Jakarta, Gizmologi โ Operator seluler XL Axiata memperkuat jaringan telekomunikasi guna menghadapi Ramadan dan Lebaran tahun ini. Penguatan ini dilakukan sebagai antisipasi lonjakan trafik penggunaan yang meningkat seiring dengan pelonggaran mobilitas masyarakat dengan menurunnya kasus COVID-19.
Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, dengan adanya pelonggaran mobilitas masyarakat untuk mudik lebaran dibanding tahun sebelumnya akan meningkatkan semua trafik layanan telekomunikasi. Dalam rangka mendukung kenyamanan aktivitas masyarakat dan pelanggan, XL telah mempersiapkan produk/paket-paket layanan telekomunikasi dan data.
โPenguatan jaringan menjadi kebutuhan yang harus kami lakukan, baik di pemukiman maupun di area tujuan mudik. Secara umum, kami telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar, hingga 2x dibandingkan hari normal,โ kata Gede Darmayusa, dalam keterangannya, Selasa (28/3/2022).
Gede memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10% selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat hingga 15% saat masuk di masa libur Lebaran. Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran.
Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik seperti di Pulau Jawa, akan menjadi perhatian khusus. Termasuk lokasi-lokasi yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian.
Selain lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi baik darat, udara, juga laut. Juga tentunya penguatan jaringan di sepanjang jalan raya antar provinsi, baik tol maupun non-tol, baik di Pulau Jawa maupun di luar Jawa.
โSaat ini, di hari normal biasa, trafik jaringan data XL Axiata sebesar 22 PB (Petabyte). Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga 3x dari hari normal,โ imbuh Gede.
Trafik Jaringan Telekomunikasi XL Axiata

Selain itu, XL Axiata juga memperhitungkan kemungkinan peningkatan trafik yang terpacu oleh perkembangan teknologi. Mengingat setiap tahun tentunya teknologi semakin maju, yang pada akhirnya meningkatkan penggunaan data, misalnya saja, trend penggunaan video streaming.
Penguatan jaringan ini juga sekaligus untuk mendukung program promo Ramadan dan Lebaran yang digelar XL Axiata. Seperti yang dilakukan XL Axiata setiap tahun, pada Program Ramadan dan Lebaran akan ditawarkan berbagai promo menarik untuk pelanggan prabayar dan pascabayar.
โPromo-promo tersebut tentu memberikan berbagai manfaat tambahan kepada pelanggan, yang kemungkinan akan bisa semakin memacu peningkatan trafik,โ imbuhnya.
Guna lebih menjamin keamanan jaringan dalam melayani masyarakat sepanjang Ramadan dan Lebaran nanti, XL Axiata juga telah menyiagakan sumberdaya yang memadai, baik berupa tim teknis yang akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.
Selain itu, juga dilakukan pengerahan armada mobile BTS untuk mendukung penguatan jaringan di lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).
Hingga akhir 2021 lalu, jaringan XL Axiata tersebar di 34 provinsi, total 458 kota/Kabupaten. Total sebanyak 162 ribu BTS, di antaranya 77 ribu BTS 4G, dan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 113 ribu kilometer, menopang kekuatan jaringan XL Axiata, untuk melayani 57,9 juta pelanggan.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



