Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Begini Cara Samsung Menguasai Pangsa Pasar Perangkat TV di Dunia

Samsung mengklaim telah menghabiskan dana sekitar US$ 12,1 miliar untuk riset dan pengembangan produk TV.

0 2.165

Bukan cuma sebagai rajanya smartphone, nama Samsung juga identik dengan perangkat TV. Sebagai yang nomer satu di kategori ini, tentu saja ada cara yang dilakoni vendor Korea Selatan ini dalam mencapainya.

Ketika memperkenalkan Samsung QLED TV di Bali, Selasa (18/5/2017), Ubay Bayanudin, Head of TV/AV Product Marketing Samsung Electronics Indonesia mengklaim bahwa Samsung telah berada di peringkat 1 dunia untuk penjualan perangkat TV dengan market share sebanyak 34% untuk keseluruhan jenis TV, 56,9% untuk UHD TV, dan 53,4 untuk Smart TV.

“Tentunya dalam mencapai hal ini bukanlah sesuatu yang mudah dan instan. Kami memiliki banyak strategi yang melibatkan konsumen. Inovasi yang kami hadirnya juga banyak terinspirasi dari konsumen,” ujarnya.

Samsung mengklaim telah menghabiskan dana sekitar US$ 12,1 miliar untuk riset dan pengembangan produk TV di sebanyak 34 lokasi dari 10 region yang berbeda yakni 4 negara Eropa, 3 negara Timur Tengah, 4 negara Asia Selatan, dan 5 negara Asia Tenggara. Dari lokasi-lokasi tersebut pihaknya juga mendengarkan kebutuhan dan masukan dari pelanggan.

Yang tidak kalah pentingnya, layanan purna jual yang digarap serius oleh Samsung, di mana untuk Indonesia saja sudah terdapat 268 titik yang tersebar di berbagai daerah. Selain itu ada 32 store yang bisa didatangi konsumen untuk membeli sekaligus mengklaim service produk yang bermasalah.

“Karena berbeda dengan smartphone, perangkat TV itu lifecycle-nya panjang. Jadi kami harus memastikan bahwa apa yang kami jual bisa awet di tangan konsumen,” tandasnya.

Samsung QLED TV

Tahun ini, Samsung memperkuat lini produk elektroniknya dengan QLED TV yang membawa teknologi Quantum Dot ke tingkat yang lebih tinggi dengan kemampuan HDR 1500-2000 nit sehingga menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detil. Selain itu, perangkat TV ini juga memiliki desain yang revolusioner serta Smart Hub yang memungkinkan terhubung ke beberapa perangkat sekaligus.

Samsung QLED TV siap menginvasi pasar perangkat elektronik di Indonesia pada bulan ini dengan tiga seri terbaru yakni Q7, Q8, dan Q9 dengan ukuran 55, 65, 75, dan 88 inci. Untuk harganya, perangkat TV ini dijual mulai Rp 32 jutaan hingga Rp 225 jutaan.