Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Ini yang Bisa Dilakukan dengan Baterai Besar 5000 mAh di Redmi 8A

Memiliki smartphone yang bisa bertahan lama, sampai berhari-hari, merupakan impian semua orang. Kita bisa membawanya dalam perjalanan jauh atau menghabiskan waktu nonstop dengan smartphone tersebut tanpa harus khawatir baterai habis tiap setengah hari.

Kapasitas baterai smartphone yang ada saat ini rata-rata hanya sekitar 3000 sampai 4000 mAh. Jarang ada smartphone yang memiliki kapasitas besar dan dijual dengan harga murah. Rata-rata, jika dilihat di toko online, smartphone dengan baterai 5000 mAh dijual dengan harga di atas Rp2 juta sampai Rp3 jutaan.

Namun saat melihat smartphone Redmi 8A, smartphone tersebut dibanderol kurang dari Rp1,5 juta padahal kapasitas baterainya adalah 5000 mAh. Malah ada promosi menarik dari Xiaomi dengan tajuk “Xiaomi Payday Party Super Sale” sebagai bentuk apresiasi Xiaomi atas sambutan yang luar biasa terhadap produk populernya, yaitu Redmi 8A dan Redmi 8. Xiaomi memberikan potongan harga mulai dari Rp150.000, yang akan berlangsung pada tanggal 27-30 Januari 2020. Redmi 8A kini dibanderol Rp1.299.000 dan Redmi 8 mulai dari Rp1.599.000. Produk ini bisa dibeli di official store Xiaomi di Shopee.

Baca: Review Redmi 8A, Murah dan Bertenaga

redmi 8a review
Review Redmi 8A

Jelas harga yang menarik ini merupakan sebuah terobosan yang cukup menarik para calon pembeli. Apalagi banyak juga spesifikasi mumpuni lainnya yang ada di Redmi 8A.

Jika dibandingkan, kapasitas baterai Redmi 8A ini sejatinya lebih besar ketimbang pendahulunya, Redmi 7A, yang meluncur Agustus tahun lalu. Baterai yang diusung di Redmi 7A kala itu hanya 4000 mAh.

Lalu sebenarnya apa sih gunanya smartphone dengan baterai kapasitas besar? Jawabannya selain daya tahan yang lama, sudah pasti menghilangkan kekhawatiran kita akan smartphone yang tiba-tiba baterainya habis saat kita sedang ada keperluan penting. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dengan baterai berkapasitas besar Redmi 8A.

Penggunaan sehari-hari

Secara teori di atas kertas, baterai sebesar itu jika dalam kondisi standby diklaim bisa bertahan selama sebulan. Namun kondisinya benar-benar harus standby tanpa diotak-atik untuk browsing atau kirim email. Tapi buat apa punya smartphone jika tidak digunakan? Toh, sekali pengecasan, jika digunakan secara random (browsing internet, terima dan kirim email, atau sekedar membalas pesan WhatsApp) daya tahannya bisa mencapai dua hari lebih. Hampir 3 hari.

Perjalanan panjang

Related Posts
1 daripada 8

Nah, saat perjalanan panjang, Redmi 8A mampu bertahan selama naik mobil dari Jakarta menuju ke Bali. Tentunya, digunakan hanya untuk menampilkan petunjuk arah menggunakan Waze. Selama perjalanan, yang memakan waktu 16 jam, Redmi 8A selalu ‘melek’. Suara Waze juga lantang terdengar untuk menunjukkan arah yang benar.

Mendengarkan musik

Buat penggemar musik, tentu kamu bisa puas mendengarkannya di Redmi 8A. Bahkan bisa mencapai 7 jam lebih mendengar musik tanpa henti. Jika ditotal maka maka kamu punya waktu 420 menit untuk mendengarkan sekitar 105 lagu nonstop dengan durasi masing-masing sekitar 4 menit.

Menelepon

Nah, kalau menelepon, durasinya bisa lebih lama lagi. Bisa hampir 2 hari nonstop. Cocok buat kamu yang LDR-an sama pacar. Ngabisin weekend cuma buat nanya ‘kamu lagi apa?’ ‘udah makan belum?’. Bagi pebisnis, daya tahan baterai yang awet seperti di Redmi 8A ini juga penting banget. Karena bisa lebih nyaman menelepon urusan pekerjaan dengan kolega. Ga enak banget kan, lagi ada proyek yang mau digarap, terus tiba-tiba telepon mati.

Streaming Video

Kalau kamu bosan sendirian, ga ada hal yang paling menyenangkan selain menonton video Youtube atau menonton film-film keren di Netflix. Bayangkan, menonton video nonstop di Redmi 8A bisa sampai 16 jam. Kami bisa nonton drama Messiah Season 1 sampai habis, ditambah dua seasons You yang bikin baper, berulang-ulang. Pelototin deh tuh Penn Badgley yang imut dan super-menggemaskan, sampai juling.

Bermain game

Nah, untuk urusan main game, baterai kapasitas besar memang andalan semua gamers. PUBG Mobile bisa dimainkan berjam-jam tanpa harus takut baterai habis saat tiba waktunya kamu Chicken Dinner. “Mabar” COD (Call of Duty) dengan teman-teman bisa sampai lupa waktu karena saking serunya.

Berbagi daya

Baterai smartphone teman kamu sudah mau habis, tidak ada colokan dan power bank, padahal lagi ada keperluan penting? Inilah saatnya kamu menjadi pahlawan bagi temanmu. Karena ponsel ini bisa berfungsi layaknya power bank. Berkat kapasitas baterai yang ekstra besar, Redmi 8A memiliki kemampuan reverse charging, yakni mengisi daya baterai perangkat lain.

Redmi 8A keren, kan?


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Xiaomi Indonesia