Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review EaseUS MobiMover: Aplikasi Backup Data Lengkap dan Mudah untuk iPhone

3 4.293

Bagi pengguna iPhone seperti saya, sudah menjadi hal yang sangat lumrah bila proses transfer dan backup data pada smartphone ini lebih.. terbatas. Kalau dibandingkan dengan Android, rasanya bakal jauh lebih ribet dengan harus menggunakan iTunes. EaseUS mencoba berikan solusi mudah, lewat aplikasi bernama EaseUS MobiMover.

Tanpa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, hampir seluruh aktivitas harus dilakukan dengan aplikasi iTunes. Mulai dari proses backup, restore, memindahkan file antar perangkat termasuk lagu dan lainnya. Terstruktur? Iya, tapi juga, lagi-lagi, terbatas dan tidak se-fleksibel Android.

Bagi kamu yang rutin berpindah data, tidak punya jaminan akan koneksi internet kencang dan ingin lebih bebas dan mudah memindahkan file media, EaseUS sediakan MobiMover. Aplikasi ini bakal sangat pas untuk kamu yang memang rutin memindahkan file ke komputer terutama dengan sistem operasi Windows.

Tampilannya nggak kalah sederhana, bahkan mungkin terhitung lebih mudah dari menggunakan iTunes. Selain itu, EaseUS MobiMover juga tawarkan fitur tambahan yang menurut saya berikan nilai yang layak, meski harus membayar sekalipun. Berikut saya ulas fitur-fitur utamanya satu persatu.

Transfer Data Mudah Antar PC & iPhone

EaseUS MobiMover

Selama ini, saya selalu menggunakan metode cloud untuk memindahkan data yang saya perlukan dari iPhone ke PC maupun perangkat lain. Baik itu lewat Google Drive, OneDrive sampai aplikasi pesan seperti Telegram. Ya gimana, abisnya kalau colok langsung ke PC lewat kabel data, tidak bisa muncul sebagai portable drive.

Harus pakai iTunes, itu juga file yang bisa dibagikan terbatas. Alhasil, dokumen, foto dan lainnya saya pindahkan dengan cloud. Jauh lebih praktis, tapi terkadang tidak sadar kalau lagi di luar dan koneksi Wi-Fi sedang kurang oke. Akhirnya menggunakan paket data smartphone, yang kemudian memakan kuota internet bulanan.

Dua masalah di atas langsung teratas lewat fitur Content Management dan Data Transfer di EaseUS MobiMover. Yang pertama untuk kamu yang ingin memindahkan beberapa file saja, sementara Data Transfer lebih ke semua file. Ada tiga sub-menu yang bisa dipilih; PC to Phone, Phone to PC & Phone to Phone, di mana kamu bisa pilih sesuai kebutuhan.

Bahkan EaseUS MobiMover berikan opsi transcode, alias dapat mengkonversi file audio maupun video yang dipindahkan, bila ingin ukurannya dibuat lebih kecil otomatis. Fitur ini sangat bermanfaat bagi kamu yang menggunakan iPhone dengan memori terbatas, di mana tidak bisa ditambahkan kartu microSD tambahan.

Kalau masih ingin cara yang lebih simpel, bisa pilih menu Content Management, di mana aplikasi bakal otomatis mengkategorikan konten yang ada di iPhone berdasarkan sembilan konten utama; audio, video, gambar, podcast, kontak, notes, pesan teks, aplikasi sampai e-book. Kamu bisa memindahkan video dari iPhone ke PC dengan mudah lewat menu ini.

Backup Data iPhone Lebih Praktis

EaseUS MobiMover

Beberapa hari lalu, saya sempat mencoba untuk memindahkan sekitar 150GB data dari iPhone X ke iPhone 12 Pro menggunakan iTunes. Waktu yang diperlukan saat itu mencapai 1,5 jam, terasa cukup lama. Pun setelah proses restore selesai, iPhone baru masih harus mengunduh seluruh aplikasi baru yang sebelumnya ada di iPhone lama.

Kalau pakai Data Transfer di EaseUS MobiMover, bakal lebih simpel dan fleksibel di mana kita bisa memilih jenis apa saja yang ingin di-backup. Mau audio saja, file foto saja atau lainnya. Itu untuk iPhone ke PC, sementara untuk cara transfer file dari PC ke iPhone, pengguna hanya perlu drag and drop file yang ingin dipindahkan ke iPhone. Baik satu, beberapa bahkan dalam bentuk folder berisi foto.

Kalau opsi Phone to Phone lebih diutamakan buat kasus yang saya sebutkan di atas, alias pindah dari iPhone lawas ke iPhone baru. Jadi perpindahannya bisa langsung, tidak perlu dua tahap alias backup dari iPhone lama ke PC, baru restore dari PC ke iPhone baru.

WhatsApp Manager yang Sangat Membantu

EaseUS MobiMover

Persoalan lain yang mungkin saya dan Gizmo friends alami adalah saat harus melakukan backup dari data aplikasi WhatsApp. Berbeda dengan Android yang gunakan Google Drive, file backup WhatsApp di iPhone bakal tersimpan di iCloud. Keduanya tawarkan kapasitas gratisan yang berbeda.

Google Drive di 15GB, sementara iCloud hanya 5GB. Bagi saya yang file WhatsApp mencapai kisaran 3GB tentunya harus membayar opsi penambahan kapasitas iCloud supaya masih cukup. Mengingat opsi untuk pindah file lokal atau backup lokal tidak tersedia layaknya Android.

EaseUS MobiMover berikan fitur bernama WhatsApp Manager, berikan fungsi untuk backup dan restore dari iPhone ke PC dan sebaliknya, solusi yang cukup memudahkan. Proses backup pun tergolong cepat, sekitar 10 menit saja untuk file 1GB.

EaseUS MobiMover
Backup pesan WhatsApp bisa dilihat langsung dari aplikasi.

Setelah proses backup selesai, pengguna aplikasi dapat mengakses file backup tersebut, bahkan memberikan tampilan layaknya di smartphone. Kita bisa lihat daftar chat yang berurutan, hingga file yang diterima maupun dikirim. Mulai foto, video, dokumen sampai stiker pun bisa dilihat dan diunduh. Sangat lengkap.

EaseUS MobiMover Juga Punya Fitur Pengunduh Video

EaseUS MobiMover

Yang ini bisa dianggap fitur ekstra saja, cukup membantu untuk kamu yang ingin mengunduh video dari beberapa sumber yang didukung; Vimeo, YouTube, Instagram, Metacafe, Break, BBC dan Dailymotion. Caranya sangat simpel, tinggal taruh link, klik download, sudah.

Kita bisa memilih file ingin ditaruh di lokasi tertentu pada penyimpanan PC. Kekurangannya adalah tidak ada opsi untuk mengunduh dalam resolusi atau kualitas tertentu. Dari video musik yang saya coba untuk, video 5 menit berdurasi 7MB dan punya tampilan visual yang terlihat terkompres.

Harga EaseUS MobiMover

Dengan segala fitur yang sungguh memudahkan, EaseUS MobiMover bekerja maksimal dalam versi Pro. Dengan artian, kamu harus membayarnya untuk menikmati seluruh fitur di atas. Fitur WhatsApp Manager hanya hadir di versi Pro, sementara versi Free membatasi jumlah transfer data sebanyak 20 file per harinya.

EaseUS MobiMover Pro tersedia dalam tiga metode pembelian; durasi satu bulan penggunaan, satu tahun hingga lifetime. Harga masing-masing yaitu USD23,95 (Rp330 ribuan), USD29,95 (Rp420 ribuan) dan USD69,95 (Rp980 ribuan). Tentunya, kalau memang bakal gunakan fitur-fitur dari aplikasi ini secara rutin, versi tahunan dan lifetime tergolong murah.

Oh ya, masing-masing bisa digunakan hingga tiga komputer sekaligus ya, yang berbeda hanya durasi penggunaannya saja. Aplikasi ini tergolong wajib dan cocok bagi kamu yang memang membutuhkan metode transfer file dari iPhone ke PC dan sebaliknya, secara mudah, lengkap dan tidak membutuhkan koneksi internet.

WEBSITE RESMI EASEUS MOBIMOVER

Review EaseUS MobiMover
8.1 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (1 vote)
Design Interface9
User Experience8
Features8.5
Performance7.5
Value for Money7.5
Pros
- Lebih mudah transfer file antar PC & iPhone
- Backup data sesuai dengan keperluan
- Pengkategorian file lewat Content Management
- Bisa backup data WhatsApp
Cons
- Belum mendukung fungsi melihat data backup lokal
- Opsi video downloader kurang lengkap
- Versi gratisan punya fitur sangat terbatas - Harga layanan Pro tergolong mahal
Summary
EaseUS MobiMover bakal sangat memudahkan Gizmo friends yang memang harus atau sering memindahkan file maupun cadangkan data iPhone ke PC. Meski memang, untuk menikmati seluruh fitur yang ada, harus berlangganan dengan harga yang tidak murah.
Review menurut pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan EaseUS

3 Komen
  1. […] Review EaseUS MobiMover: Aplikasi Backup Data Lengkap dan Mudah untuk iPhone […]

  2. […] Baca juga: Review EaseUS MobiMover: Aplikasi Backup Data Lengkap dan Mudah untuk iPhone […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.