Telkomsel Perluas Layanan VoLTE di 219 Kota Demi Ekosistem 5G

Jakarta, Gizmologi – Operator seluler Telkomsel terus memperluas jangkauan layanan Voice over Long-Term Evolution (VoLTE) berbasis 4G ke 219 kabupaten/ kota di Indonesia. Tujuannya tak lain untuk memperkuat ekosistem 5G di tanah air.

“Telkomsel terus memperkuat pilar digital connectivity, yang menjadi pondasi penting dalam pengembangan dan pemanfaatan digital platform dan layanan digital bagi masyarakat Indonesia,” kata Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho dalam keterangan resminya, Jumat (17/9/2021).

Nugroho mengatakan, fondasi jaringan VoLTE akan turut serta memperkuat perkembangan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, secara khusus layanan 5G. Terlebih layanan VoLTE menjanjikan panggilan telepon yang lebih lancar, cepat dan jernih dibandingkan panggilan konvensional atau panggilan Voice ove IP (VoIP) pada jaringan 2G dan 3G.

Baca Juga: 5 Fakta Layanan 5G yang Resmi Diluncurkan oleh Telkomsel

Akselerasi Layanan VoLTE

Coverage Telkomsel 5G

Berdasarkan catatan Telkomsel, percepatan perluasan layanan VoLTE meningkat sekitar 350% dengan total pengguna mencapai 80,9% sejak awal tahun ini. Tidak hanya memperluas layanan VoLTE, Telkomsel juga memperluas kolaborasi dengan mitra smartphone yang mendukung teknologi ini.

“Membuka lebih banyak peluang dan kesempatan bagi masyarakat dalam menjalani aktivitas keseharian dan meningkatkan produktivitasnya melalui pemanfaatan teknologi terkini,” tutur Nugroho.

Hingga kini, VoLTE Telkomsel bisa digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone dari brand Advan, Evercross, Huawei, Oppo, Realme, Samsung, Vivo, dan Xiaomi. Pengembangan teknologi VoLTE merupakan perwujudan komitmen Telkomsel sebagai operator seluler pertama di Indonesia yang menggelar layanan 5G komersial.

Telkomsel, kata Nugrogo juga melihat berbagai potensi penggunaan dari pengembangan kapabilitas teknologi VoLTE, termasuk layanan interactive calling dan interoperable communication. Di mana nantinya akan membuka peluang layanan suara dengan kualitas jauh lebih tinggi ketika dinikmati di jaringan 5G.

Tinggalkan komen