Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Asus Zenfone Max Pro M2: Smartphone Gaming Midrange dengan Baterai Besar

Tren mobile gaming dimanfaatkan betul oleh Asus untuk mengkapitalisasi produknya. Pada 11 Desember, produsen teknologi asal Taiwan ini meluncurkan dua produk sekaligus, yaitu Asus Zenfone Max Pro M2 dan ROG Phone. Keduanya juga disebut sebagai smartphone gaming terbaik di kelasnya.

Jika ROG Phone digadang-gadang sebagai smartphone gaming kelas premium, maka Asus ZenFone Max Pro M2 menyasar di kelas mainstream sekaligus penerus dari ZenFone Max Pro M1 yang fenomenal itu. Khusus untuk produk Max Pro M2 ini, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah untuk peluncuran perdana di regional Asia Pasifik.

Pihak Asus Indonesia juga belajar dari pengalaman sebelumnya, dimana ZenFone Max Pro M1 mendapat predikat sebagai ‘smartphone gaib’ sebagai efek dari sulitnya ditemukan di pasar. Tidak hanya menghadirkan kualitas, spesifikasi, dan fitur perangkat yang telah ditingkatkan, ASUS juga memastikan metode distribusi yang lebih baik. Hal tersebut dilakukan agar konsumen bisa segera mendapatkan smartphone terbaru ini dengan mudah.

Daripada penasaran seperti apa kemampuan dari ponsel ini, yuk mari kita kupas satu per satu fiturnya pada review Asus Zenfone Max Pro M2 berikut ini.

Desain

Asus Zenfone Max Pro M2 backDibanding pendahulunya, ZenFone Max Pro M2 tampil berbeda. Jika di seri Max Pro M1 menggunakan casing belakang berbahan metal, kini  Max Pro M2 justru memilih casing yang terbuat dari akrilik bening menyerupai kaca dengan finishing glossy.  

Entah kenapa Asus memilih bahan tersebut. Padahal material berbahan metal jelas lebih kokoh dibanding akrilik yang bisa saja berpotensi retak. Walaupun mungkin telah dirancang sedemikian rupa agar lebih awet. Bisa saja ini untuk lebih menghemat biaya produksi.

Di sisi lain, dengan bahan akrilik memungkinkan untuk perancangan yang terlihat lebih bergaya dan eye catching. Bodinya dirancang ergonomis dengan desain bagian belakang menonjolkan sisi bulat “3D” dengan pola ombak (wave pattern) yang selain terlihat lebih keren, juga nyaman di genggam. Namun pengguna perlu lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan. Karena jejak jari yang kotor bisa membuatnya mudah terlihat kusam. Selain itu juga rawan tergores benda tajam.

Asus ZenFone Max Pro 2  tersedia dalam dua warna elegan: Midnight Blue dan Cosmic Titanium.

Layar

Asus Zenfone Max Pro M2 1Berlanjut ke area layar. Desain layar all-screen pada Asus ZenFone Max Pro M2 terbilang memukau. Layar berukuran 6,3″ resolusi FHD+ (2280 x 1080) yang berkualitas tinggi. Kualitas tampilan layarnya lebih baik dari generasi sebelumnya dengan color gamut NTSC hingga 94%, tingkat kecerahan hingga 450cd/m2, dan rasio kontras 1500:1.

Dengan modal layar tersebut, ZenFone Max Pro M2 cocok digunakan untuk menikmati beragam konten multimedia. Konten bisa terlihat lebih jelas, terang dan natural. Bermain game maupun menonton video menjadi lebih menyenangkan.

Namun lebih dari itu, ini adalah ponsel ZenFone pertama yang menggunakan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 6. Generasi terbaru Gorilla Glass ini memiliki ketahanan dua kali lebih baik dibanding Gorilla Glass 5 yang menurut teori, didesain untuk ketahanan banting setinggi 1 meter.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh pihak Corning, smartphone yang dilapisi Gorilla Glass 6 bisa bertahan hingga 15 kali uji jatuh dengan ketinggian satu meter. Performa ketahanannya setara dengan dua kali lipat dari Corning Gorilla Glass 5 yang merupakan seri sebelumnya.

Tapi terus terang saja, kami tidak mencoba untuk membantingnya setinggi. Karena sayang saja ponsel bagus-bagus dibanting. Hehhehe.

Kamera

Asus Zenfone Max Pro M2 camera

Asus melakukan peningkatan yang cukup besar di sektor kamera. Sistem kamera ganda di Asus ZenFone Max Pro M2 merupakan yang terbaik dari semua seri ZenFone Max. Sistem kamera di smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur AI Scene Detection yang sama seperti yang ada di seri ZenFone 5.

Asus ZenFone Max Pro M2 menggunakan sensor premium Sony IMX486 yang memiliki kepekaan lebih tinggi terhadap cahaya ketimbang sensor kamera lain sekelasnya. Sensor ini mampu menghasilkan gambar lebih nyata baik dalam kondisi terang maupun minim cahaya.

Ditambah dengan fitur Phase-detection Autofocus (PDAF) dan Electronic Image Stabilization (EIS), pengguna ZenFone Max Pro M2  bisa mengambil gambar yang lebih stabil. Walau tentu tidak bisa disandingkan kualitasnya dibandingkan dengan Optical Image Stabilization (OIS).

Agar bisa menghasilkan foto potrait yang cantik, kamera kedua ZenFone Max Pro M2 memiliki teknologi depth-sensing sehingga bisa menampilkan efek bokeh dengan sangat baik. Kamera ini juga bisa memberikan efek tajam pada bagian yang fokus serta efek blur pada background yang sangat natural.

Sedangkan untuk bagian depan, terdapat kamera 13MP dengan aperture F/2.0 yang bisa  mengambil foto selfie secara maksimal. Asus ZenFone Max Pro M2 dilengkapi dengan real time beautification dengan 3 level live beautification yang secara instan mengatur hasil foto, menghaluskan kulit Anda, seperti membuang jerawat, dan b mengubah warna kulit sehingga membuat Anda terlihat bersinar.

Hasil foto

Foto landscape

Gedung perkantoran

Hard Rock Cafe Jakarta
Bunga mekar
Makro

Foto indoor Pacific Place

Foto makanan

Foto malam hari SCBD

Foto malam hari Pantura

Selfie

FITUR

Berbeda dengan beberapa varian ZenFone yang menggunakan antarmuka ZenUI, Asus ZenFone Max Pro M2 lebih memilih menggunakan antarmuka stock Android alias apa adanya. Tampilan antarmuka Android yang dirancang Google ini memberikan pengalaman yang simpel dan intuitif, serta lebih efisien. Namun tentu kita tidak menemukan sejumlah kustomisasi atau fitur unik yang bisa didapatkan dari antarmuka custom.

Penggunaan antarmuka stock Android ini juga dipercaya membuat proses yang lebih efektif dan efisien, sehingga performanya lebih meningkat. Di mana tidak banyak bloatware maupun fitur tidak penting yang dimasukkan. Pun jika ada update sistem, relatif lebih cepat prosesnya. Untuk saat ini, sistem operasi yang dipakai adalah Android 8.1 di mana kabarnya akan mendukung pula Android 9.0. Kita tunggu saja update-nya.

Beralih ke konektivitas, ponsel ini sudah hadir dengan fitur triple-slot yang bisa mengakomodasi dua kartu SIM dan satu kartu MicroSD. Dua slot kartu SIM tersebut sudah mendukung teknologi 4G LTE (dual SIM / dual stancby). Sementara slot MicroSD memungkinkan penyimpanan tambahan hingga 2TB.

Kemudian dalam hal keamanan dan kemudahan akses, ZenFone Max Pro M2 memiliki sistem pengenalan wajah yang memungkinkan untuk mengakses ponsel hanya dengan melihatnya. Ada juga sensor fingerprint di bagian belakang yang posisinya mudah dijangkau saat memegang smartphone. Sensor sidik jari ini ini membantu membuka smartphone Anda hanya dalam waktu 0.3 detik.

Asus Zenfone Max Pro M2 juga dibekali dengan fitur multimedia yang mumpuni. Ponsel ini menggunakan lima magnet speaker dengan lapisan voice coil berbahan metal. Speaker tersebut dikontrol oleh teknologi NXP low-distortion smart amplifier sehingga mampu menghasilkan detail suara dengan kencang dan jernih.

Ponsel ini memanjakan telinga dengan kualitas audio pada speaker-nya yang handal. Tapi sayangnya, pada paket penjualan tidak disertakan hands-free. Sehingga kamu harus membelinya secara terpisah jika ingin mendengarkan musik secara lebih personal.

DAPUR PACU

Asus ZenFone Max Pro M2 ditenagai oleh System on Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 660 yang dibangun di atas arsitektur 14nm. Platform mobile tersebut sudah dilengkapi dengan AI Engine untuk performa yang lebih lancar. Didukung dengan RAM hingga 6GB, Snapdragon 660 diklaim memiliki peningkatan performa CPU hingga 11% dan performa GPU hingga 33% dari generasi sebelumnya.

Prosesor Snapdragon 660 dipastikan mampu menghadirkan performa superior ketika bermain game. Dan performa untuk gaming inilah salah satu yang paling ditonjolkan di ponsel ini. Dari pengujian secara singkat untuk memainkan game dan menjalankan beberapa aplikasi, termasuk video editor, Asus Zenfone Max Pro M2 mampu melakukan tugasnya dengan sangat baik dan lancar.

BATERAI

Performa baterai yang tahan lama sudah menjadi tradisi dari seri ZenFone Max sejak pertama kali hadir. Meski hadir dengan desain yang lebih ramping, Asus ZenFone Max Pro M2 tetap hadir dengan baterai ekstra besar berkapasitas 5.000 mAh.

Di atas kertas, dengan baterai tersebut, ZenFone Max Pro M2 mampu memiliki waktu standby di jaringan 4G hingga 35 hari. Baterai ini juga mampu menghadirkan pengalaman bermain game hingga 10 jam non-stop serta menonton TouTube selama 19 jam. Untuk penggunaan normal sehari-hari, ponsel ini sanggup bertahan hingga dua hari. Jadi tak perlu repot-repot membawa power bank lagi deh.

Kesimpulan

Dibanding seri sebelumnya, Asus ZenFone Max Pro M2 telah mengalami peningkatan yang sangat baik. Ponsel ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 yang menyajikan kinerja powerful, sangat cocok dipakai untuk gaming maupun aktivitas lainnya.  Begitupun dengan modal baterai besar 5000mAh yang  juga cocok untuk bermain mobile gaming atau menonton film dalam waktu yang lama.

Dalam hal durabilitas, perangkat pintar ini memakai Corning Gorilla Glass 6 pada bagian layar depannya yang tahan jatuh hingga ketinggian 1 meter. Namun kualitas casing bagian belakang menurun dimana sebelumnya memakai metal, tapi sekarang hanya akrilik. Selain itu, ponsel ini juga masih belum mendukung IP68 maupun STD MIL untuk memperkuat durabilitas.

Dengan harga yang bersahabat mulai dari Rp2,7 juta untuk varian RAM 3G/ROM 32GB, Rp 3.199.000 untuk varian 4GB/64GB dan Rp 3.699.000 untuk varian 6GB/64GB, ponsel ini adalah salah satu yang terbaik di kelasnya. Memberikan value for money yang sangat baik. Kendati demikian, ZenFone Max Pro M2 perlu bekerja keras untuk sukses di pasar. Karena kompetitor dari merek lain pun cukup kuat di sini.

Spesifikasi Asus ZenFone Max Pro M2

Zenfone Max Pro M2

General

Device Type Smartphone
Model / Series Asus ZenFone Max Pro M2
Released 11 Desember, 2018
Status Available
Price Rp 2.799.000 (3GB/32GB) Rp 3.199.000 (4GB/64GB) Rp 3.699.000 (6GB/64GB)

Platform

Chipset Qualcomm Snapdragon 660 Mobile Platform with 14nm
CPU 64-bit Octa-core Processor with Qualcomm AI Engine FinFET LPP (Low Power Plus) powersaving technology
GPU Qualcomm Adreno 512
RAM (Memory) LPDDR4X 3GB / 4GB / 6GB
Storage eMCP 32GB / 64GB, micro SD Supports up to 2TB
Operating System Android 8.1 Oreo (stock), support Android 9.0
User Interface Pure Android

Design

Dimensions 157,9 x 75,5 x 8,5 mm
Weight 175 g
Design Features Color: Cosmic Titanium, Midnight Blue
Battery 5000mAh capacity with fast charging
- Up to 35 days 4G standby
- Up to 45 hours 3G talk time
- Up to 23 hours Wi-Fi web browsing
- Up to 19 hours online video playback
- Up to 10 hours gaming

Network

Network Frequency GSM/GPRS/EDGE; WCDMA/HSPA+/DC-HSPA+; FDD-LTE; TD-LTE
FDD-LTE (Bands 1, 3, 5, 7, 8, 20)

TD-LTE (Band 40)

WCDMA (Bands 1, 5, 8)

GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), plus dedicated microSD slot. Both SIM card slots support 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
Data Speed LTE CAT5: UL 75 / CAT4 DL 150Mbps DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42Mbps 2CA support

Display

Screen Type Full View IPS display 2.5D curve glass
Size and Resolution 6.3-inch FHD+ (2280 by 1080)
Touch Screen Capacitive touch panel with 10 points multi-touch, (supports glove touch)
Features - Corning® Gorilla® Glass 6
- 90% screen-to-body ratio
- 94% NTSC color gamut
- 450nits brightness
- 1500:1 contrast ratio

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 12MP Sony® IMX486 image sensor + 5MP Depth sensing
Front 13 MP, softlight LED flash
Flash LED Flash (rear), soft LED (front)
Video 4K UHD (3840 by 2160) video recording for main rear camera 1080p FHD video recording at 30 fps 720p HD video recording at 30 fps 3-axis electronic image stabilization for front and rear cameras
Camera Features - Main camera: F1.8 aperture, 1.9x light sensitivity low light photos (compared with ZenFone Max Pro (M1), 27mm equivalent focal length in 35mm film camera, 6P lens, 0.03 seconds phase-detection autofocus
- Front camera: F2.0 aperture, 26mm equivalent focal length in 35mm film camera, Face recognition unlock

- Camera mode:
AI Photography

Connectivity

Wi-fi WLAN 802.11 b/g/n 2.4GHz; support Wi-Fi direct Bluetooth 5.0 Bluetooth HID Wi-Fi Display
Bluetooth Bluetooth 4.2
USB Yes, USB On-The-Go
GPS Yes, with GPS, GLO, BDS, GAL, QZSS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features -Speaker:
5-magnet speaker with NXP smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect
Audio Output

Audio CODEC integrated into PMIC

NXP smart amplifier

Microphone

Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology
- Audio Output
PMIC internal NXP smart amplifier

- Microphone
Dual microphones with ASUS Noise Reduction Technology

FM Radio Yes
Web Browser HTML5 (Android Browser)
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Damp finger recognition, Accelerator, E-Compass, Proximity sensor, Ambient light sensor, Gyroscope
Other In the box:
- ZenFone Max Pro with Stock Android™ Oreo™
- Micro-USB cable
- Ejector pin (SIM tray needle)
- USB power adapter
- Documentation (user guide, warranty card)
- Clear soft bumper
Tinggalkan komen