Twitch Investigasi Kesalahan Server yang Sebabkan Data Streamer Bocor

Jakarta, Gizmologi – Platform streaming game Twitch mengalami kebocoran data besar-besaran. Hal ini terjadi ketika situs streaming milik Amazon itu sedang melakukan perubahan konfigurasi server.

Dilansir Endgadget, Twich mengkonfirmasi terjadinya peretasan yang telah mengekspos sejumlah informasi, termasuk pendapatan para streamer. Bahkan jumlah data tersebut bisa diunduh secara online dengan kapasitas lebih dari 100GB.

“Karena penyelidikan sedang berlangsung, kami masih dalam proses memahami dampaknya secara rinci,” kata pihak Twitch.

Sayangnya Twitch belum bisa memastikan apakah semua data yang diunggah online oleh sang peretas adalah data asli. Kendati demikian, Twitch memastikan bahwa kata sandi milik para streamer tidak terungkap, termasuk tidak ada nomor kredit pengguna yang terekspos.

Aplikasi streaming ini mengatakan sudah me-reset semua user stream key, yakni kode unik yang digunakan oleh software streaming untuk disiarkan ke akun Twitch. Sehingga Pengguna Twitch Studio, Streamlabs, Xbox, PlayStation, dan Twitch Mobile App diminta untuk mengubah sandi baru untuk login.

Diketahui, seorang pengguna anonim mengunggah file torrent dengan ukuran 128GB ke forum online. Isi file tersebut berisi folder yang diberi label detail server internal Twitc. Termasuk informasi pembayaran para streamer, dokumen bisnis, hingga file dan kode software tersembunyi dari proyek yang belum dirilis.

Folder pembayaran yang dimaksud berisi catatan pembayaran yang dilakukan ke ribuan streamer terbesar di Twitch selama dua tahun terakhir. Dalam unggahan onlinenya, data-data tersebut diberi label bagian satu, tak hanya itu pihak anonim mengatakan komunitas Twitch sebagai ‘tempat limbah beracun yang menjijikkan’.

Tinggalkan komen