dengan domisili sekolahnya. Total, terdapat 4 area dalam kompetisi tersebut, dengan masing-masing area mengirimkan 3 tim terbaik untuk berpartisipasi dalam babak playoff. Menariknya, seluruh peserta yang dinyatakan tidak lolos pada babak individual, regional, dan area berkesempatan untuk memperebutkan 4 jatah di babak playoff, sehingga total terdapat 16 tim yang bersaing di fase puncak.

Kembangkan Kemampuan Melalui Teknologi

Ilmupedia Berani Jawab Season 2_1  Menurut Tuty Rahma Afriza, Vice President Prepaid Consumer Telkomsel, perusahaan memaknai kesuksesan penyelenggaraan Ilmupedia Berani Jawab Season 2. Ini dianggapnya sebagai momentum untuk memperkuat peran sebagai leading digital telco company agar mampu membuka lebih banyak kesempatan bagi para pelajar di Tanah Air untuk mengembangkan kemampuan melalui pemanfaatan akses teknologi berbasis digital.

“Kami merasa senang bisa terus memperkuat kolaborasi dengan Zenius, yang diharapkan dapat berlangsung dalam jangka panjang agar manfaat dari berbagai upaya kolaboratif yang dijalankan bisa memberikan manfaat bagi pengembangan sektor pendidikan, khususnya untuk lebih banyak pelajar di seluruh Indonesia,” kata Tuty.

Sementara itu Tantia Dian Permata Indah, Chief Operating Officer Zenius mengatakan, Ilmupedia Berani Jawab Season 2 merupakan salah satu upaya Zenius dan Telkomsel dalam menjaga semangat belajar para pelajar seluruh Indonesia di tengah pandemi.

“Kami bangga karena tingginya partisipasi dari para pelajar di Indonesia dalam mengikuti Ilmupedia Berani Jawab Season 2 menunjukkan jika masih banyak pelajar yang memiliki semangat belajar tinggi, meski di tengah pandemi. Kami percaya kolaborasi yang kuat, seperti yang kami lakukan dengan Telkomsel, diperlukan untuk mewujudkan visi kami, yaitu merangkai generasi Indonesia yang cerdas, cerah, dan asyik,” imbuhnya.

Dalam seremoni pengumuman pemenang sekaligus ajang penghargaan yang dilakukan oleh Telkomsel dan Zenius, tim SMAN 54 Jakarta dinobatkan menjadi juara dalam Ilmupedia Berani Jawab Season 2. Kemudian, tim SMAN 2 Jakarta dan tim SMAN 2 Balige Toba Samosir masing-masing berhasil menempati posisi kedua dan ketiga. Berkat pencapaian tersebut, ketiganya berhak atas hadiah dengan nilai total 150 juta rupiah.

Telkomsel bersama Zenius turut memberikan apresiasi kepada para pemenang di setiap babak, mulai dari babak individu, regional, area, spesial (wildcard), dan playoff dengan memberikan hadiah berupa pulsa Telkomsel, Saldo LinkAja, Voucher Belanja E-Commerce, hingga tabungan Pendidikan dengan nilai total keseluruhan 400 juta rupiah.

Tinggalkan komen