Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Asus ZenBook 13 UX333FA: Ultrabook dengan Desain dan Kinerja yang Memikat

Asus semakin menunjukkan kekuatannya di pasar laptop. Sampai akhir Desember 2018, GfK menyebutkan, pangsa pasar laptop consumer ASUS di Indonesia mencapai angka 40,8 persen. Untuk memperkuat kepemimpinannya di tahun 2019, produsen komputer asal Taiwan tersebut merilis produk terbarunya Asus ZenBook 13 UX333FA berbarengan dengan dua seri lainnya yaitu UX333FN i5 dan UX333FN i7.

Pembeda dari ketiganya adalah spesifikasinya seperti prosesor, storage dan fitur lainnya sehingga harganya pun berbeda. Namun untuk fitur dan desainnya sama. Untuk produk yang saya uji saat ini adalah seri Asus ZenBook 13 UX333FA, merupakan seri paling rendah.

Asus ZenBook 13 UX333FA merupakan ultrabook premium dengan desain frameless NanoEdge Display. Perangkat ini digadang-gadang sebagai ultrabook premium yang paling ringkas. Bukan hanya sekadar canggih, tetapi juga sangat elegan berkat bezel-nya yang sangat tipis, desain yang elegan dan kokoh.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kemampuannya, mari simak review Asus ZenBook 13 UX333FA selengkapnya berikut ini.

DESAIN

Begitu mengeluarkan Asus Zenbook 13 UX333FA dari kemasannya, kesan pertama adalah ringan dan kompak. Laptop ini ukuran layarnya 13,3 inci yang memang dari segi ukuran sudah ringkas. Desain NanoEdge Display andalan Asus membuat ukuran keseluruhan laptop menjadi lebih kompak lagi.

Ultrabook ini menggunakan desain frameless NanoEdge Display yang menghadirkan bezel ultra-tipis. Bezel tersebut membuat ultrabook ini dapat menghadirkan screen-to-body ratio mencapai 95%. Bezel layar yang tipis membuat dimensi bodi laptop ini semakin ringkas. Ukuran panjang dan lebar laptop ini hanya 30,2 x 18,9 centimeter, tidak jauh dari kertas A4 yang memiliki ukuran 29,7 x 21 centimeter.

Ada beberapa manfaat yang dihadirkan dari pemangkasan ukuran bodi pada Asus ZenBook 13 UX333FA. Pertama tentu saja laptop ini menjadi mudah dibawa bepergian. Karena ukurannya seperti kertas A4, kamu  bisa membawa laptop ini menggunakan tas kecil dan tidak memakan banyak tempat. Cocok buat traveling.

Selain tampil mewah dengan desain spun-metal finish yang khas, Asus ZenBook UX333FA juga hadir dengan bodi yang cukup tipis namun sangat kokoh. Laptop ini memiliki ketebalan bodi 16,9 milimeter atau kurang dari 2 centimeter. Dengan demikian, laptop ini masuk ke dalam kategori ultrabook.

KONSEP ERGOLIFT

Desain bodi yang digunakan di ZenBook UX333FA juga berbeda dengan laptop pada umumnya. ASUS menghadirkan fitur eksklusif ErgoLift Design di laptop ini. Fitur tersebut membuat bodi ZenBook UX333F terangkat dan membentuk sudut 3 derajat saat digunakan.

Beberapa manfaat dari konsep desain ini antara lain pendinginan yang lebih baik. Karena bodinya terangkat saat digunakan, ZenBook UX333FNAmemiliki ruang ekstra di bagian bawah bodinya sehingga membuat sirkulasi udara lebih lancar.

Manfaat kedua  adalah peningkatan performa audio. Rongga ekstra yang dihadirkan berkat bodi yang terangkat saat digunakan ternyata juga berpengaruh pada performa audio. Rongga tersebut membuat suara menjadi lebih kencang dan tidak “terpendam” ketika sedang digunakan. Ditambah dengan speaker yang sudah disertai sertifikasi Harman Kardon, performa audio Asus ZenBook 13 UX333FA menjadi sangat baik.

Manfaat lainnya adalah lebih nyaman saat dipakai untuk mengetik. Karena posisi miringnya keyboard ergonomis dengan tangan, sehingga nyaman dan tidak gampang capek untuk mengetik berlama-lama. Terlebih, keyboard backlit memiliki tombol yang empuk dengan jarak antar huruf yang pas.

Pada varian Zenbook 13 UX333FA yang saya uji adalah versi rendah. Di mana pada bagian bawah keyboard hanya touchpad standar saja. Namun untuk versi Zenbook 13 UX333FN i7 memiliki fitur tambahan sebagai NumberPad berupa tombol virtual berisi angka-angka.

Kita bisa mengubah fungsi dari touchpad ke numeric pad dengan cepat. Ketika tombol ditekan, numpad akan muncul di touchpad menggunakan LED khusus dan menggantikan fungsinya.

LAYAR

review layar Asus ZenBook 13 UX333FA

Pengalaman visual yang lebih imersif adalah manfaat selanjutnya dari penerapan teknologi NanoEdge Display di laptop ini. Karena bezel pada layar ZenBook UX333FA sangat tipis, Anda akan seperti menggunakan layar yang lebih lega meski sebenarnya laptop ini menggunakan layar 13 inci. Bezel yang sangat tipis membuat tampilan visual yang disajikan seperti tidak memiliki batas sehingga tampak lebih lega.

Berbicara soal layar, selain memiliki bezel yang sangat tipis ZenBook UX333FA juga hadir dengan kualitas visual premium. Layar pada laptop ini menggunakan panel LED dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel) dan memiliki sudut pandang lebar hingga 178 derajat, sangat nyaman ketika digunakan untuk menikmati konten hiburan.

Sedangkan untuk menunjang pekerjaan, khususnya untuk mereka yang bekerja di bidang desain grafis profesional, layar ZenBook UX333FA juga sudah cukup mumpuni. Layar yang digunakan di laptop ini memiliki tingkat reproduksi warna pada color space sRGB hingga 100 persen. Bagi desainer grafis dan fotografer yang bekerja menggunakan color space tersebut, ZenBook UX333FA sudah dapat memenuhi kebutuhan mereka.

FITUR LAPTOP

Fitur laptop Asus ZenBook 13 UX333FAPada paket pembelian ZenBook 13 UX333FA, sudah terpasang dengan Windows 10 Home 64 Bit original. Tentu semua fitur Windows 10 bisa dinikmati di sini seperti Windows Multi-task, akses Xbox One, Cortana, dan sebagainya.

Menariknya, Asus ZenBook 13 UX333FA hadir dengan 3D infrared (IR) camera yang memiliki kemampuan untuk memindai wajah bahkan dalam kondisi gelap. Penggunaan kamera canggih ini memungkinkan proses pemindaian wajah untuk login menggunakan Windows Hello menjadi sangat cepat.

Untuk mendukung multimedia, laptop ini dilengkapi teknologi SonicMaster yang dikembangkan bersamaan oleh ASUS Golden Ear dan ICEpower. Ditambah lagi ada software Audio Wizard yang memiliki preset audio seperti musik, game, atau film sesuai kebutuhan.

Related Posts
1 daripada 20

Kualitasnya tidak diragukan lagi karena telah disertifikasi dengan sistem audio Harman Kardon. Efek bass lebih terasa sedangkan untuk vokal jelas dan terdengar dengan baik. Saya cukup puas dengan kualitas speaker di laptop ini.

Sebagai laptop yang bisa menemani berbagai kegiatan penggunanya, laptop ZenBook terbaru ini sudah dilengkapi dengan gigabit-class WiFi serta ASUS WiFi Master Technology, memastikan selalu memiliki koneksi jaringan yang stabil. Sebagai tambahan, Bluetooth 5.0 memungkinkan ZenBook terbaru dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat terkini.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah ZenBook 13 ini sudah memenuhi standar militer MIL-STD-810G. Laptop ini telah menjalani uji coba yang berat yang mencakup pengujian lebih lanjut untuk pengoperasian di lingkungan yang keras termasuk ketinggian yang ekstrem, suhu dan kelembaban.

PERFORMA

Bagian terpenting dari sebuah perangkat, tentu saja adalah dapur pacunya. Laptop yang saya uji ini ditenagai dengan Intel Core i5 8265U Quad Core Processor (6M Cache, up to 3.4GHz) dan RAM 8GB. Untuk varian laptop ini, kartu grafisnya masih terintegrasi yakni Intel UHD Graphics 620.

Untuk varian UX333FN i5, hadir dengan prosesor yang sama, namun dibekali kartu grafis terdedikasi yakni GPU NVIDIA GeForce MX150 serta storage 512GB. Harga jualnya terpaut Rp 3 jutaan. Selanjutnya untuk UX333FN i7 memiliki prosesor Intel Core i7 8565 dan GPU NVIDIA GeForce MX150 dengan storage 512GB serta fitur unik Numpad.

Saya telah memakai sekitar satu bulan untuk kebutuhan pemakaian sehari-hari, laptop ZenBook 13 UX333FA ini  bekerja dengan memuaskan. Kinerjanya tergolong mumpuni. Laptop ini cukup andal digunakan untuk mengedit foto menggunakan aplikasi Photoshop. Saat mengedit foto, layar yang menghasilkan warna kaya akan sangat membantu.

Saya pun terbiasa mengakses internet dengan dua browser yang berjalan bersamaan dan beberapa tab sekaligus. Dipakai selama berjam-jam tidak mengalami lag ataupun penurunan kinerja yang berarti.  Bahkan digunakan untuk mengedit video dengan aplikasi Filmora juga masih lancar.

Selain chipset yang prima dan RAM besar, faktor lain yang sangat membantu peningkatan kinerja laptop ini adalah penggunaan storage tipe NVMe PCIe SSD berperforma tinggi. Namun kapasitas terbatas hanya 256GB. Sehingga jika butuh untuk penyimpanan yang lebih lapang, bisa menambahkan sendiri storage HDD tambahan.

Benchmark

Benchmark dengan Novabench
Benchmark dengan PCMark 7
Benchmark dengan Geekbench 4.3.3

BATERAI

Laptop ini memiliki baterai dengan spesifikasi 3 -Cell 42 Wh yang dibekali teknologi ASUS Battery Health Charging. Teknologi ini membantu melindungi baterai saat pengisian daya untuk memperpanjang umur baterai dan mengurangi kemungkinan dari kerusakan akibat pembengkakan.

Pihak Asus menyebut bahwa laptop ini bisa bertahan 14 jam dalam sekali pengisian. Itu berdasarkan skenario menggunakan aplikasi MobileMark 2014 Office Productivity untuk bekerja. Kemudian pengaturan tes dengan  Wi-Fi diaktifkan dan kecerahan layar diatur ke 150nits.

Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari yang pernah saya coba, baterai sanggup bertahan sekitar 8 jam dengan aktivitas yang cukup bervariasi. Seperti menjalankan aplikasi Document, menjalankan browser Chrome dan menonton video YouTube. Bisa dibilang, daya tahan baterai pada laptop ini memang awet. Dengan kata lain, kemampuan baterai pada laptop ini dianggap tahan lama.

KESIMPULAN

Laptop ini memiliki desain yang kokoh dan premium, multifungsi dengan kualitas layar IPS resolusi Full HD yang tajam dan akurat. Ditambah desain NanoEdge yang membuatnya lebih nyaman.

Dibekali spesifikasi yang mumpuni, walau untuk tipe yang saya uji tidak memakai chipset tertinggi, namun kinerjanya dapat diandalkan. Asus ZenBook 13 UX333DA sangat ideal digunakan sebagai laptop sehari-hari yang serba guna, baik itu untuk bekerja, menikmati hiburan, membuat konten, hingga bermain game kasual.

Catatan:
Artikel ini telah dipublikasikan juga di BukaReview dengan judul Review Asus ZenBook 13 UX333FA: Ultrabook Tipis, Kinerja Gesit

Spesifikasi ASUS ZenBook 13 UX333FA

 Asus ZenBook 13 UX333FA
Untuk spesifikasi lebih rinci, silakan klik pada gambar di atas

General

  • Device Type
    Laptop
  • Model / Series
    Asus ZenBook 13 UX333FA
  • Released
    17 Januari, 2019
  • Status
    Available
  • Price
    Rp15.299.000

Platform

  • Processor
    Intel Core i5 8265U Quad Core Processor (6M Cache, up to 3.4GHz)
  • VGA (Graphic Card)
    Intel HD Graphics 620 (integrated)
  • RAM (Memory)
    8GB LPDDR3 RAM
  • Storage
    256GB M.2 NVMe PCIe SSD
  • Operating System
    Windows 10 Home Single Language 64

Body

  • Dimensions
    302 x 189 x 16,9 mm
  • Display
    13,3” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display
  • Battery
    50WHrs 3-cell battery

Connectivity

  • Webcam
    HD IR/RGB Combo Camera
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    Bluetooth 5.0
  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi,
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • I/O Interface
    1 x USB3.1 Type-C (GEN 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 1), 1 x HDMI, 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x MicroSD Card Reader

Other

  • Audio
    Built-in 2 W Stereo Speakers with Array Microphone Supports Windows 10 Cortana
  • Features
    Warna: Royal Blue, Icicle Silver, Burgundy Red
    2 tahun garansi global
80%
Awesome!

Review Asus ZenBook 13 UX333FA

Asus ZenBook 13 UX333DA sangat ideal digunakan sebagai laptop sehari-hari yang serba guna, baik itu untuk bekerja, menikmati hiburan, membuat konten, hingga bermain game kasual.

  • Design
  • Display
  • Performance
  • Features
  • Battery

Get real time updates directly on you device, subscribe now.