Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Smartphone yang Cocok untuk Content Creator dan Traveler

Content creator, istilah ini sekarang begitu seksi. Mereka adalah para pembuat konten, baik itu video di YouTube, foto di Instagram, maupun artikel di blog. Begitupun dengan aktivitas jalan-jalan yang semakin disukai para traveler. Untuk membuat konten, mereka tentu membutuhkan berbagai perangkat yang mumpuni. Salah satu perangkat all-in-one yang menurut saya mampu menunjang kebutuhan mereka adalah Samsung Galaxy Note9.

Ada beberapa hal yang membuat saya menganggap demikian. Smartphone flagship terbaru besutan Samsung tersebut telah memenuhi segala hal yang dibutuhkan oleh content creator maupun travelers untuk membuat konten secara maksimal. Setidaknya, itulah yang saya alami saat mencoba Samsung Galaxy Note9 selama dua hari traveling ke Pulau Bintan di Kepulauan Riau.

Sekarang, mari kita kupas satu per satu.

Samsung Galaxy Note9

Kamera

Hal paling penting bagi content creator maupun traveler, apa lagi kalau bukan kamera. Alih-alih membawa kamera DSLR yang membuat barang bawaan selama berwisata semakin berat, smartphone adalah pilihan yang paling tepat. Karena selain lebih simpel, juga lebih fungsional dan kaya fitur.

Tentu saja untuk menghasilkan foto dan video yang berkualitas, smartphone yang dipakai bukan sembarangan. Dan inilah salah satu kelebihan Samsung Galaxy Note9. Secara teknis, kamera belakang Samsung Galaxy Note9 dilengkapi dengan Dual Aperture F1.5/F2.4, Super Speed Dual Pixel, HDR, Live Focus serta Super Slow-mo. Sedangkan untuk kamera depan, memiliki sensor 8 MP dengan aperture F/1.7.

Kemampuan kamera di ponsel tersebut semakin ditingkatkan, disertai dengan fitur yang semakin berguna untuk mendukung kebutuhan para pelancong. Salah satuya adalah fitur scene optimizer yang memanfaatkan teknologi A.I untuk mendeteksi 20 kategori obyek foto berbeda. Selanjutnya menyesuaikan pengaturan dengan mengoreksi tingkat kecerahan, keseimbangan, dan kontras warna, untuk menghasilkan gambar yang lebih baik. Semakin banyak objek yang diambil, scene optimizer akan lebih baik mengenali objek dan akan memberikan hasil yang lebih baik lagi.

Benar saja, ketika saya mencoba memotret kolam Treasure Bay Bintan yang seluas 6,3 hektar, sudah seperti danau saja ini, maka di layar antarmuka kamera muncul ikon pemandangan. Begitupun ketika memotret manakan, bunga, dan lainnya. Bahkan ketika sedang foto beramai-ramai, kamera dengan cerdas bisa mendeteksi yang posisinya kurang pas, termasuk ketika ada yang sedang berkedip. Meminta mengulangi untuk mendapatkan hasil foto lebih maksimal ketika di-share ke media sosial seperti Instagram.

Bagi yang sudah mahir mengoperasikan kamera, Mode Profesional di kamera ini juga sangat membantu untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan. Kita bisa melakukan kreasi foto secara lebih leluasa. Atau buat sekadar selfie beramai-ramai, kita bisa memanfaatkan S Pen yang memiliki remote control. Sehingga tidak perlu memencet tombol di layar ponsel, ataupun menyalakan timer.

Kemudian bagi para vlogger, ponsel pintar ini benar-benar memberikan kemampuan terbaiknya untuk merekam video berkualitas tinggi. Kita bisa merekam dengan resolusi hingga 4K. Kualitasnya pun bisa dipilih 30fps atau 60fps. Untuk mendapatkan hasil lebih video perjalanan yang lebih detail, tentu 60fps adalah pilihan terbaik, walaupun bakal membutuhkan file size yang lebih besar.

Dengan kamera ini pula, kita bisa merekam video slow-motion yang dramatis. Kita pun bisa memilih apakah durasinya 2 atau 4 detik, termasuk apakah hanya satu kali take atau multi take. Dibanding Galaxy S9, kemampuan super slow-mo lebih meningkat di Galaxy Note9 ini.

Banyak hal seru yang bisa kita rekam menggunakan mode ini saat di Bintan. Seperti saat seluncur di Slip & Slide, meloncat ke kolam renang, atau bahkan sekadar berlari, menjatuhkan buah kelapa ke air, dan sebagainya.
Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note9

DURABILITAS

Related Posts
1 daripada 25

Perangkat untuk traveling, yang diperlukan adalah yang tangguh. Memiliki daya tahan tinggi untuk digunakan dalam berbagai kondisi. Dalam hal ini, Samsung Galaxy Note9 bisa dibilang sudah mememuhi hal itu. Form factor ponsel ini terasa sangat solid, kokoh dan berkelas. Bezel metal ramping Galaxy Note9, didesain dengan menggunakan teknik Dia-cut untuk tampilan dan kesan yang lebih ramping, serta memberikan tampilan desain premium.

Dengan sertifikasi IP68 yang semakin menegaskan kemampuan ponsel ini bisa dibawa ke berbagai kondisi, termasuk basah-basahan.  Sebelum ke Bintang, saya sudah pernah mencoba ponsel ini untuk dibawa berenang dan ponsel ini tetap bekerja dengan baik. Ingin sekali saya mencoba hal serupa di kolam Bintan Treasure Bay yang terkenal terbesar di Asia Tenggara itu. Namun karena airnya agak asin karena dekat pantai, saya urung mencobanya. Hanya mencelupkan sebentar, kemudian dibersihkan dengan air tawar, tidak bermasalah.

KAPASITAS PENYIMPANAN

Nggak lucu kan, ketika sedang asyik traveling, terus ternyata memori di ponsel penuh. Mau dihapus, masih banyak yang belum dibackup datanya. Nah, hal itu sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi di Galaxy Note9. Ponsel ini menawarkan dua varian dengan kapasitas memori yang teramat lega. Pertama adalah kapasitas 128GB/6GB RAM. Kedua, kapasitas 512GB/8RAM yang sangat besar. Masih merasa tidak cukup? Kita bisa menambah lagi dengan memori micro SD kapasitas 512GB. Jika ditotal, menjadi 1TB! Wow sudah seperti laptop saja.

PRODUKTIVITAS

Perangkat yang bagus tidak sekadar untuk mendukung fungsi hiburan semata, tetapi juga produktivitas. Dan bagi content creator, ini penting sekali. Dimana mereka perlu untuk membuat konten dimanapun berada, tanpa harus membawa laptop.

Samsung Galaxy Note9 meningkatkan dukungan Samsung DeX yangmenawarkan lebih banyak cara kepada pengguna dalam memudahkan pekerjaan. Tidak perlu lagi perangkat DeX terpisah seperti sebelumnya, kita tinggal mencolokkan ponsel ke monitor menggunakan kabel HDMI type C, maka kita sudah bisa berfungsi layaknya monitor.

Kita dapat dengan mudah menyeleksi berbagai foto yang akan digunakan untuk proses pembuatan moodboard, mengetik dokumen yang berisikan ide-ide selama diskusi, hingga pembuatan presentasi hasil akhir dari proses brainstorm, semuanya langsung dilakukan pada satu device yang terkoneksi. Proses pengeditan menjadi lebih mudah karena Galaxy Note9 dapat berfungsi sebagai touch keyboard dan juga touchpad dalam fitur Samsung DeX.

Bakal lebih enak lagi buat mendukung produktivitas, jika kita membawa keyboard Bluetooth. Karena bisa memfungsikan Galaxy Note9 sudah seperti komputer saja.

Dan Walaupun Galaxy Note9 sedang digunakan untuk mengoperasikan fitur Samsung DeX, kita masih dapat mengakses secara maksimal fungsi lain dari smartphone seperti menerima panggilan telepon, membalas pesan singkat, sampai aktivitas lainnya tanpa khawatir akan terlihat pada layar besar yang sedang diperlihatkan – tidak ada halangan untuk kembali produktif dan efisien.

Tak hanya itu, performanya sendiri juga sangat handal. Samsung mengoptimalkan Galaxy Note9 dengan prosesor 10-nanometer Exynos 9810 Octa Core yang mutakhir. Ditunjang dengan GPU Mali G72 MP18 dan RAM 6/8GB, proses mengedit dan render video untuk vlog bisa berlangsung dengan smooth dan cepat.

Belum lagi baterai All Day berkapasitas 4.000 mAh yang konsumsi dayanya rendah. Sehingga bisa kita pakai untuk berbagai aktvitas di luar ruangan seharian, dari pagi sampai sore.

Asyik sekali, kan?

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: