Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Asus Zenfone 5: Smartphone Terbaik di Kelasnya

0 1.325

Tahun 2014 silam, Asus menandai masuknya di bisnis smartphone dengan lini Zenfone lewat tiga perangkatnya sekaligus. Produsen asal Taiwan ini langsung menggelontorkan Asus Zenfone 4, Asus Zenfone 5 dan Asus Zenfone 6. Angka tersebut menandakan ukuran layar smartphone.

Dari ketiga seri tersebut, Asus Zenfone 5 yang paling disukai karena ukuran layar 5 inchi yang lebih pas untuk genggaman tangan. Layar 4 inchi terlalu kecil, sedangkan 6 inchi terlalu besar. Ponsel ini juga menarik perhatian karena berani menggunakan prosesor Intel Atom Z2580 yang benar-benar baru di industri mobile.

Namun peruntungan Intel di industri smartphone tidak bagus. Merekapun berhenti mengembangkan chipset untuk ponsel. Sehingga Asus pun beralih menggunakan chipset dari manufaktur lain yaitu Qualcomm. Di sisi lain, Asus juga memperbaiki penamaan produk tidak lagi berdasarkan ukuran layar, namun berurutan sesuai generasi yang dirilis setiap tahun.

Kini di tahun 2018, seri Zenfone telah masuk generasi kelima sehingga penamannya pun menjadi Asus Zenfone 5. Di seri ini, ada tiga varian yang diluncurkan yaitu versi original Zenfone 5, versi powerhouse dengan spesifikasi tertinggi yaitu Zenfone 5Z dan versi dengan empat kamera yaitu Zenfone 5Q yang belum diluncurkan di Indonesia. Di sini, saya akan lebih banyak mengulas versi original Asus Zenfone 5.

Desain

asus zenfone 5 lifestyleKemewahan langsung terlihat begitu membuka Asus ZenFone 5 dari kotaknya. Kendati ini merupakan smartphone middle-end dengan harga 4 jutaan, namun Asus merancangnya dengan detail sehingga terlihat memikat.

Bodi kaca dibuat dari aluminium yang diklaim sangat kuat dengan finishing teknologi zircon-sandblasting dan juga proses pelapisan optikal sebanyak 8 layer. Lapisan terakhir di bawah kaca adalah bentuk lingkaran konsentris yang menjadi ciri khas ZenFone.

Membuat ZenFone 5 memerlukan teknik yang teliti dan juga perhatian khusus terhadap setiap detail, di dalam proses sebanyak 206 langkah. Bahkan detail tersembunyi juga penting, seperti Thermoplastic Polyurethane (TPU) yang ada di bawah tombol metal membuatnya lebih dapat diandalkan dan membuatnya lebih positif. Lapisan anti minyak yang spesial mengurangi pantulan sehingga meningkatkan kualitas gambar dan membuat lensa kamera tidak telalu nampak.

Satu hal yang tidak ada di ponsel ini adalah kemampuannya untuk tahan air dan debu. Jika ada, maka lengkaplah sudah ponsel ini.

Layar

asus zenfone 5 model

ASUS ZenFone 5 mengikuti tren kekinian dengan layar penuh yang mereka sebut All Screen dengan rasio layar terhadap badan perangkat sebesar 90%. Layar lebar yang memenuhi penampang ponsel ini membuatnya terlihat lebih indah dengan bingkai atau frame atau bezel yang sangat tipis.

Untuk meletakkan kamera dan speaker, terdapat area tersendiri di tengah layar bagian atas yang sering disebut sebagai notch alias poni. Sayangnya, tidak ada pilihan untuk menghilangkan notch tersebut seperti pada beberapa produk kompetitor. Kendati demikian, bagian ini dianggap tidak akan mengganggu ketika pengguna memutar film atau bermain game.

Karena antarmuka dari ZenFone 5 akan otomatis menghitamkan seluruh area “poni” untuk menyeimbangkan tampilan layar. Jika memutar video, layar secara otomatis melakukan skala ulang untuk memastikan tidak ada bagian yang terpotong. Dan di antarmuka utama, ikon status kunci ditempatkan dengan apik di samping notch dari layar.

ZenFone 5 memiliki rasio layar IPS super terang berukuran 6,2 inci, (19: 9) dengan resolusi FHD+ (2246 x 1080). Rasio layar-ke-badan perangkat yang tinggi di ukuran 6,2 inci juga memungkinkan dimensi perangkat diminimalkan sehingga serupa dengan perangkat dengan layar 5,5 inci. Bahkan, dimensi fisik ZenFone 5 hampir identik dengan ZenFone 3 yang memiliki layar 5,5 inci. Layar sinematik ini memiliki gamut warna DCI-P3 sampai 100%, membuat foto, video, film dan game terlihat lebih bagus.

Kamera Asus Zenfone 5

asus zenfone 5 cameraBuilt for photography. ASUS menyebut smartphone ini dirancang untuk menghasilkan kualitas fotografi yang prima. Ponsel ini dilengkapi sistem dual kamera (12 MP + 12 MP rear) dengan fitur Artificial Intelligence (AI) yang dapat memenuhi dan menyesuikan kebutuhan untuk menghasilkan foto bagus. Teknologi AI Camera pada ZenFone 5 akan meningkatkan kualitas fotografi menjadi lebih baik dengan memanfaatkan kemampuan hardware dan software.

Kamera utama berfungsi untuk potret dan fokus pada subjek yang terisolasi. Kamera ini juga bekerja dengan baik untuk malah hari atau foto dengan cahaya rendah. Kamera kedua dengan sudut lebar (120 derajat), bagus untuk memotret lanskap luas di area terbatas. Atau menangkap lebih banyak obyek dari tempat yang sama.

Sementara itu di bagian depan, terdapat kamera dengan lensa sudut lebar (120 derajat),  bukaan f/2.2, dan sensor beresolusi 8 megapiksel untuk menangkap pemandangan yang luas.

Kualitas hasil foto kamera ZenFone 5 bahkan sudah diakui oleh DxOMark dengan meraih angka 90 DxO Mark Mobile dan 93 DxO Mark Photo. Walaupun  masih jauh di bawah beberapa ponsel flagship seperti Huawei P20 Pro, Samsung Galaxy S9 dan iPhone X, namun hasil ini sudah sangat baik dibandingkan smartphone-smartphone yang beredar di pasaran pada umumnya. Terlebih jika melihat harganya yang hanya 4 jutaan.

 Kamera utama ZenFone 5 memiliki sensor Sony IMX363 dengan piksel besar 1.4μm dan aperture F1.8 yang mampu memotret foto cahaya redup sampai 5X lebih terang dibanding kamera smartphone konvensional. Selain itu, juga diperkuat dengan 4-axis Photo OIS (Optical Image Stabilizer) yang membantu meredam gerakan tangan sehingga kamera mampu bekerja  “4-stop” lebih rendah.  Juga terdapat sensor koreksi warna yang mendeteksi pencahayaan dan secara otomatis menyesuaikan warna yang dihasilkan dalam foto agar terlihat alami dan akurat.

Selanjutnya, terdapat Sensor Dual Pixel PDAF (Phase Detection Autofocus) di mana masing-masing pixel digunakan untuk mendeteksi fase dari obyek yang dibidik dan dipakai untuk menghitung jarak. Penggunaan Dual Pixel PDAF ini membuat waktu autofokus yang sangat cepat, hanya 0,03 detik dengan kemampuan untuk mempertahankan fokus secara instan bahkan pada objek yang bergerak cepat menggunakan metode penjejakan fokus (focus tracking).

Sedangkan untuk video, memiliki fitur 3-axis Video EIS  yang aktif untuk resolusi Full HD (1920 x 1080) untuk meminimalisir hasil yang blur saat merekam dengan menggunakan tangan. Resolusi terbesar untuk merekam video adalah 4K 30FPS Video Recording.

Hasil Foto
P_20180517_130244_vHDR_Auto

P_20180517_130255_vHDR_Auto

P_20180517_130348_vHDR_Auto

P_20180517_130420_vHDR_Auto

P_20180517_130620_vHDR_Auto
P_20180517_131113_vHDR_Auto_HP

P_20180517_131120_vHDR_Auto_HP


Fitur Artificial Intelligence (AI)

ASUS ZenFone 5 merupakan model ZenFone pertama yang memanfaatkan artifical inteligence (AI). Kecerdasan buatan sudah menjadi fitur wajib jika smartphone keluaran terbaru dianggap kekinian dan lebih pintar.

Smartphone ini memanfaatkan kekuatan prosesor Snapdragon 636 untuk menjalankan banyak tugas mikro yang terlibat dalam komputasi Artificial Intelligence (AI). Hasilnya, sebuah transformasi dari, bagaimana perangkat mengambil foto, sekaligus melakukan optimalisasi dari tugas-tugas lain yang banyak dianggap remeh oleh pengguna.

Pada ZenFone 5, penggunaan AI lebih ditonjolkan pada fotografi AI serta ditambahkan dengan kemampuan mempelajari sumber data berdasarkan pola dan pilihan penguna. Kemudian mengoptimalkan kinerjanya untuk beradaptasi dengan mereka. Ini membuat ponsel bekerja lebih seperti sekretaris manusia daripada smartphone.

AI Scene Detection 

Mode ini aktif secara default dan tidak dapat dimatikan. Dengan menggunakan algoritma khusus yang dikenal sebagai “model data AI”, sistem akan mendeteksi adegan atau subjek pemotretan dan menerapkan pengaturan ideal yang akan memberikan hasil terbaik.

Model data AI kamera dapat mendeteksi sampai 16 adegan dan subjek berbeda. Model data ini dibuat dengan mereferensikan ribuan foto stok yang disimpan di server ASUS. Seiring dengan berkembangnya koleksi foto, pengenalan model data menjadi baik dan meningkat seiring dengan pembaruan firmware dari smartphone.

Pembentukan data model AI untuk setiap adegan – model data AI untuk mendeteksi adegan dibangun menggunakan basis data foto yang disimpan di server Asus. Koleksi foto referensi ini terus berkembang untuk menyempurnakan akurasi dan kecepatan deteksi adegan AI.

Menggunakan data model AI ini, camera bisa menggunakan kemampuan AI milik prosesor Snapdragon 636’s untuk mengidentifikasi sampai 16 adegan foto. Misalnya, adegan yang terdeteksi langit, sunset, laut.  Lalu kamera akan mengaplikasikan setelan ideal yang diambil dari data model AI untuk adegan yang paling sesuai dengan subyek yang terdeteksi.

Cara kerjanya adalah basis data foto membuat Data Model untuk pengenalan subyek, Data Model diunduh ke ZenFone 5 bersama pembaruan firmware, Kemampuan pengolahan AI dari 636 menggunakan data model untuk mengidentifikasi subyek.

Komponen yang diubah/dioptimalkan oleh deteksi adegan AI antara lain: Temperatur warna, Kontras, Kecerahan, Kecepatan Rana, dan Waktu eksposur

AI Photo Learning 

Cara lain kamera menerapkan AI untuk menghasilkan foto yang diinginkan pemiliknya adalah melalui AI Photo Learning. Melalui fitur ini, perangkat menampilkan set foto kepada pengguna yang identik dengan foto yang diambil. Pengguna kemudian dapat memilih sesuai preferensi mereka.

Dengan cara ini, kamera AI akan mempelajari preferensi pengguna sehingga dapat mengetahui pengaturan terbaik untuk digunakan di masa mendatang. Kamera AI kemudian menjadi lebih selaras dengan selera dan preferensi pengguna karena lebih banyak foto disajikan untuk dipilih.

AI Photo Learning hanya berfungsi pada adegan dan subjek yang dipilih, dan pengaturan yang diambil dari AI Photo Learning mendapat prioritas lebih tinggi daripada metode dengan deteksi model data AI.

Asus ZenFone 5 hadir dengan fitur Real-time Beautification yang menggunakan teknologi AI untuk mendeteksi jenis kelamin subjek (manusia) dan menerapkan efek rias digital kepada subyek wanita.

Sistem ini merujuk lebih dari 2 juta kombinasi dari berbagai ras, warna kulit, usia dan jenis kelamin untuk menemukan pengaturan paling sempurna yang sesuai dengan subjek. Untuk warna kulit saja, ada lebih dari 100 nuansa berbeda yang dianalisis. Detail wajah pengguna akan ditangkap menggunakan pola pemindaian dengan 365 titik.

Proses beautification AI ini sangat cepat, dapat mengenali wajah subjek manusia hanya dalam 0,03 detik. Ia juga mampu dan menerapkan efek kecantikan dalam mode video untuk dipakai saat streaming melalui berbagai platform media sosial populer.

AI Portrait

ZenFone 5 memiliki mode AI Portrait canggih yang memungkinkan hasil bidikan orang atau benda tampak dihasilkan oleh kamera profesional. Efek latar akan dibuat buram (bokeh) dan dilakukan secara real time saat obyek dibidik. Mode ini dapat digunakan di salah satu dari tiga kamera di ZenFone 5.

Namun, ketika memotret dengan kamera belakang, efek ini menggunakan kedua lensa belakang secara bersamaan untuk menghutung persepsi kedalaman ruang agar lebih tepat. Penggunaan lensa ini akan membuat efek lebih akurat.

Potret Real-time juga menggunakan algoritma AI canggih untuk menghitung jarak subjek secara akurat sehingga potret tampak lebih alami. Teknologi AI yang mendeteksi informasi kedalaman ruang ini memungkinkan pengguna memilih antara enam intensitas pemburaman latar belakang dan efek buram bertahap (gradual).

AI Boost

Mungkin yang paling menarik dari fitur AI di Asus ZenFone 5 adalah AI Boost. Fitur ini memberikan peningkatan kinerja instan ketika diperlukan untuk menjalankan aplikasi yang menuntut sumber daya tinggi seperti game yang kaya grafis atau memutar video definisi tinggi. AI Boost secara otomatis mendeteksi apakah aplikasi telah diluncurkan, dan memberi pengguna opsi untuk mengaktifkannya. Ketika diaktifkan, ia menyediakan peningkatan kinerja sekaligus memonitor kesehatan dan stabilitas sistem.

Dengan AI Boost diaktifkan, prosesor Snapdragon 636 di ZenFone 5 akan meningkatkan kinerjanya sampai 12,7%, bahkan bisa mengalahkan kinerja ASUS ZenFone 4 yang menggunakan Snapdragon 660.

Kinerja

ASUS ZenFone 5 ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 636 64-bit, menawarkan performa dengan 8 CPU dengan kecepatan 1.8GHz dan RAM hingga 4GB. Sistem ini  dibangun di atas proses manufaktur 14nm (SD636) untuk kinerja baterai prima. Dipadu dengan grafis Adreno 509, ZenFone 5 dapat menjalankan aplikasi dan game yang berat dengan lancar.

Prosesor ini memiliki kapabilitas AI yang menggabungkan antara performa yang lancar dan responsif dengan daya tahan baterai yang kuat. Pada pengujian, ponsel ini mampu menjalankan aplikasi yang berat dengan sangat lancar. Asus ZenFone 5 juga memiliki konektivitas tanggun dimanapun berada.

Dengan Asus ZenFone 5, kita bisa menikmati performa aplikasi yang paling responsif. ZenFone 5 menggunakan AI learning untuk memprediksi aplikasi yang akan digunakan berikutnya berdasarkan kebiasaan. Teknologi ini memastikan aplikasi dapat dibuka dengan cepat, perpindahan dari 1 aplikasi ke yang lain selalu dilakukan dengan mulus.

Bagaimana dengan konektivitasnya? Kabar baiknya, Asus ZenFone 5 memiliki konektivitasi terkini dengan kecepatan tinggi, yakni LTE Cat 12 yang secara teori sangup melakukan download dengan kecepatan 600 Mbps. Tentu saja, kecepatan ini tergantung dari kualitas jaringan yang disediakan oleh operator. Sedangkan untuk Wi-Fi juga sudah mendukung Dual Band 2.4GHz & 5GHz.

Hal penting lainnya adalah ketahanan baterai. Dalam hal ini, Asus ZenFone 5 memiliki baterai 3300 mAh. Jika melihat kapasitasnya, terlihat standar saja karena sudah banyak yang bahkan mencapai 5000 mAh seperti Zenfone Max Pro. Namun ternyata baterai Zenfone 5 ini memiliki stamina yang kuat.

Dan pada saat kehabisan daya, terdapat teknologi ASUS BoostMaster yang dapat mengisi daya dengan cepat. Karena menggunakan teknologi AI-powered intelligent yang memaksimalkan daya tahan baterai dan menyediakan proteksi penuh. Teknologi ini  juga diklaim dapat membantu memperpanjang umur baterai.

Waktu standby sangat lama yakni sampai 22 hari. Berdasarkan pengalaman kami, ponsel ini mampu bertahan hingga dua hari untuk penggunaan normal.

Spesifikasi Asus Zenfone 5

asus zenfone 5
Klik pada gambar di atas untuk spesifikasi lebih detail

General

Device Type Smartphone
Model / Series ASUS ZenFone 5 (ZE620KL) - XooQD
Released 17 April, 2018
Status Available
Price IDR 4.299.000

Platform

Chipset Qualcomm® Snapdragon™ 636 Mobile Platform with 14nm,
CPU 4-bit Octa-core Processor with AI Boost
GPU Qualcomm® Adreno™ 509
RAM (Memory) 6GB LPDDR4X
Storage eMCP 64GB, micro SD Supports up to 2TB
Operating System Android 8 Oreo
User Interface New ASUS ZenUI 5

Design

Dimensions 153 x 76.5 x 7.7 mm
Weight 165 g
Design Features Color: Meteor Silver, Midnight Blue
Battery 3300mAh with fast charging
- AI & scheduled charging for battery protection
- 5 minutes charge for 2 hours talk time
- 38 minutes charge to 60% capacity
- Up to 22 days 4G standby
- Up to 25 hours 3G talk time
- Up to 13 hours video playback
- Up to 17 hours Wi-Fi web browsing

Network

Network Frequency GSM, WCDMA, TD-SCDMA, FDD-LTE, TD-LTE
FDD-LTE (Bands 1, 3, 5, 7, 8, 20)
TD-LTE (Band 40)
WCDMA (Bands 1, 5 8)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
SIM Dual SIM dual standby Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card, or the microSD card (supports up to 2TB) at a time
Data Speed LTE Cat13 UL up to 150Mbps / Cat12 DL up to 600Mbps DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42Mbps

Display

Screen Type Super IPS+ display
Size and Resolution 6.2-inch Full HD+ (2246 by 1080)
Touch Screen Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports glove touch)
Features - 90% screen-to-body ratio
- 550nits brightness
- 96% NTSC color gamut, supports DCI-P3
- Corning® Gorilla® Glass for best screen protection
- Bluelight filter for eye care
- Auto Color Temperature
- Smart Screen On

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear ony flagship IMX363 12MP dual pixel image sensor - 1/2.55" large sensor size, 1.4µm large pixel size
Front 8 MP, f/2.0, 24mm equivalent focal length in 35mm film camera
Flash LED Flash (rear), soft LED (front)
Video 4K UHD (3840 by 2160) video at 30 fps for main rear camera 1080p FHD video recording at 30 / 60 fps 720p HD video recording at 30 fps 3-axis electronic image stabilization for rear cameras Take still photo while recording video Slow Motion video (1080p at 120 fps / 720p at 240 fps) ZeniMoji: Live Emoji
Camera Features Main rear camera:
- F1.8 aperture
- 24mm equivalent focal length in 35mm film camera
- 6p lens
- 83° field of view
- Instant cameras switching
- 0.03 seconds phase-detection autofocus
- 4-axis, 4 stops optical image stabilization

AI Photography:

AI Scene Detection in 16 types: food, sky, green field, plant, ocean, sunset, snow, flower, stage, dog, cat, people, text, tripod, QR code, night view

AI Photo Learning

Real-time Protrait

Real-time Beautification

PixelMaster camera modes:

Auto (with Night HDR and Portrait)

Beauty

Pro (RAW file support / up to 32 seconds long exposure)

Super Resolution (48MP)

GIF Animation

Panorama

Time Lapse (with power saving mode)

8 various filters

Connectivity

Wi-fi WLAN 802.11 a/b/g/n/ac 2.4 & 5GHz
Bluetooth Bluetooth 5.0
USB Yes, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features Speakers:
- Dual speakers
- 5-magnet speaker with dual NXP Smart AMP for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output:
- Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard that is 4 times better than CD quality
- DTS (Digital Theater System) Headphone:X™ 7.1 virtual surround sound for headphone support

Audio CODEC integrated into PMIC

AudioWizard with listening profile

Microphone


Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology

FM Radio FM Receiver, FM radio
Web Browser HTML5 (Android Browser)
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face recognition, Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor, RGB sensor
Other In the box:

ZenFone 5 with Android™ Oreo™ and new ASUS ZenUI 5

ASUS ZenEar Pro Hi-Res earphone with microphone

Type-C USB cable

Ejector pin (SIM tray needle)

USB power adapter (10W)

Documentation (user guide, warranty card)

Clear soft bumper (optional)
Tinggalkan komen