Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Jalin Kolaborasi, Telkomsel dan TikTok Dorong Kreativitas Anak Muda

0 672

Meski konten vlog dengan durasi panjang makin banyak di YouTube, namun video singkat memiliki penggemarnya sendiri. Bahkan berpotensi lebih gampang viral, terutama dari platform TikTok yang makin populer setahun terakhir ini.

Studi YouGov menunjukkan bahwa 54% masyarakat memilih video singkat menjadi konten untuk mengekspresikan kreativitas. Riset tersebut juga mengungkapkan 40% di antaranya membutuhkan media musik untuk mendukung mereka untuk mendukung ide kreatif tersebut. Kehadiran konten interaktif dengan kolaborasi audio dan visual menjadi format menarik untuk menyampaikan suatu gagasan konten kreatif.

Hal itulah yang membuat TikTok populer di berbagai negara, meski tak luput dari kontroversi yang seringkali menyertai. Dengan popularitas TikTok yang digemari kalangan anak muda, membuat Telkomsel tertarik untuk menjalin kerja sama.

Hari ini, Telkomsel dan TikTok mengumumkan kemitraan strategis untuk meningkatkan pengalaman mengeksplorasi dan menginspirasi melalui akses internet yang cepat. Serta lingkungan yang nyaman dan positif bagi generasi muda, khususnya bagi pengguna TikTok dan 160 juta pengguna Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia.
Baca juga: Pengguna TikTok Indonesia Tonton 100 Video Sehari, 30 Miliar View Sebulan

Kolaborasi Telkomsel dan TikTok

Vanessa Brown, Director of Business Development, TikTok SEA, menyambut baik kerja sama dengan Telkomsel. Karena bisa menghadirkan pengalaman terbaik kepada masyarakat Indonesia dalam mengekspresikan kreativitas, serta menggunakan internet dengan lebih positif.

“Saat ini, banyak dari kita yang beralih ke teknologi untuk membantu kita menjalani kehidupan sehari-hari. Dan kami bersyukur di tengah kondisi yang menantang ini, banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan TikTok sebagai rumah mereka untuk berkreasi, tempat untuk menjalin kebersamaan dan dimana mereka bisa menjadi diri sendiri,” kata Vanessa Brown, dalam konferensi pers yang digelar secara virtual (27/10).

Hal senada disampaikan oleh Adhi Putranto, Vice President Prepaid Consumer Telkomsel yang mengatakan literasi digital menjadi penting untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam menjalani gaya hidup digital. Sehingga pihaknya antusias dalam menjalani kemitraan dengan TikTok.

“Kolaborasi ini juga melanjutkan upaya sebelumnya dari Telkomsel melalui inisiatif Internet BAIK (Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif) dalam memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam mengakses dunia maya,” kata Adhi.

Ia kemudian menambahkan, upaya kolaboratif seperti ini sebagai fondasi dalam mengembangkan ekosistem digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia. “Kami pun membuka pintu bagi para pemangku kepentingan lainnya untuk menciptakan lebih banyak upaya kolaboratif yang mampu memberikan kenyamanan pemanfaatan internet dan teknologi di Indonesia melalui peningkatan literasi mengenai keamanan siber bagi seluruh masyarakat secara merata,” imbuhnya.

Gelar Webinar dan Paket Kuota Ketengan Khusus TikTok

Vanessa Brown, Angga Anugrah Putra (TikTok Representative) & Adhi Putranto (Telkomsel Representative)

Kemitraan strategis TikTok dengan Telkomsel untuk mendukung kreativitas anak muda di era digital dihadirkan melalui beberapa hal. Pertama, ketersediaan kuota khusus TikTok di paket data Kuota Ketengan, UnlimitedMAX, dan Combo Sakti. Upaya ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk menyampaikan ekspresi kreatif mereka melalui format video singkat di TikTok, dengan akses internet yang cepat dan terjangkau.

Kedua, pelaksanaan webinar bertema literasi digital, termasuk meningkatkan pemahaman mengenai potensi kejahatan siber di era digital serta memberikan tips pada peserta untuk menjadi warga digital yang bijak. Webinar ini akan diselenggarakan pada 5 November 2020 dengan melibatkan peneliti dari Center for Digital Society (CfDS) dan pakar teknologi dan informasi, Onno W Purbo.

Selain kolaborasi dengan TikTok, perhatian Telkomsel terhadap literasi keamanan siber di tengah masyarakat juga sudah diwujudkan melalui program Internet BAIK. Internet BAIK fokus melindungi pengguna internet, khususnya anak-anak dan remaja sebagai digital native, dari dampak negatif dunia maya. Sampai saat ini, Internet BAIK telah melakukan edukasi ke puluhan kota, ratusan sekolah, serta puluhan ribu murid, orang tua, dan guru.

Sementara itu TikTok membekali pengguna dengan berbagai fitur keamanan, seperti akun privat, filter komentar, Family Pairing, dan fitur pelaporan langsung. Selain itu juga mengadakan berbagai kerjasama dan kegiatan untuk mengedukasi pengguna tentang keamanan digital, antara lain tentang perundungan siber dan aman berinternet.