Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

XL Axiata Tingkatkan Kapasitas Jaringan Hadapi Libur Natal dan Pergantian Tahun 2021

0 1.794

Tahun 2020 sangat berbeda dengan sebelumnya. Karena pandemi yang membuat segala aktivitas menjadi terbatas. Termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2021. Rencana pemerintah untuk menambah libur akhir tahun sebagai pengganti lebaran ditiadakan. Meski demikian, operator seluler memprediksi terjadinya kenaikan trafik data pada momen Natal dan Tahun Baru 2021.

Sebelumnya, Telkomsel telah memprediksi pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 trafik layanan data akan mengalami peningkatan sebesar 10,19% dibandingkan dengan hari biasa 2020. Sementara jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, Telkomsel memprediksi trafik data akan tumbuh 49,3%.

Prediksi serupa disampaikan oleh XL Axiata yang memperkirakan tetap akan ada peningkatan trafik data sekitar 10% dibandingkan hari biasa di tahun 2020. Dalam dua tahun terakhir, trafik data meningkat hingga 15%. Dan untuk menghadapi kemungkinkan lonjakan trafik di semua layanan, XL Axiata telah memastikan kesiapan jaringan.

Tingkatkan Kapasitas 2 Kali Lipat

Menara BTS XLI Gede Darmayusa, Direktur Teknologi XL Axiata, menyatakan untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik, pihaknya tetap menyiapkan jaringan seperti di saat kondisi normal sebelum pandemi. XL memperkirakan trafik data berpotensi naik meski masyarakat tidak bisa merayakan Natal dan pergantian tahun secara leluasa.

“Kapasitas jaringan yang kami sediakan sebesar 2 kali.  Masyarakat akan tetap merayakannya secara virtual, termasuk umat Nasrani akan melalukan misa Natal dan bersilaturahmi secara streaming. Begitu juga untuk mengisi libur panjang hingga akhir tahun, selain bepergian, masyarakat luas kemungkinan akan mengisi masa libur panjang dengan berbagai aktivitas digital karena harus membatasi keluar rumah,” ujar Darmayusa.

Selama masa krusial tersebut, tim XL Axiata akan terus bersiap memastikan semua jaringan aman. Pemantauan akan dilakukan melalui melalui pusat monitoring jaringan yang berada di XL Axiata Tower, maupun langsung di lapangan.

Sejumlah langkah antisipasi guna menghadapi kondisi darurat juga telah disiapkan mengingat menjelang akhir tahun ini curah hujan mulai meningkat dan telah menyebabkan banjir dan tanah longsor di berbagai daerah. Langkah antisipasi tersebut antara lain berupa menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Tujuan Wisata Tetap Dapat Perhatian Khusus

Lokasi-lokasi tujuan wisata tetap mendapatkan perhatian khusus tim XL Axiata, demikian juga dengan jalur mudik utama, terutama jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera, serta jalur utama kereta api. Untuk itu, tim XL Axiata telah melaksanakan uji jaringan melalui semua jalur transportasi tersebut pada bulan November – Desember 2020 untuk memastikan semua jaringan telah siap.

Untuk jalan tol, uji jaringan dilaksanakan pada ruas Jakarta – Surabaya, Jakarta – Bandung, Surabaya – Malang, Surabaya – Probolinggo, Jakarta – Bakaheuni, serta Bakaheuni – Palembang. Sementara itu untuk jalur kereta, pengujian dilakukan di jalur Jakarta – Semarang – Surabaya, Jakarta – Yogyakarta – Surabaya, Surabaya – Banyuwangi, dan Surabaya – Bandung. Hasil dari uji jaringan di jalur transportasi utama tersebut menunjukkan kualitas jaringan XL Axiata yang cukup baik, yaitu _diatas 95 % telah terlayani oleh jaringan 4G dan 93 % bersinyal kuat.

Selain itu, persiapan lain berupa pengerahan tidak kurang dari 30 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok. Titik-titik lokasi yang dimaksud antara lain meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara. Secara umum, ada sedikitnya 104 lokasi wisata yang menjadi perhatian tim XL Axiata, yang berpotensi terjadi peningkatan trafik.

Gede menambahkan, selain lokasi tujuan wisata dan jalur transportasi, XL Axiata juga tetap memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di area pemukiman. Karena bagaimana pun juga, selama masa pandemi trafik di area pemukiman masih terus tinggi. Hal ini tentu tidak terlepas dari aktivitas pelanggan dan masyarakat yang memang masih dilakukan dari rumah guna menghindari paparan covid-19.

“Kami akan bekerja keras menjaga performa jaringan agar pelanggan bisa mendapatkan layanan XL Axiata secara maksimal selama mengisi libur panjang akhir tahun, baik mereka yang ada di perjalanan maupun yang tetap di rumah saja,” pungkas I Gede Darmayusa