Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Update Gmail Bikin Notifikasi yang Nggak Bikin “Berisik” Inbox

0 142

Notifikasi sesungguhnya mempunyai fungsi mulia, yakni memberitahu siapa pun jika ada hal penting masuk ke akun pribadi. Tetapi kini saking seringnya notifikasi dipakai untuk hal yang tidak semuanya penting, fitur ini malah bikin “berisik”. Update Gmail yang baru saja diluncurkan ingin membuat fungsi notifikasi hanya untuk hal yang benar-benar penting saja.

Notifikasi sekarang tak hanya untuk email tetapi pada akun media sosial kita. Di satu sisi notifikasi tersebut bermanfaat tetapi lebih seringnya sih membikin penuh akun karena banyak yang memang tidak berguna.

Tak peduli hingga berapa ratus notifikasi yang mampir ke emai atau akun media sosial, mereka tidak akan dibaca. Maka dari itulah update Gmail memperkenalkan fitur yang hanya akan memberitahu pengguna saat menerima email mendesak masuk ke inbox mereka.

Sebagaimana diumumkan melalui laman resmi mereka, notifikasi sebagai bagian dari update Gmail ini memanfaatkan mesin pembelajaran dan kemampuan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi pesan yang kemungkinan akan ingin dibaca pertama kali oleh pemakainya.

Agar bisa menggunakan update Gmail ini, pengguna dapat memilih “High priority only” atau “hanya untuk yang menjadi paling prioritas” dari tulisan Notifications yang nongol dari menu pengaturan pada aplikasi Gmail di iOS.

Baca juga: Lima Fitur Tampilan Baru Gmail yang Wajib Kalian Tahu

Update Gmail ini sudah tersedia bagi pengguna iOS dan akan menyusul pada pemakai Android. Ia akan tersedia pada semua edisi G Suite yang direkomendasikan adanya perubahan pada pengelolaan akun jika perlu.

gmail ios
Untuk sementara notifikasi baru tersedia di iOS. Foto oleh YouTube.com

Menurut Google, update Gmail ini akan tersedia bagi setiap pengguna iOS dalam dua hari jadi jangan panik jika tidak langsung menerima update ini.

Sebelum menawarkan update Gmail ini, tampilan Gmail telah banyak berubah. Sebagai contoh, ada fitur mode confidential atau mode rahasia dimana fitur ini memungkinkan pengguna dalam menyetel waktu kadaluwarsa email mereka setelah jangka waktu tertentu atau mencabut akses ke email setelah terkirim. Ada pula fitur ekstensi Google Chrome email tetap bisa diakses meski tanpa koneksi internet Masa berlakunya pun cukup panjang, yaitu 90 hari.

 

 

Tinggalkan komen