Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Berkat Imbauan #DiRumahAja, Telkomsel Panen Lonjakan Trafik Data dan Layanan Digital

1 1.559

Sejak diberlakukannya himbauan belajar dan bekerja #DiRumahAja oleh Pemerintah, operator seluler mengalami lonjakan trafik. Seperti dilaporkan oleh Telkomsel yang mencatat terjadi lonjakan trafik komunikasi payload layanan berbasis data dan digital hingga 7,3% dibandingkan periode sebelum diberlakukannya himbauan tersebut. Sedangkan, untuk layanan voice dan SMS cenderung stabil dibandingkan periode yang sama.

Operator anak perusahaan Telkom dan Singetel ini juga mencatat kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital. Kontributor utamanya adalah tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) yang mencapai 236%, games online sebesar 117%, komunikasi pesan instan sebesar 19% serta layanan digital berbasis cloud storage yang umumnya juga digunakan sebagai penunjang sistem layanan aplikasi bekerja secara daring, meningkat hingga 18%.
Baca juga: Respon COVID-19, Telkomsel Bebaskan Akses Ruangguru & Paket Ilmupedia

Sedangkan trafik payload lainnya yang meningkat antara lain pemanfaatan layanan content provider (8,2%), digital advertising (7,5%), video streaming (7.3%), dan browsing (5,2%). Untuk wilayah operasional Telkomsel yang mengkontribusi kenaikan payload secara keseluruhan terbesar yaitu Regional Jawa Barat (7,9%), Jawa Tengah (6,9%), Jawa Timur (5%), Sumatera Bagian Tengah (4,7%) dan Sumatera Bagian Selatan (4.2%).

Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel mengatakan pihaknya proaktif untuk ikut serta dalam upaya penanganan COVID-19 dengan mengambil peran sebagai connectivity enabler dengan mengoptimalkan seluruh aset. Hal ini guna menjaga agar semua elemen masyarakat dapat tetap terhubung dan menjaga produktivitasnya di segala sektor kehidupan.

“Telkomsel akan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak yang memiliki kepedulian dan kepentingan yang sama. Kami memaknai semangat gotong royong yang didorong pemerintah dengan bergandengan tangan dan mempererat kolaborasi bersama para pemangku kepentingan agar kita semua dapat terus bergerak maju di masa yang penuh tantangan ini,” kata Setyanto dalam pernyataan resminya di Jakarta (22/3).

Dijelaskan lebih lanjut, Telkomsel akan terus melakukan pemantauan pergerakan trafik layanan telekomunikasi. Saat ini upaya penanganan pengamanan trafik jaringan yang telah dilakukan mencakup kesiapan kapasitas tambahan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi, terutama trafik layanan berbasis data dan digital, dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz.

Perkuat Kapasitas Jaringan di Tiga Rumah Sakit Darurat Khusus Pasien Pandemi COVID-19

Kementerian BUMN RI  dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI telah mempersiapkan tiga lokasi yang akan menjadi Rumah Sakit Darurat khusus untuk penanganan pasien pandemi COVID-19, yaitu Hotel Patra Comfort Jakarta, Rumas Sakit Pertamina Jaya Jakarta, dan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Sebagai bentuk dukungan dalam memastikan kenyamanan berkomunikasi seluruh petugas kesehatan dan pasien, Telkomsel telah melakukan penguatan infrastruktur jaringan, terutama untuk kemudahaan akses layanan berbasis broadband di tiga lokasi tersebut hingga beroperasi penuh nantinya.

Sebelumnya, bersama seluruh Kementerian dan pemangku kepentingan terkait lainnya, Telkomsel telah melakukan pengecekan langsung di tiga lokasi tersebut. Sejumlah upaya peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang telah dilakukan Telkomsel antara lain melakukan optimalisasi pemanfaatan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz yang tersedia di seluruh BTS, yang selama ini sudah menjangkau cakupan ketersediaan jaringan broadband di tiga lokasi tersebut.

Telkomsel juga melakukan penambahan kapasitas jaringan broadband 3G dan 4G dari sejumlah BTS Easy Makro sekitar yang selama ini menjangkau ketiga lokasi tersebut, guna memperkuat kualitas jaringan broadband secara menyeluruh.

Selain itu, khusus di lokasi Wisma Atlet Kemayoran, telah dilakukan penambahan infrastruktur jaringan dengan pengoperasian 1 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) berteknologi 4G dengan pemanfaatan spektrum 1800 dan 2300 MHz.

Upaya peningkatan kapasitas dan kualitas infrastruktur jaringan ini diharapkan dapat menjangkau kebutuhan aktivitas komunikasi di tower 1, 3, 4, 5, 6, dan 7 Wisma Atlet Kemayoran. Seluruh aktivitas pengamanan jaringan di tiga lokasi tersebut kini telah selesai dilakukan dan siap dimanfaatkan oleh seluruh pihak, terutama para petugas kesehatan, pasien serta para pemangku kepentingan lainnya.