Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Monitor BenQ Mobiuz EX2710: Visual Menawan, Fitur Super Lengkap

2 1.800

Untuk tim “mending rakit PC” atau yang memilih PC untuk bermain gim, tentunya penting bagi mereka untuk melengkapi gaming rig atau perangkatnya dengan monitor yang berkualitas. Karena selain performa, pengalaman mengakses aplikasi maupun bermain gim akan meningkat ketika monitor yang digunakan dapat hasilkan visual yang memukau. Bertatapan langsung dengan kita dalam durasi waktu yang lama tiap harinya.

Salah satu produsen elektronik yang juga dikenal dengan monitor terbaiknya, BenQ hadirkan sebuah produk yang dikhususkan untuk para gamer, yaitu BenQ Mobiuz EX2710. Tergolong kelas premium atas harga jualnya yang tidak murah. Fitur yang ditawarkan saya bilang cukup banyak, atau mungkin kebanyakan sampai-sampai tak hanya cocok bagi para gamer, alias sangat versatile.

Apakah banyaknya fitur yang dihadirkan membuat monitor ini layak beli? Berikut adalah ulasan kami tentang monitor gaming BenQ Mobiuz EX2710.

Desain

Layar BenQ Mobiuz EX2710

Tak hanya laptop gaming saja, monitor gaming pun pada umumnya didesain dengan sudut-sudut tajam atau lengkungan yang cukup mendominasi. Nah, menurut saya, BenQ menggunakan pendekatan yang sedikit berbeda pada monitor ini. Pasalnya, secara desain, BenQ Mobiuz EX2710 terlihat biasa saja, setidaknya di bagian layarnya.

Ketiga bezel atas, kiri dan kanannya dibuat sangat tipis, sementara bawahnya sedikit lebih tebal dengan logo BenQ serta fitur unggulannya yaitu HDRi, yang bakal kami bahas di bagian akhir. Bagian belakangnya juga cukup minimalis, tak banyak ornament garis atau lengkungan lainnya. Mungkin bagi sebagian orang, jadi kurang “terlihat” seperti sebuah monitor gaming.

 

BenQ Mobiuz EX2710

Namun menurut saya, desainnya bagus dan mudah untuk dipasangkan dengan beragam latar atau interior ruangan. Kesan gaming-nya masih cukup dominan kok, lewat stand berbentuk segitiga di bagian bawah yang berikan aksen warna oranye. Memasang perangkat ini sangatlah mudah, bahkan BenQ Mobiuz EX2710 berikan sistem mounting praktis di mana kamu bisa atur ketinggian hingga empat sudut lainnya (tilt & swivel) hanya dengan menggunakan satu tangan.

Kelengkapan Port

Port BenQ Mobiuz EX2710

Untuk menghubungkan monitor BenQ Mobiuz EX2710 dengan CPU ataupun laptop, bisa menggunakan dua opsi yaitu lewat port HDMI 2.0 atau Display Port 1.2. Total terdapat dua port HDMI pada bagian belakang monitor, yang juga sejajar dengan audio jack dan input untuk power.

Dalam paket pembelian, sudah disertakan sebuah kabel HDMI to HDMI dengan panjang 1,5 meter. Agar peletakan kabel tidak semrawut, BenQ sediakan sebuah tutup plastik untuk sembunyikan bagian port, dan kabel bisa diteruskan ke dalam sebuah lubang yang ada pada tiang atau mounting di belakang bawah. Dengan begitu, akan tetap terlihat rapih dari sudut manapun.

Layar

BenQ Mobiuz EX2710

Masuk ke bagian paling penting dari perangkat monitor ini, yaitu layarnya. Untuk spesifikasinya, BenQ Mobiuz EX2710 punya dimensi panel 27 inci IPS 99% sRGB, dengan resolusi full HD dan dukungan refresh rate hingga 144 Hz. Dimensi ini rasanya menjadi salah satu yang paling pas untuk kebutuhan gaming, sementara resolusinya meski tidak 4K, sudah sangat cukup.

Panel IPS membuatnya terlihat cukup vibrant dengan viewing angle lebar, dan permukaan matte dapat meminimalisir pantulan cahaya sekitar ruangan, sehingga layar tetap terlihat bersih. Sementara refresh rate tinggi membuat elemen yang bergerak bakal terlihat jauh lebih halus, terutama kalau dibandingkan dengan monitor 60Hz. Tak hanya saat main gim saja, bahkan sekadar scroll halaman web pun bakal terasa.

Memang resolusinya tak sampai 4K, tapi setidaknya full HD pun sudah sangat cukup, dan juga bisa meringankan beban prosesor pada CPU atau laptop yang dipasangkan. Masih ada beberapa fitur lain yang disediakan monitor ini, membuatnya juga nyaman bagi Gizmo friends yang lebih sering berkutat dengan dokumen.

Fitur Gaming

Fitur BenQ Mobiuz EX2710

Agar dapat tingkatkan pengalaman bermain gim, BenQ berikan tiga fitur “image optimizers” yang bisa membuat peluang untuk menang dalam bermain lebih tinggi. Ketika fitur tersebut adalah Light Tuner, Color Vibrance dan Black eQualizer.

Pada dasarnya, fitur Light Tuner memungkinkan Gizmo friends untuk tingkatkan kontras dalam gim, sangat berguna di scenario di mana tampilan visual pada gim terlihat gelap. Ada 20 tingkatan yang bisa dipilih, mulai dari -10 hingga +10. -10 cocok untuk skenario visual yang terang seperti area salju, agar elemen terlihat lebih kontras. Sementara +10 cocok di medan perang dengan visual gelap, supaya objek/musuh lebih terlihat.

BenQ Mobiuz EX2710

Lalu sebagai cara untuk membuat musuh dapat terlihat meski sedang bersembunyi di balik kabut atau area hutan, di mana background akan disesuaikan warnanya secara otomatis. Dan sesuai Namanya, Black eQualizer memungkinkan kita untuk tingkatkan kecerahan warna hitam, tanpa membuat warna lain menjadi terang berlebihan (over-exposure).

Ketiga fitur tersebut dapat dikombinasikan dan diatur sesuai dengan selera pemain. Yang pasti, bakal cocok untuk para gamer yang bermain gim dengan visual memukau plus kombinasi skenario medan cerah dan gelap seperti pada gim Death Stranding, COD: Modern Warfare hingga Final Fantasy VII Remake.

Dan yang juga sangat penting untuk gamer adalah hadirnya response time 1ms, agar bisa tampilkan pergerakan objek secara presisi terutama saat bermain gim FPS, tingkatkan akurasi membidik. Dipadukan dengan dukungan AMD FreeSync Premium yang bisa eliminasi screen tearing, bermain menggunakan monitor ini sungguh nyaman.

Fitur Lainnya

BenQ Mobiuz EX2710

Seperti yang terlihat pada sebuah logo di bawah kanan monitor, perangkat ini punya teknologi khusus yaitu HDRi. Fitur ini dapat berikan visual berkualitas HDR secara real-time, terus menganalisa konten yang ada di layar dan tingkatkan detil seperti warna, kejelasan hingga kontras.

Joystick BenQ Mobiuz EX2710

Ada beberapa preset yang disediakan oleh BenQ, bisa dikendalikan secara mudah lewat joystick lima arah di bodi belakang kanan BenQ Mobiuz EX2710. Selain beragam preset khusus gaming, ada sebuah preset yang saya temukan menarik, yaitu e-paper. Saat dipilih, tampilan visual jadi lebih hangat dan cocok ketika digunakan untuk akses dokumen seperti e-book.

BenQ Mobiuz EX2710

Supaya tidak membuat mata lelah, ada tiga fitur yang hadir khusus untuk eye care atau keamanan mata; Flicker Free untuk menghilangkan kerlipan (flickering), Low blue light untuk mengurangi radiasi sinar biru yang berbahaya pada mata, dan Brightness Intelligence Plus. Fitur terakhir bisa mengatur temperatur warna otomatis sesuai pencahayaan ruangan, melalui sensor yang ada di bawah monitor.

Dengan tiga fitur khusus tersebut, ditambah sertifikasi dari TUV Rheinland, dijamin dapat mencegah timbulnya mata lelah hingga sakit kepala ketika memandang monitor ini berlama-lama.

Oh ya, monitor ini juga sudah dilengkapi dengan dua speaker, masing-masing dengan tenaga 2,5 watt. Keluaran suaranya cukup memukau untuk ukuran speaker bawaan, clarity-nya bagus dengan bass yang tidak terlalu dominan namun masih terdengar. Melebihi ekspektasi awal saya akan kualitas suara speaker bawaan monitor.

Kesimpulan

BenQ Mobiuz EX2710

Seperti yang saya bilang sebelumnya, monitor ini punya fitur yang sangat lengkap, tak sekadar punya refresh rate tinggi dan response time singkat saja. Ada pelengkap lain seperti HDRi dengan banyak preset pilihan, serta fitur untuk permudah proses main game seperti Black Equalizer yang bisa cerahkan visual.

Desainnya juga relatif minimalis, meski bagian ini sangat subyektif alias sesuai selera masing-masing. Membawa banyak fitur, tentu saja juga berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. BenQ Mobiuz EX2710 ditawarkan dengan harga Rp5,9 juta.

Kalau harga tersebut dirasa kemahalan, tersedia juga opsi Rp4,9 juta untuk varian EX2510 yang miliki layar 24,5 inci dengan fitur-fitur sama persis. Bila Gizmo friends memang mencari monitor yang versatile, cocok untuk gaming maupun membuat konten, tak ada salahnya untuk pertimbangkan yang satu ini.

Info dan cek harga BenQ Mobiuz EX2170 di
 BenQ  Tokopedia Shopee

Spesifikasi BenQ Mobiuz EX2710

Display Area 597,6 x 336,15mm
Display Size 27″
Aspect Ratio 16:9
Max. resolution 1920 x 1080
Max Refresh Rate 144 Hz
Panel IPS
Typ. Brightness 400
Typ. Contrast 1000:1
Response time 1ms  (MPRT) / 2ms (GTG)
Dynamic Contrast Ratio 20M : 1
Display Colors 16,7 M
Color Bit & Gamut 8-bit, 99% sRGB
I/O HDMI 2.0 * 2 / DP1.2 / Headphone Jack
Bits 6bit + Hi-FRC
Dimension (HxWxD mm) 614,10 x 216,65 x 539,59 mm
Accessories included •Power cord (1,5m)

•HDMI (1,5m)

Net weight 6,2 kg
Net weight (w/o stand) 4 kg
Gross weight 8,5 kg
Warranty 3 years
Price Rp5,9 juta

Review BenQ Mobiuz EX2710
8.3 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (0 votes)
Design8
Display8.5
Port8
Features8.5
Pros
- Desain modern & minimalis
- Pengaturan sudut layar mudah
- Refresh rate 144Hz & response time 1ms
- Akurasi warna 99% sRGB
- Profil khusus permudah main game
Cons
- Resolusi bukan yang tertinggi
- Tanpa port USB tambahan
Summary
Dengan desain minimalis, monitor ini punya fitur sangat lengkap, tak sekadar punya refresh rate tinggi dan response time singkat saja. Ada pelengkap lain seperti HDRi dengan banyak preset pilihan, serta fitur untuk permudah proses main game
Review Pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User Avatar User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan BenQ Indonesia

2 Komen
  1. […] Review Monitor BenQ Mobiuz EX2710: Visual Menawan, Fitur Super Lengkap […]

  2. […] Review Monitor BenQ Mobiuz EX2710: Visual Menawan, Fitur Super Lengkap […]

Tinggalkan Balasan