alexa

Twitter Rilis “Tip Jar”, Beri Kesempatan Kreator untuk Menerima Uang

Penggunaan media sosial memang sudah tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ada yang menggunakannya untuk tetap tahu akan info baru, tersambung dengan teman atau sekadar mencari hiburan. Lantas bagaimana kalau platform media sosial bisa dijadikan ladang penghasilan? Lewat “Tip Jar”, Twitter coba hadirkan alternatif tersebut.

Kalau YouTube ada monetisasi iklan untuk para kreator, pengguna Twitter tak bisa mendapatkan upah tambahan secara langsung dari sang pemilik platform. Sehingga kegiatan berkirim twit selama ini hanyalah bersifat pro-bono saja. Paling-paling membagikan nomor rekening sendiri bila diperlukan ke dalam sebuah twit, bisa-bisa saja memang.

Melihat adanya perilaku tersebut, Twitter ingin berikan cara yang lebih mudah nan resmi untuk penggunanya agar lebih mudah mendapatkan pemasukan. Untuk itulah Tip Jar mulai dihadirkan ke segelintir pengguna dalam masa percobaan. Dengan begitu, pengikut sebuah akun bisa beri dukungan yang lebih dari sekadar hanya menyukai sebuah twit atau melakukan retweet.

Baca juga: Twitter Spaces Digulirkan untuk Semua Pengguna, Berikut Cara & Syaratnya!

Benefit Fitur Twitter Tip Jar

Twitter Tip Jar

Alih-alih memberikan link langsung dalam sebuah twit seperti rekening digital Paypal atau Venmo, lewat Tip Jar, informasi rekening sebuah akun bisa langsung ditemukan lewat profilnya. Nantinya, bila kamu menyukai informasi dari sebuah akun dan ingin berikan tip, cukup mengakses profilnya saja.

Nantinya, di sebelah tombol follow, notifikasi dan berkirim pesan (Direct Message), bakal ada sebuah tombol baru untuk akses fitur Tip Jar. Setelah ditekan, uang tak langsung diteruskan begitu saja. Melainkan kamu bakal melihat opri rekening apa saja yang profil tersebut sediakan.

Twitter Tip Jar

Di masa awal ini, layanan yang didukung sementara baru dari Bancdamp, Cash App, Patreon, PayPal serta Venmo. Dan untuk pengguna Twitter di smartphone Android, tip juga bisa dikirimkan lewat room pada Twitter Spaces.

Tip Jar Baru Tersedia Untuk Segelintir Akun Berbahasa Inggris

Twitter Tip Jar

Dengan diberikannya fasilitas Tip Jar, setidaknya pengguna tak perlu meminta, alias bakal lebih sopan untuk beri opsi bagi followers berikan apresiasi terhadap twit atau utas mereka. Tentunya, kehadiran fitur ini juga bakal mendorong masyarakat untuk menggunakan platform Twitter, atau mereka yang sebelumnya sudah ‘rehat’ jadi kembali aktif.

Penasaran dengan cara untuk menggunakan fitur Tip Jar? Karena masih peluncuran awal, fitur ini baru digulirkan untuk beberapa profil yang terpilih secara acak saja. Tepatnya adalah akun-akun yang selalu berbicara dengan bahasa Inggris, baik di Android maupun Twitter untuk iOS.

Selain itu, jenis akun yang juga eligible atau bisa mendapatkan fitur ini adalah grup seperti kreator konten, jurnalis, pada ahli dalam sebuah topik tertentu atau lembaga non-profit. Nantinya, tentu bakal lebih banyak akun yang bisa memasang Tip Jar, dan tersedia untuk beragam bahasa lainnya.

Tinggalkan komen