Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review D-Link Smart Plug DSP-W215: Cara Pintar dan Aman Menghemat Listrik

0 355

Banyak cara mengontrol konsumsi listrik agar biaya bulanan tidak mahal. Salah satu cara terpintar adalah dengan memanfaatkan teknologi dari D-Link Smart Plug. Sesuai namanya D-Link Smart Plug merupakan perangkat berupa plug-in connector seperti adaptor tanpa kabel yang dicolokkan ke stop kontak.

Sebenarnya, D-Link punya beberapa tipe untuk lini produk ini, tapi Gizmologi mencoba salah satu darinya, yakni yang bertipe DSP-W215. Penggunaan dari perangkat ini begitu mudah, bahkan buat yang belum pernah mencobanya.

D-Link Smart Plug DSP-W215Hanya yang utama dilakukan adalah dengan menginstal aplikasi mydlink Home dari Google Play Store atau Apple App Store agar perangkat terhubung dengan smartphone atau tablet.

Begitu terinstal, saya hanya perlu mendaftarkan diri dan melakukan set-up perangkat dengan langkah yang mudah. Dimulai dengan melakukan memindai perangkat pada barcode yang ada di belakang bodinya, kemudian menghubungkannya dengan koneksi Wi-Fi baik secara manual atau via Wi-Fi Protected Set-up (WPS).

Untuk mengetahui apakah perangkat sudah terhubung dengan smartphone, ada lampu LED sebagai indikator yang akan berwarna hijau. Ketika lampu LED menyala dengan warna merah ketika di-reset dan berwanra jingga pada saat set-up untuk pertama kalinya atau belum terhubung.

Setelah terhubung, saya bisa mengatur kapan perangkat D-Link Smart Plug hidup atau mati dalam durasi yang sesuai keinginan baik itu dalam jam hingga hari. Perangkat plug-in timer ini cocok buat kita yang suka mengisi ulang baterai smartphone sampai ketiduran. Dengan begitu kita terhindar dari potensi boros daya listrik, kerusakan baterai smartphone, hingga kebakaran karena overheat.

 

Secara keseluruhan untuk menghubungkan perangkat ini ke smartphone tidak perlu memakan waktu yang lama. Setelah aplikasi mydlink Home terinstal, setidaknya dibutuhkan waktu 5 menit untuk bisa segera menggunakannya. Tahapapan instalasi juga mudah dipahami. Jadi, tidak ada istilah terlalu gaptek untuk menggunakan perangkat ini, Gizmolovers!

D-Link Smart Plug DSP-W215

Ketika menggunakan perangkat ini, saya selalu melakukan setting waktu 2 jam untuk pengisian baterai smartphone sebelum tertidur. Jadi ketika bangun tidur, saya bisa mendapatkan smartphone dalam kondisi baterainya penuh tanpa harus menghamburkan daya selama saya tidur. Penghematan yang pintar bukan?

D-Link Smart Plug DSP-W215 (2)

Dibanderol sekitar Rp 500 ribuan, D-Link Smart Plug DSP-W215 mungkin bukan perangkat yang terbilang murah. Namun, jika dilihat dari manfaat jangka panjangnya yang mampu menghemat pengeluaran listrik serta memberikan keamanan terhadap penggunaan listrik di rumah, tentu saja rupiah yang dikeluarkan untuk membeli perangkat ini jadi investasi yang bermanfaat.

 

73%
Awesome
  • Desain
  • Penggunaan
  • Harga