Inilah Daftar Smartphone vivo yang Bakal Dapat Android 12 Beta

India, Gizmologi – Selain perilisan smartphone baru yang terasa berturut-turut setiap hari selama jelang akhir bulan Oktober, vendor-vendor terkemuka juga mulai mengumumkan tanggal perilisan sistem operasi terbarunya yang gunakan basis Android 12. Kalau OPPO dan realme sudah umumkan lebih dulu, kini giliran vivo dengan UI Funtouch OS mereka.

Sepertinya tak banyak yang tahu kalau antarmuka dari Funtouch OS sendiri sudah jauh lebih baik bila dibandingkan dengan versi 1 – 2 tahun lalu, setidaknya itu impresi yang kami dapatkan serta orang lain ketika menjajal smartphone vivo terbaru, sebut saja vivo X70 Pro yang juga baru kami ulas.

Baca juga: Review vivo X70 Pro 5G: Makin Komplit, Flagship Kamera Rp10 Jutaan Terbaik

Meski sudah menjalankan Funtouch OS 12, versi Android-nya sendiri masih Android 11, alias belum yang terbaru. Lantas kapan konsumen sekiranya bisa mulai mencoba versi awal dari pembaruan tersebut? Jawabannya adalah secepatnya mulai bulan Desember. Setidaknya kabar tersebut datang dari informasi resmi yang disampaikan oleh akun media sosial vivo India.

vivo X60 Pro Dapat Duluan, X70 Pro Menyusul

Desain vivo X60 Pro

Melalui sebuah cuitan yang diunggah pada Kamis (21/10), vivo mengumumkan kehadiran Funtouch OS berbasis Android 12 untuk setidaknya 31 smartphone vivo yang sudah tersedia di pasaran. Namun yang perlu diingat, akun resmi yang unggah informasi ini adalah vivo India. Sehingga tentu penamaan serinya mengikuti seri apa saja yang hadir resmi di sana.

Setidaknya, peluncuran smartphone vivo di India dan Indonesia bisa dibilang hampir serentak, sehingga mungkin tanggal untuk konsumen bisa mulai jajal versi beta tak terpaut jauh. Dari semua jajaran seri yang disebutkan di atas, kami coba untuk mengambil seri yang juga memang hadir resmi di Tanah Air. Dan berikut adalah daftarnya:

  • Mulai akhir Desember 2021: X60, X60 Pro, V21
  • Mulai akhir Januari 2022: X70 Pro, V20, Y21, Y31
  • Mulai akhir Maret 2022: X50, X50 Pro, Y33s, Y53s, Y21s
  • Mulai awal April 2022: S1, Y19
  • Mulai akhir April 2022: V17, V17 Pro, S1 Pro, Y51, Y20, Y30

Ada beberapa fakta menarik yang bisa ditemui dari daftar smartphone di atas. Vivo X70 Pro, misalnya, alih-alih penggunanya bisa menjajal Android 12 lebih dulu, malah disalip oleh generasi yang rilis awal tahun 2021. Bisa jadi karena beberapa faktor, perbedaan chipset salah satunya.

Bawa Peningkatan Privasi dari Android 12

vivo X60 Pro 113

Seperti yang kita tahu, vivo X70 Pro justru menggunakan cip Dimensity 1200 vivo dari MediaTek. Ya, namanya dibuat sedikit berbeda, karena vivo mengoptimalkan hardware tersebut agar bisa dijalankan secara lebih maksimal. Termasuk hasilkan kemampuan fotografi terbaik, dipadukan dengan lensa ZEISS, sistem stabilisasi gimbal generasi ketiga, sampai ZEISS T* coating yang membuat bias lampu jadi lebih minim dalam kondisi malam hari.

vivo juga tak memberitahukan fitur baru apa saja atau bagaimana tampilan antarmukanya nanti ketika sudah mendapatkan Android 12, tak seperti ColorOS yang sudah luncurkan acara khusus untuk jelaskan benefit yang bisa didapat konsumen. Namun yang pasti, fitur privasi tingkat lanjut bakal diterapkan. Seperti opsi pemberian lokasi sekitar hingga mematikan akses hardware seperti kamera dan mikrofon.

Sementara di negara asalnya, vivo juga sudah luncurkan OriginOS, versi antarmuka khusus yang sudah menganut widget yang dinamis. Tujuannya agar pengguna bisa mendapatkan banyak informasi lewat widget yang lebih interaktif, langsung dari halaman depan. Apakah bakal dibawa ke Funtouch OS versi berikutnya? Kita nantikan saja ya.

Tinggalkan komen


Bagi 10 responden terpilih, berhak mendapatkan
saldo e-wallet masing-masing senilai Rp100 ribu.