Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

WD Black Hadirkan Tiga Produk Baru SSD Khusus Gaming

0 1.372

Dengan meningkatnya kualitas visual gim PC, spesifikasi yang dibutuhkan untuk ‘membangun’ sebuah desktop CPU tentunya perlu terus ditingkatkan dari masa ke masa. Tak hanya sekadar cip grafis maupun prosesornya saja, banyak juga bagian perangkat hardware lain yang juga berkontribusi terhadap performa secara keseluruhan, termasuk penyimpanan atau memori.

Hadir sebagai penyedia solusi penyimpanan terkemuka, Western Digital berusaha untuk berikan pengalaman gaming yang paling baik dengan menghadirkan seri baru produk WD Black, menambah portofolio yang sudah ada sebelumnya. Tiga seri baru diluncurkan untuk solusi penyimpanan SSD baru dengan kinerja tinggi, dirancang khusus untuk lengkapi perangkat para gamer untuk optimalkan pengaturan gim.

Di antaranya adalah solid state drive (SSD) NVMe pertamanya dengan teknologi PCIe Gen4 generasi terbaru, add-in-card Gen3 x8 yang bisa di-boot, serta gaming dock NVMe SSD yang mendukung Thunderbolt 3. Masing-masing perangkat juga menawarkan opsi pencahayaan RGB yang menarik, salah satu nilai tambah untuk percantik setup CPU desktop PC.

Baca juga: WD Red SSD & Red Pro HDD, Solusi Penyimpanan NAS Terbaru

Produk Baru WD Black, Mulai dari SSD Hingga Game Dock

WD Black Series
(kiri – kanan): WD Black SN850 NVMe SSD, WD Black AN1500 add-in-card, WD Black D50 game dock

Lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (28/10), Jim Welsh, Senior Vice President, Consumer Solutions, Western Digital mengatakan bila konsumen saat ini perlu lengkapi diri dengan perangkat terbaik untuk dapat tetap mengikuti perkembangan. Terutama saat pengembang gim berupaya membuat seri gim yang imersif dan menuntut kinerja lebih tinggi.

“Lini produk WD Black terbaru dirancang khusus untuk memungkinkan para gamer memenuhi standar yang semakin tinggi dari game dan platform game di masa depan. Kami telah mengoptimalkan produk ini tidak hanya untuk menghadirkan penyimpanan yang lebih besar bagi para gamer tetapi juga untuk meningkatkan pengalaman bermain game secara keseluruhan,” jelas Jim.

Hadir dengan teknologi PCIe Gen4, NVMe SSD WD Black SN8850 berikan kecepatan baca/tulis cepat hingga 7000/5300MBps (khusus model 1TB). Untuk membantu mengurangi waktu muat pada gim sekaligus transfer file yang lebih cepat, teknologi cache baru juga dihadirkan, termasuk low queue-depth performance untuk proses loading aplikasi gim lebih singkat.

Dan untuk kebutuhan kustomisasi, terdapat varian dengan heatsink RGB yang bisa mengurangi thermal throttling. Lalu untuk perangkat kedua, ada WD Black AN1500 SSD add-in-card, sebuah perangkat yang dapat di-boot dengan dukungan dua SSD internal. Gunakan teknologi RAID 0 dan PCIE Gen3 x8, kecepatan yang ditawarkan mencapai 6500MBps untuk baca & 4100MBps untuk tulis (khusus mode 2TB & 4TB).

Lalu juga hadir game dock NVMe SSD WD Black D50, mengubah laptop yang kompatibel dengan Thunderbolt 3 menjadi gaming station yang terintegrasi. Ini adalah solusi yang baik untuk gamer yang ingin ringkaskan pengaturan, beri kapasitas lebih besar untuk gim serta beberapa port tambahan untuk aksesori.

Harga Masing-Masing Produk WD Black

WD AN1500 add-in-card

Untuk harga dan ketersediaan masing-masing produk, WD Black SN850 NVMe SSD bakal hadir resmi di Indonesia pada pertengahan bulan Desember mendatang, di WD Official Store di Tokopedia dan Shopee. Versi tanpa heatsink dengan kapasitas 500GB dijual mulai harga Rp2,488 juta.

Dan untuk add-in-card WD Black AN1500, pre-order varian 1TB telah tersedia di Tokopedia, di harga Rp4,399 juta. Sementara game dock bakal menyusul pertengahan Desember dengan harga mulai dari Rp7,599 juta.