Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Signal Perbarui Aplikasi, Segera Hadirkan Group Video Call dan Prioritaskan Privasi

0 718

Menjadi aplikasi kirim pesan yang diklaim paling aman di dunia, Signal sedang naik daun beberapa minggu belakangan ini. Tentu saja karena WhatsApp yang baru saja menyampaikan peraturan terkait keamanan, yang membuat masyarakat resah akan keamanan data mereka. Menjadi alternatif pilihan selain Telegram.

Meski aman, Signal dikenal punya fitur yang sangat terbatas. Baru sejak akhir bulan Januari ini, mereka rilis pembaruan yang membawa beberapa fitur populer di kedua kompetitor terbesarnya. Tak sampai di situ, untuk pertama kalinya, Signal juga merilis iklan bersama dengan aktris populer. Sekaligus merayakan Data Privacy Day yang jatuh pada 29 Januari.

Sebelumnya, Signal telah berhasil masuk ke jajaran aplikasi terbaik di Apple App Store di lebih dari 40 negara, juga di Google Play Store 18 negara. Jumlah penggunanya sendiri tidak disebutkan secara gamblang, namun akun resminya sebutkan sudah ada jutaan pengguna yang baru bergabung dari seluruh dunia.
Baca juga: Petinggi Signal Tidak Larang Penggunanya Memakai WhatsApp

Gunakan Aktris Hollywood Untuk Jelaskan Pentingnya Privasi

Ya, pada akhirnya Signal memutuskan untuk rilis sebuah iklan demi mempromosikan aplikasinya ke lebih banyak orang. Padahal, sebelumnya aplikasi yang didirikan oleh Signal Foundation ini menyebutkan bila pihaknya tak akan rilis iklan—menurut mereka, pengguna Signal adalah orang-orang yang sudah tahu dan mencari aplikasi perpesanan paling aman.

Dalam sebuah iklan berdurasi satu menit, iklan yang diunggah lewat akun media sosial resminya tampilan Taraji P. Henson, aktris yang dikenal dalam sebuah series populer, Empire. Ia menyampaikan beberapa isu privasi yang kemungkinan dialami masyarakat, mulai dari akses mikrofon hingga koleksi data.

Dan tentu saja, di akhir video Taraji merekomendasikan aplikasi Signal yang berani jamin keamanan data dan tidak akan menjual aktivitas penggunanya. Ditutup dengan kalimat singkat “we know nothing” yang berikan kesan misterius. Menurut Gizmo friends, apakah iklan di atas membuat kamu tertarik untuk berpindah ke Signal?

Group Video Call Bakal Hadir di Signal
Signal

Bila tidak, mungkin peningkatan yang dibawa pada versi aplikasi terbarunya dapat berikan rasa tertarik untuk pengguna baru. Sudah hadir untuk iOS (5.3.1) dan Android (5.3.7), Signal berikan beberapa fitur mainstream yang sudah hadir pada aplikasi perpesanan lainnya.

Beberapa di antaranya adalah wallpaper untuk tiap chat, stiker bergerak, dan bagian “About” pada profil untuk tuliskan status atau deskripsi. Ya, fitur-fitur mendasar ini belum ada di versi sebelumnya. Dan sampai saat ini, belum ada opsi untuk melakukan backup ke layanan cloud manapun. Alias hanya ke memori internal saja.

Untuk pengguna iOS, kini file media seperti foto dan video sudah bisa dibuat terunduh secara otomatis. Dan juga mengakses foto profil sebuah kontak dalam tampilan layar penuh (full-screen), mengejar ketertinggalan dari versi Android. Ke depannya, mereka berencana untuk rilis fitur lain seperti panggilan video dalam grup yang terenkripsi.