Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Cemas dengan Pergaulan Anak di Instagram? Panduan Orang Tua Bisa Jadi Jawabannya

Bergaul di dunia Instagram memang bisa menimbulkan banyak pertanyaan tentang apa saja yang dilakukan remaja di platform tersebut. Potensi kejahatan di dunia maya, mulai dari pornografi hingga cyber bullying, bisa saja terjadi pada anak. Panduan orang tua Instagram telah dirilis pekan lalu untuk mengajak orang tua mengawasi kegiatan sang anak dengan cara yang tepat.

Bertajuk A Parent’s Guide, panduan orang tua Instagram ini menjadi sumber bagi para orang tua yang mempunyai anak remaja aktif pemakai Instagram. Sebagaimana ditulis dalam laman resminya, panduan orang tua Instagram ini menjadi salah satu cara bagi induk Facebook ini untuk memastikan media sosial mereka aman dan mendukung upaya orang tua menjawab kegelisahan yang mungkin ada di benak mereka.

Dalam panduan orang tua Instagram tersebut terdapat berbagai perangkat yang bermanfaat untuk mengetahui aktivitas anak dan mencegah mereka dari kemungkinan paparan kejahatan di dunia maya. Sebagai contoh, kontrol komentar, kemampuan untuk melaporkan interaksi yang tidak diinginkan dan baru-baru ini ada pula fitur untuk membantu mengelola waktu menggunakan Instagram.

Baca juga: Begini Cara Kerja Stiker Pertanyaan Interaktif di Instagram Stories

“A Parent’s Guide” berisikan pertanyaan yang bisa menciptakan diskusi terbuka antara orang tua dan anak remaja mereka. Foto oleh momtrends.com
Related Posts
1 daripada 70

“Dalam A Parent’s Guide, kami berfokus pada tiga hal: bagaimana mengelola privasi, interaksi dan waktu di Instagram. Kami telah memasukkan hal mendasar dalam aplikasi kami, deskripsi alat plus panduan diskusi agar orang tua dan yang diawasi bisa menikmati percakapan yang terbuka tentang aktivitas mereka di Instagram,” ungkap pihak Instagram.

Daftar pertanyaan yang bisa ditanyakan untuk membuka dialog di antara orang tua dan remaja dibuat dengan menggandeng ahli pendidikan dan pakar media sosial, Ana Homayoun, M.A., P.P.S. Pertanyaan tersebut dirancang untuk menolong orang tua belajar lebih banyak tentang bagaimana remaja menggunakan Instagram dan untuk memastikan mereka memakainya secara positif.

Selain bekerjasama dengan pakar tersebut, panduan orang tua Instagram juga dikerjakan dengan berkolaborasi dengan beragam organisasi. Di antaranya seperti National PTA, Scholastic, ConnectSafely, Aliansi Nasional untuk Penyakit Mental (NAMI), Asosiasi Nasional untuk Gangguan Makan, GLSEN, Pusat Yale untuk Kecerdasan Emosional, PFLAG, Klub Anak Laki-Laki dan Perempuan Amerika, Klub Perempuan Pramuka AS dan Pusat Pencegahan Perundungan Nasional PACER.

Marne Levine, Direktur Operasional Instagram, mengatakan panduan bagi orang tua Instagram juga berguna bagi dirinya yang juga seorang orang tua dan banyak orang tua yang mencari nafkah di Instagram.

“Kami paham masa depan media sosial akan terus berubah dan kami berkomitmen mendampingi setiap langkah pengubah untuk memastikan orang tua dan remaja mereka mempunyai alat yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat bagi mereka,” kata Marne.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.