Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Laptop ASUSPRO P5440UA: Cocok untuk Pebisnis dengan Mobilitas Tinggi

Laptop bagi Business Traveller

Sebagai pemain terkemuka di industri komputer di Indonesia, varian produk yang ditawarkan ASUS ke pasar terbilang cukup banyak. Mereka punya seri Vivobook di kelas mainstream dengan desain keren, Zenbook yang mewah, E di kelas low-end, gaming dengan ROG dan TUF, dan tak ketinggalan seri PRO untuk bisnis. Seri yang disebut terakhir ini memiliki produk terbaru yakni ASUSPRO P5440UA.

Dibanding seri ASUS yang lainnya, ASUSPRO mungkin kalah populer. Karena bagaimanapun segmen pasarnya tidak sebesar kelas mainstream, namun segmen ini memiliki daya beli yang tinggi. Sehingga ASUS pun tak mau kehilangan peluang.

ASUSPRO P5440UA adalah laptop yang menyasar kelas menengah ke atas dengan kebutuhan kerja dan bisnis yang lebih dominan. Di segmen ini, konsumen biasanya tetap membutuhkan tampilan yang memikat, namun yang lebih penting adalah bagaimana perangkat tersebut menunjang kegiatan bisnisnya secara maksimal.

Pihak ASUS Indonesia menyebut, laptop ini hadir dengan bodi yang sangat ringkas untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis yang semakin dinamis. ASUSPRO P5440U menggabungkan mobilitas, performa, dan fleksibilitas, dengan penyimpanan berkecepatan tinggi untuk produktivitas maksimal.

Baiklah, tak perlu berpanjang lebar lagi, smari kita kupas tuntas perangkat teranyar dari ASUS tersebut. Simak review ASUSPRO P5440UA berikut ini.

DESAIN

ASUSPRO P5440UA merupakan laptop ultraportable dengan bobot paling ringan di kelasnya hanya 1,23 kilogram. Ditambah dengan desain elegan berwarna abu-abu, ASUSPRO P5440U akan membuat penggunanya selalu tampil layaknya seorang profesional.

Lekukan garis sudut pada ASUSPRO P5440UA terasa lebih tegas. Material aluminium dengan pilihan warna dof juga menambah kesan mewahnya. Dengan chassis yang dibuat dari paduan magnesium padat, ASUSPRO P5440 tipis dan ringan, namun cukup tangguh untuk mengatasi aktifitas Anda dalam perjalanan bisnis. Tak hanya ringan, laptop ini juga sangat tipis dengan ketebalan hanya 18,5 milimeter. Sehingga sangat ideal untuk dijadikan teman perjalanan bisnis.

Dan yang cukup membanggakan, laptop ASUSPRO P5440UA berhasil menggondol red dot award 2018 yang merupakan penghargaan bergensi tingkat global untuk desain produk.

DISPLAY

Maka kebutuhan layar mumpuni menjadi keharusan pada laptop ini. Karena ruang kerja yang beragam membuat paparan cahaya bisa berbeda di tiap kondisinya.

Bagusnya, Asus mengaplikasikan model panel layar LED anti-glare pada Asus Pro ini. Membuatnya jauh lebih nyaman digunakan. Anti-glare menjadikan layar tidak memantulkan cahaya silau dari arah belakang. Berbeda dengan seri Zenbook yang harganya di atas 20 juta, tapi pilihan layar biasa membuat pantulan sinar di layar membuat mata tidak nyaman.

Layar ASUSPRO P5440UA yang saya ulas kali ini memiliki ukuran 14 inci (rasio 16:9) FHD (1920×1080) 60Hz Anti-Glare Panel 72% NTSC dengan bukaan layar hingga 180°. Sementara untuk versi yang lebih rendah hanya memiliki persentase sebesar 45% NTSC, dengan resolusi HD 1366 x 768 piksel saja.

Kebutuhan grafis yang tertuang pada layar dihasilkan dari memori yang terintegrasi dengan Intel Graphic 620. Peruntukannya yang memang untuk bisnis, sepertinya membuat Asus tidak terlalu memaksimalkan kebutuhan display di laptop ini. Itu terlihat dengan adanya pilihan di rentang HD. Artinya Asus membuka opsi kepada kamu yang budget-nya tidak masuk untuk spesifikasi maksimal dari Asus Pro.

Urusan tampilan display yang didapat pada laptop cenderung aman, dan membuat siapapun penggunanya bisa fokus bekerja. Pun ketika dipakai untuk menyaksikan tayangan film atau video presentasi. Tampilannya clean memanjakan mata.

FITUR

Laptop di kelas harga belasan juta selalu menyiapkan fitur kerja yang lumayan baik. Utamanya terletak pada keberadaan fingerprint scan untuk melapisi keamanan pada laptop Asus Pro ini. Fitur keamanan tersebut bisa dibuat berlapis degan menyertakan pula kode pin serta password sehingga tidak setiap orang bisa mengakses laptop sembarangan. Apalagi bisa dimaklumi peruntukan laptop untuk bisnis dengan potensi banyak data penting di dalamnya.

Tak ketinggalan fitur lain bertajuk illuminated chiclet keyboard, atau sederhananya tombol yang bisa menyala. Manfaatnya tentu saja ketika hendak membuat laporan di tempat minim cahaya bisa dibantu lewat sinar yang datang dari bawah tiap huruf di keypad-nya. Sayangnya Asus tidak menyertakan tingkat pengaturan cahaya. Pilihannya hanya on dan off saja.

Oh ya, jangan lupa dengan layar yang mampu dibuka hingga 180°. Sejajar dengan permukaan keyboard. Meski sampai saat ini saya sendiri belum terlalu mengerti fungsi praktis dari konsep layar demikian. Tapi ada sisi keamanan ketika, misalnya tanpa sengaja kamu terlalu bersemangat membuka layar laptop hingga melebihi sudut kemiringan wajar. Mudahnya sih, jadi lebih aman saja.

Oke, sembari melanjutkan membaca artikel ini, kamu bisa menonton video review ASUSPRO P5440UA berikut ini:

Related Posts
1 daripada 43

PORT & KONEKTIVITAS

Menurut saya, jika dibandingkan brand laptop lain di kelas yang sama. Asus termasuk cukup irit menyematkan jumlah port dalam produknya ini. Hanya ada satu port USB type C (padahal sudah mulai banyak gadget yang memanfaatkan teknologi ini) dan dua untuk USB type 3.0. Kebutuhan multimedia dan audio bisa didapat melalui satu port HDMI dan mic/audio jack. Tak ketinggalan satu buat slot untuk kartu memori eksternal.

Sebagai gantinya, dalam paket pembelian baru Asus Pro, juga disertakan dongle bawaan. Terdiri dari port VGA yang dipasangkan lewat port USB type C. Dan port LAN yang bisa didapasang pada salah satu port USB 3.0 pada laptop. Kamu masih bisa mendapatkan pula SIM PRO dock yang memuat port tambahan dengan pilihan yang sama dari versi laptop.

Kebutuhan konektivitas nirkabel bisa didapat melalui beberapa pilihan yang lazim ditemui. Pertama tentu saja wireless LAN melalui Wi-Fi 802.11ac yang sudah teringrasi. Kemudian bluetooth versi 4.2 yang memiliki tingkat akurasi sinkronisasi lebih baik. Karena ini bukan laptop gaming, meski harganya mendekati, maka kamu tidak akan mendapat kemampuan Wi-Fi sangar ala ROG. Toh, memang tidak butuh juga koneksi yang ngebut, kan?

PERFORMA 

Apa yang diharapkan dari sebuah laptop kelas bisnis sudah bisa didapat pada Asus Pro. Kamu bisa menemukan prosesor i7 generasi ke-8 di dalamnya. Kamu bisa mendapatkan memori kerja 8 GB on board pula. Yang masih bisa diekspansi hingga 16 GB biar makin ngacir. Dan lagi masih ada memori penyimpanan lewat SSD berbentuk sebesar 512 GB. Puas lah, toh memang harganya mahal.

Kombinasi kerja dari perangkat di atas akan menghasilkan proses komputasi yang baik. Dengan opsi yang terbuka untuk melakukan upgrade perangkat sehingga kamu bisa mendorong kemampuannya jauh lebih optimal.

Walau tetap saja sebagai seorang reviewer saya melihatnya ada saja kekurangannya. Yap, sebenarnya Asus masih menyediakan satu slot untuk menempatkan memori penyimpanan HDD hingga 1TB. Masalhanya itu bersifat tambahan saja, dan slot tersebut masih kosong belum terisi. Saya sih yakin ada versi lain yang sudah menyertakan HDD, dan pastinya dengan harga yang lebih mahal.

Selain itu, bila kamu perhatikan, Asus tidak menyertakan kartu grafis yang terpisah. Kebutuhan kerja grafis untuk desain ataupun gaming masih memanfaatkan integrasi dari memori RAM yang ada. Agak disayangkan mengingat ekspektasi konsumen di tanah air yang masih sering menyelipkan gaming sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi ketika hendak membeli laptop. Memang kamu masih bermain game, tapi kan tidak maksimal jadinya.

Dan pada akhirnya hilite terbaik dari laptop semacam ini terletak pada kemampuan baterainya. Dibekali baterai berkapasitas 3-cell 50Wh Polymer, membuat AsusPro mampu bertahan hingga 10 jam lamanya. Ya, tentu saja dengan pengaturan dan pemanfaatan aplikasi tertentu saja. Tapi dengan daya sedemikian baik, tentu amat membantu kamu yang membutuhkan laptop dalam aktivitas keseharian. Minimal tak perlu risau untuk sering mencari colokan kabel.

KESIMPULAN

Asus Pro bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang mengaku sebagai business traveler. Menjalankan bisnis, kerja, tapi melakukannya secara mobile atau bahkan jalan-jalan agar muncul ide segar. Bobot menjadi faktor utama dalam memilih laptop ini. Tambahan pula desainnya yang menyabet gelar desain terbaik dari red dot award 2018.

Faktor penunjang lain tentu saja pada lengkapnya fitur yang sudah dimuat dalam Asus Pro versi tertinggi ini. Soal kartu grafis, agaknya pebisnis sibuk tidak akan ambil pusing bila tidak bermain game. Pada akhirnya hal tersebut akan segera dilupakan. Meski untuk kami yang kere-kere hore (saya dan kamu yang ngerasa), laptop multifungsi –gaming- tetap lebih diutamakan.

Terakhir adalah dongle, yang meski terlihat menjengkelkan karena harus menambah chekclist barang yang harus dibawa. Tapi fungsinya jelas akan sangat terasa, ketika hendak presentasi atau tiadanya akses WiFi.

So, kalau memang siap dengan uang sebesar Rp 17.849.000,- langsung saja kamu boyong gadget ini untuk menemani hari-hari kerjamu. Asyiknya lagi, laptop ini memiliki garansi global hingga 3 tahun. Jauh lebih lama dibanding laptop pada umumnya di angka 1 tahun saja. Pastinya bakal memberikan rasa aman kepada penggunanya.

Spesifikasi Laptop  ASUSPRO P5440UA

Klik pada gambar untuk spesifikasi lengkap

General

  • Device Type
    Laptop
  • Model / Series
    ASUSPRO P5440UA
  • Released
    27 Desember, 2018
  • Status
    Available
  • Price
    Rp17.849.000

Platform

  • Processor
    Intel® Core™ i7 8550U Processor
  • VGA (Graphic Card)
    Integrated Intel® CPU
  • RAM (Memory) RAM (Random Access Memory) is a type of computer memory that can be accessed randomly, any byte of memory can be accessed without touching the preceding bytes that allows information to be stored and accessed quickly from random locations. RAM is the most common type of memory found in computer systems, smartphones, tablets and other electronic devices.
    8 GB Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 16 GB SDRAM
  • Storage Internal Storage is a data storage space (flash memory) mostly used in smartphones, tablets and other electronic devices where operating system, apps, music, photos, videos, files and other user data Is stored.
    512GB SATA 3.0 M.2 SSD
  • Operating System OS => Every computer system run on a base software called Operating System (OS). Operating System controls all basic operations of the computer (such as smartphone, PDAs, tablet computers and other handheld devices). The Operating System allows the user to install and run third party applications (apps), apps are used to add new functionality to the device.
    Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro.

Body

  • Dimensions
    326 x 229.3 x 10.1 ~18.5 mm (WxDxH)
  • Display
    14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 72% NTSC with wide 178° viewing angles
  • Battery
    3 -Cell 50 Wh Polymer Battery

Connectivity

  • Webcam
    Yes
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    Bluetooth® 4.2
  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Integrated 802.11ac (2x2)
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • I/O Interface
    1 x Microphone-in/Headphone-out jack
    1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1) with display and power delivery support
    2 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1)
    1 x HDMI 1.4
    1 x Fingerprint reader
    1 x AC adapter plug

Other

  • Audio
    Built-in 2 W Stereo Speakers with Array Microphone Supports Windows 10 Cortana
  • Features
    BIOS user password protection
    HDD user password protection
    TPM (Trusted Platform Module)
    Fingerprint reader
82%
Awesome

Pilihan tepat, untuk bisnis lebih hebat.

  • Design
  • Display
  • Features
  • Connectivity
  • Battery
  • Performance
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: