alexa

Viu Raih 49 Juta Pengguna dan Pertumbuhan Penonton hingga 47%

Jakarta, Gizmologi – Layanan menonton streaming di kawasan Asia yaitu Viu terus mencatatkan pertumbuhan penonton yang signifikan sebesar 47% di semester pertama tahun 2021. Raihan itu didapat dalam riset yang dilakukan oleh AMPD Research of Media Partners Asia (MPA) pada platform streaming video di Asia Tenggara.

Dalam keterangan persnya, Viu mencatatkan ada pertumbuhan sebesar 37% dari segi pengguna aktif bulanan atau Monthly Active Users (MAU) yang mencapai lebih dari 49 juta pengguna. Sementara dari sisi pelanggan berbayar, rupanya Viu mendapatkan pertumbuhan yang lebih tinggi lagi mencapai 62%.​​

Indonesia dan Thailand menjadi pasar utama yang memimpin pertumbuhan Viu karena merupakan pasar terbesar juga memiliki pertumbuhan yang cepat di antara pasar- pasar yang ada di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika.

“Di Viu, kami melanjutkan komitmen untuk menghadirkan pengalaman streaming video dan konten Asia terbaik bagi konsumen. Kami melihat pertumbuhan yang kuat di Semester 1 2021, didukung oleh jajaran konten yang kuat dan ekosistem mitra yang diperkuat. Kombinasi analitik data kami dan kehadiran di pasar lokal memastikan kami benar-benar memahami denyut nadi konsumen di mana kami beroperasi,” kata Chief Executive Officer Viu dan Managing Director PCCW Media Group Janice Lee dalam keterangannya.

Sebagai pendukung model freemium, Viu terus mencetak percepatan pertumbuhan dalam monetisasi. Pertumbuhan ini didukung oleh jaringan yang kuat dengan lebih dari 80 mitra dalam ekosistem digital di seluruh pasar, yang terdiri dari perusahaan telekomunikasi, produsen perangkat, bisnis ritel dan e-commerce, serta mitra distribusi konten.

Baca Juga: Indosat Tawarkan Bebas Akses Viu Premium Saat #DirumahAja

Strategi ini mendukung Viu dalam meraih basis yang luas untuk mengakuisisi pengguna dan meningkatkan monetisasi. Dalam laporan itu, mengungkapkan fakta bahwa Viu telah menjadi layanan streaming nomor satu dengan jumlah pengguna aktif bulanan dalam tujuh kuartal terakhir berturut-turut di Asia Tenggara.

Viu juga menempati peringkat kedua dalam hal pelanggan berbayar dan menit streaming di antara platform streaming video utama di Asia Tenggara pada Semester 1 2021. Pencapaian itu menegaskan posisi kuat Viu di antara layanan streaming di Asia Tenggara dan popularitas dengan pemirsa online.

Ekspansi Konten Viu

film pendek Viu Short: Mitos Kelangkahan

Dengan pertumbuhan positif dari penontonnya, Viu rencannya akan melanjutkan ekspansi konten Original. Tak terkecuali menggaet pengguna baru sekaligus menjaga kesetiaan para pengguna loyal, melalui tayangan-tayangan berkualitas.

Musim ini Viu meluncurkan konten Original “Korea River Where The Moon Rises” dan “Doom At Your Service ” yang telah tayang, pada awal 2021. Antusiasme penonton K-Drama membawa Viu untuk menyuguhkan tayangan lain, yakni “Now, We Are Breaking Up” yang menampilkan Song Hye Kyo (Descendants of The Sun, The Encounter) dan Jang Ki Yong (My Roommate is a Gumiho, Search: WWW). Drama ini diharapkan akan tersedia dalam platform Viu pada bulan November.

Selain Viu Original Korea, komitmen Viu terhadap produksi original lokal terus menguat. Terbukti Viu ikut terlibat dengan merilis produksi original internasional, seperti “Black S2” (Malaysia), “uBettina Wethu” (Afrika Selatan) dan “Assalamualaikum Calon Imam Series S2” (Indonesia) yang segera rilis tahun ini.

Demi menarik penonton, Viu juga terus memperkuat portofolio konten Asia populer, tak terkecuali serial Anime. Viu juga memperluas program pembuatan konten andalannya dari Viu Pitching Forum ke Malaysia dan Thailand pada semester satu setelah sebelumnya berhasil di Indonesia dan terus mendukung ekosistem kreatif lokal.

Tinggalkan komen