alexa

Xiaomi MIUI Pure Mode, Lindungi Smartphone dari APK Berbahaya

Jakarta, Gizmologi – Xiaomi dikabarkan sedang menguji fitur baru yang disematkan pada tampilan antarmuka (user interface/UI). Nantinya pada MIUI 12.5 dan MIUI 12.5 Enhanced Edition, Xiaomi akan menyematkan fitur Pure Mode di ponsel mereka.

Fitur ini memungkinkan pengguna agar memblokir sideloading aplikasi Android dari pihak ketiga atau tidak resmi. Jadi ketika Pure Mode diaktifkan, pengguna tidak dapat menginstal aplikasi dari luar toko Apps Xiaomi ataupun Google PlayStore.

Melansir Android Authority, fitur ini berfokus untuk melindungi ponsel dari APK berbahaya. Perusahaan mengatakan karena sifat Android yang terbuka, pengguna bisa saja menjadi korban serangan siber melalui aplikasi jahat.

Mengutip Android Authority, Xioami mengatakan bahwa 40 persen aplikasi (APK) yang diinstal oleh pengguna MIUI tidak pernah lulus audit keamanannya. Selain itu, 10 persen dari aplikasi teridentifikasi sebagai risiko keamanan.

Untuk itulah Xiaomi menyematkan MIUI Pure Mode di ponsel terbaru mereka. Tujuan utama dari Pure Mode ini demi mencegah risiko yang disebabkan oleh unduhan APK yang tidak disengaja, kesalahan operasi, ataupun pemasangan otomatis di latar belakang.

Fitur ini akan memberi pengguna lebih banyak kontrol atas aplikasi yang mereka pilih untuk diinstal di ponsel mereka. Termasuk memastikan pengguna untuk mendapatkan aplikasi resmi.

Sejauh ini belum ada informasi kapan Pure Mode segera dirilis resmi di MIUI. Meski begitu, sebagian pengguna di China bisa mengikuti beta test dari MIUI Pure Mode yang mulai didistribusikan sejak 6 September.

Tinggalkan komen