Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

TikTok Undang Kreator Berbagi Konten Edukatif

Sebuah studi oleh TikTok dan YouGov, grup internasional untuk riset dan analisa data, menunjukkan bahwa orang Indonesia percaya kreator konten akan lebih penting di masa depan. Riset yang dilakukan bulan Oktober dengan peserta dari Asia Tenggara itu menyebut sebanyak 60 persen dari mereka melihat kreator konten sebagai sumber inspirasi.

Hal itulah yang membuat TikTok berupaya menjadi wadah bagi beragam kreator konten dan video berbasis pengetahuan. Oleh karena itu, platform video singkat terkemuka ini meluncurkan tantangan tagar terbarunya berjudul #BelajarBareng.

Pada tantangan yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Guru Nasional tersebut, TikTok mengundang kreator berbagi konten edukatif serta berbasis pengetahuan yang dapat menginspirasi pengguna lainnya.

Para kreator yang turut bergabung di antaranya adalah Dien Limano yang bebagi tips dan cara berolahraga di rumah. Kemudian fotografer profesional Barry Kusuma  yang kerap berbagi keahliannya dalam menggunakan fitur penyuntingan di TikTok untuk mengabadikan momen berwisata.

Juga ada Rima Authari dengan pelajaran bahasa Jepangnya yang sangat berguna untuk percakapan sehari-hari. Termasuk Muda Cuma Sekali yang dapat menjadi sumber untuk motivasi diri bagi generasi muda. Serta Yackikuka yang membantu meningkatkan kemampuan memasak dengan resep masakan sederhana.

Related Posts
1 daripada 2

Baca juga: 9 Fakta TikTok di Indonesia yang Perlu Diketahui

TikTok
Ilustrasi TikTok (Foto: 123rf/prykhodov)

Beberapa institusi mitra pendidikan digital juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Beberapa institusi yang bekerja sama untuk program #BelajarBareng antara lain Cakap.com, Superprof, Kormo, The British Institute, Telusur, Ziliun dan lainnya yang mengajarkan berbagai tips dan informasi tentang pendidikan.

Mereka cukup antusias bekerja sama dalam program ini. Seperti Kurniawan, Country Manager Superprof Indonesia, yang platform seperti TikTok secara efektif mengoptimalkan kesempatan belajar. Karena menawarkan akses untuk berbagai alat, dalam satu aplikasi, sehingga menyediakan pengalaman belajar yang kaya.

“Pendidikan berbasis digital menjadi alat yang penting dalam keseluruhan kerangka edukasi. Karena mendukung pendekatan pembelajaran yang baru dan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif di negara ini. Kami sangat bersemangat bisa mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan TikTok dalam inisiatif ini,” ujar Kurniawan.

Untuk mengikuti tantangan ini, pengguna dapat membuat video berdurasi 15 detik hingga 60 detik menggunakan alat editing yang dapat diakses di aplikasi TikTok. Selanjutnya memakai tagar #BelajarBareng saat mengirim kontennya.