Jakarta, Gizmologi โ Firma riset YouGov pada awal September ini melaporkan hasil penelitiannya. Laporan bertajuk YouGov Recommend Rankings 2022 ini mengenai merek yang paling direkomendasikan di seluruh dunia di tahun 2022. Indonesia adalah salah satu dari 30 negara yang disurvei.
Menariknya, Tokopedia berhasil menduduki puncak YouGov Recommend Rankings 2022, setelah hanya menempati peringkat keenam tahun lalu. Perusahaan ecommerce yang kini berada di bawah bendera GoTo tersebut meraih skor 90,2 dari total masyarakat Indonesia yang ikut serta merekomendasikan Tokopedia ke orang lain.
Baca juga: Mengenal Tren Social Commerce yang Bikin Transaksi Tokopedia Melonjak 3 Kali Lipat
Dalam hal Word of Mouth, Tokopedia berhasil mengungguli sejumlah merek papan atas yang selama ini sudah dikenal luas di kalangan masyarakat. Kompetitor terkuatnya, Shopee, menempel ketat di posisi runner-up dengan skor 88,6.
Selanjutnya ada Samsung dan Apple yang berada di posisi ketiga dan keempat dengan skor 88,2dan 87,9. Platform streaming OTT Netflix berada di posisi 5 besar dengan mencetak skor 87,3. Selain Tokopedia, perusahaan merek lokal yang berada di 10 besar adalah Garuda Indonesia (87), BCA (86,6), dan Indomie (85,4).
Kekuatan Word of Mouth

Riset ini menitikberatkan pada kekuatan Word of Mouth. YouGov menganggap, faktor-faktor seperti pengalaman pelanggan, citra merek, nilai merek, emosi, dan kepribadian konsumen memainkan peran penting dalam menentukan apakah seseorang akanย merekomendasikanย sebuah brand atau tidak.
Dalam istilah Marketing, word of mouth memberikan rekomendasi kepada seseorang secara verbal. Ini merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan eksposur suatu merek. Aktivitas ini biasanya dilakukan saat ada seorang konsumen yang sangat menyukai suatu produk barang/merek, maka orang tersebut akan secara otomatis ingin selalu membicarakan produk barang tersebut kepada orang lain setiap hari.
Di tataran global, Toyota berada di posisi puncak YouGov Recommend Rankings 2022. Diikuti oleh Samsung, Netflix, Uniqlo, dan Mercedez-Benz yang berada di ranking lima besar.
Metodologi YouGov Recommend Rankings 2022

YouGov mengungkapkan, metodologi survei yang dilakukan pada riset ini dihitung menggunakan data yang dikumpulkan dari anggota masyarakat di pasar di seluruh dunia setiap hari, dari alat YouGov BrandIndex.
Kinerja merek dilacak setiap hari terhadap berbagai metrik. Peringkat Rekomendasi kemudian mengukur persentase pelanggan merek yang akan merekomendasikannya kepada teman atau rekan. Data peringkat dapat dikembangkan lebih lanjut denganย pendekatan segar YouGov Recommend+ untuk memahami advokasi konsumen.
Semua merek telah dilacak selama setidaknya 6 bulan untuk dimasukkan dalam peringkat. Nilai tersebut akan menjadi perwakilan dari populasi umum orang dewasa 18+. Semua skor yang direkomendasikan akan dibulatkan ke satu tempat desimal. Ukuran dasar: 300 minimum (Kecuali DK, FI, NO, NZ dan SE)
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



