Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo Y1s, Smartphone Rp1 Jutaan dengan Helio P35

0 3.063

Vivo baru saja memperkenalkan sebuah smartphone entry level terbarunya. Ya, tak hanya seri menengah atau flagship kamera X series yang baru hadir di Indonesia, kelas entri smartphone vivo juga cukup laris di pasaran. Di Vietnam, produsen smartphone asal China tersebut memperkenalkan seri smartphone murah, vivo Y1s.

Jika dilihat dari desain fisiknya, vivo Y1s memiliki desain yang sangat identik dengan seri Y91c, sudah ada di pasaran sejak April 2019 lalu. Perbedaan hanya terdapat pada kombinasi warna baru saja, dan spesifikasi internal yang digunakan di dalamnya.

Baca juga: vivo X50 Series Masuk Indonesia, Flagship Kamera dengan Gimbal OIS

Peningkatan yang Dibawa vivo Y1s

Layar vivo Y1s

Sisi depannya terlihat identik, dan panel yang digunakan pun masih sama. vivo Y91c miliki layar 6,22 inci, gunakan panel LCD dengan resolusi HD+. Poni atau notch-nya masih konvensional, sama seperti generasi lama. Bodinya miliki lengkungan 3D dengan profil tipis dan ringan, hanya 8,28mm dengan berat 161 gram. Yang menarik adalah varian warnanya, memiliki kombinasi tiga warna sekaligus.

Yaitu warna Aurora Green (atau setidaknya itulah nama yang diterjemahkan dari situs resmi vivo Vietnam), miliki kombinasi warna putih, biru dan ungu yang seolah menyatu dengan halus dari atas ke bawah. Jika menginginkan yang lebih elegan, terdapat opsi warna Black Emerald, kombinasi hitam dan hijau pada bagian bawahnya.

Beberapa spesifikasi yang masih sama terdapat pada kapasitas baterai dan kombinasi kameranya. vivo Y1s masih memiliki kamera utama 13MP f/2.2, dengan kamera depan 5MP f/1.8. Kedua kamera sudah mendukung fitur AI Face Beauty dan dapat rekam video time-lapse. Sementara kapasitas baterainya masih 4,030 mAh, belum mendukung fast charging dan menggunakan port microUSB.

Kombinasi memori RAM dan penyimpanan internalnya masih sama, masing-masing yaitu 2GB & 32GB. Hanya saja, prosesornya kini sudah lebih kencang, menggunakan MediaTek MT6765 atau yang lebih umum disebut dengan Helio P35. Prosesor ini gunakan arsitektur octa-core dengan CPU Cortex-A53 yang dapat beroperasi hingga clockspeed 2,3GHz.

Peningkatan kedua yang dihadirkan adalah tampilan antarmuka yang dibawa vivo Y1s. Kalau seri Y91c pertama hadir dengan Funtouch OS 4.5 berbasis Android Oreo, vivo Y1s sudah jauh baik. Jalankan Funtouch OS 10.5 berbasis Android 10, UI-nya sudah sama dengan vivo X50 Pro.

Harga vivo Y1s di Vietnam

varian warna vivo Y1s

Selain bawa fitur seperti face recognition, vivo Y1s juga sudah dilengkapi fitur dark mode serta sebuah fitur lain yang percantik tampilan antarmuka ketika pengguna menjelajah menu. Dinamakan “Dynamic Effects”, pengguna bisa mengkustomisasi efek transisi ketika membuka kunci layar, deteksi wajah sampai berpindah homesceen.

Membawa spesifikasi yang masih identik, vivo Y1s tentu hadir dengan harga yang tak terpaut jauh dari seri Y91c. Di Vietnam, perangkat ini dijual seharga 2,690,000 VND, atau sekitar Rp1,7 jutaan. Saat ini, vivo Y91c dibanderol Rp1,585 juta di toko resmi vivo pada e-commerce BliBli. Apakah bakal hadir menggantikan seri tersebut? Kita nantikan ya, Gizmo friends.


Beli smartphone vivo di:

Lazada Blibli JD.ID Shopee Eraspace