Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review MSI Modern 14: Hampir Sempurna untuk Kreator Konten

2 7.000

Mungkin sejak tahun 2019, kita sudah jauh lebih umum untuk mengenal term ‘kreator konten’. Bisa dianggap sebagai hobi maupun pekerjaan, yang dilakukan oleh mereka, ya, sesuai Namanya, yaitu membuat konten. Menggunakan beragam jenis perangkat, termasuk salah satu yang paling umum yaitu komputer.

Kalau dulu mungkin jenis laptop umumnya dikategorikan untuk pengguna kasual, gamer atau pebisnis. Namun sekarang, lebih banyak produsen yang menargetkan PC atau laptop mereka untuk kreator konten. Salah satunya adalah MSI, lewat salah satu produk laptop terbarunya yaitu MSI Modern 14.

Sejujurnya, saya kaget Ketika pertama kali melihat laptop ini. Karena setahu saya, laptop MSI biasa dikenal dengan seri gaming high-end, yang biasanya punya desain eksentrik dan sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan laptop konsumer biasa. Namun MSI Modern 14 menepis semua dugaan awal saya.

Selama kurang lebih tiga minggu penggunaan, saya sangat puas dengan kinerjanya. Tentunya cocok untuk segmen pasar yang dituju, menawarkan fitur yang hamper lengkap. Sayangnya, ada dua kekurangan yang bagi saya cukup mengganggu, dimana salah satunya cukup krusial. Apakah kekurangan tersebut akan juga berarti bagi Gizmo friends? Berikut adalah pengalaman saya menggunakan MSI Modern 14 A10RB.

Desain Stylish MSI Modern 14

Desain MSI Modern 14

Tipis, kokoh dan premium. Saya tidak mengira kalau bakalan bisa terkesima dengan desain sebuah laptop rilisan MSI. MSI Modern 14 punya perpaduan desain yang nggak kalah dengan laptop premium lainnya. Bagian luarnya memiliki aksen metalik, dengan tekstur rambut (hair-brushed) yang cukup menarik. Terasa kokoh ketika dipegang, baik bagian belakang layar sampai bodinya.

Ketebalan MSI Modern 14

Meski punya performa tinggi, laptop ini hanya memiliki bobot kurang dari 1,2 kilogram, dengan ketebalan 15,9mm, lebih tipis dari powerbank saya sekalipun. Meski begitu, MSI masih hadirkan konektivitas lengkap di sisi sampingnya, dengan dua lubang angin pada bagian belakangnya.

Memang, laptop ini masih belum bisa dibuka hanya dengan satu tangan. Namun setidaknya tetap terasa kokoh meski saya angkat satu tangan dari sudut pinggir tertentu. MSI juga melengkapi Modern 14 dengan sleeve case yang cukup premium. Membuatnya terlihat seperti ultrabook mewah.

Keyboard MSI Modern 14

Papan ketik atau keyboardnya juga punya warna yang sama dengan bodi, dilengkapi lampu backlit dua tingkatan. Meski key travel tidak sedalam laptop standar, hanya perlu waktu singkat bagi saya untuk membiasakan mengetik cepat pada perangkat ini. Bidang touchpad-nya sedikit kecil, namun masih cukup untuk bernavigasi dengan responsivitas yang baik.

Layar

Layar MSI Modern 14

MSI mengunggulkan teknologi layar yang digunakan pada seri Modern 14 ini. Dengan luas 14 inci, bezel di ketiga sisinya dibuat sangat ramping, sehingga secara keseluruhan terasa seperti membawa laptop 13 inci standar. Resolusinya sudah full HD, menggunakan panel IPS-level dengan viewing angle yang lebar.

Permukaannya dibuat matte sehingga tidak memantulkan cahaya. Dan ditargetkan untuk kreator konten, layar MSI Modern 14 mampu tampilkan akurasi warna mendekati 100% sRGB. Akurasi warna layar memang sangatlah penting, agar file foto atau video yang kita olah atau edit akan tampil seperti yang kita inginkan secara akurat. MSI berikan perangkat lunak khusus untuk berikan 6 mode layar, termasuk mode bekerja dan lainnya.

Bezel MSI Modern 14

Layar ini dapat dibuka hingga 180 derajat. Meski belum mendukung input sentuh, saya cukup puas dengan kualitasnya. Hanya saja, brightness atau tingkat kecerahannya sangat kurang untuk penggunaan luar ruangan, atau penggunaan di dalam kantor dengan jendela besar yang membiarkan sinar matahari siang hari masuk. Bahkan lebih redup dari laptop yang gunakan sejak 2014. Selama digunakan di dalam ruangan sih tidak ada masalah.

Port dan Konektivitas

Konektivitas MSI Modern 14

Meski didesain tipis, MSI tetap menyediakan konektivitas yang lengkap untuk seri Modern 14 ini. Sehingga kamu tidak perlu membawa dongle tambahan, atau bergantian colok portable drive maupun perangkat lainnya.

Di sebelah kanan, terdapat dua port USB-A serta satu port USB-C, slot kartu SD serta Kensington lock. Sementara di sebelah kiri ada port pengisi daya, port HDMI full-size, satu lagi port USB-C dan audio combo 3,5mm. Seluruh port-nya sudah gunakan standar USB 3.1 Gen 1, namun masih belum bisa untuk isi daya ya.

Dengan Bluetooth 5.0, memasangkan perangkat dengan berbagai earphone TWS yang saya punya tidak ada masalah, konektivitas lancar. Begitu punya dengan Wi-Fi Intel Wireless-AC 9560 yang dibawanya, mampu menangkap sinyal dari berbagai provider Wi-Fi umum dengan lancar.

Sedikit kekurangan yang saya rasakan adalah absennya tombol Fn di sebelah kiri, alias hanya ada satu di kanan. Selain itu, varian ini belum dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk keperluan login Windows Hello. Sehingga setiap kali saya menyalakannya, harus memasukkan PIN atau password.

Performa

MSI Modern 14 - Benchmark
Hasil benchmark (kiri) serta kecepatan SSD NVMe (kanan) MSI Modern 14.

Sebelum membahas performa saat menggunakan laptop MSI Modern 14 ini, mari kita bedah spesifikasi hardware-nya terlebih dahulu. Varian yang kami ulas ini memiliki seri MSI Modern 14 A10RB, menggunakan CPU Intel Core i5-10210U Comet Lake 1.6GHz (dengan Turbo Boost hingga 4.2GHz). Untuk pengolahan grafis, disediakan GPU dedicated, NVIDIA Geforce MX250 2GB DDR5.

Kapasitas RAM-nya sudah cukup besar di 8GB, gunakan jenis DDR-2666. Pengguna dapat meningkatkan kapasitasnya hingga 32GB, namun harus mengganti RAM bawaan alias slotnya hanya satu. Penyimpanannya juga sudah gunakan SSD NVMe PCIe, cukup luas di 512GB.

Mungkin saya tidak terlalu menampilkan banyak hasil benchmark dari laptop ini. Namun yang pasti, MSI Modern 14 dapat melibas seluruh kebutuhan saya dengan lancar. Membuka puluhan tab di Microsoft Edge, aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel dan Outlook, aplikasi editing foto ringan dan editor video seperti Filmora, semua bisa berjalan dengan lancar.

MSI Modern 14 - Creator Center

Bagi kamu pengguna aplikasi seperti Photoshop, Lightroom, AutoCAD atau aplikasi pembuat konten lainnya, MSI sediakan sebuah software khusus yang dapat mendeteksi dan mengoptimalkan jalannya aplikasi-aplikasi khusus content creation. Selain itu, juga ada aplikasi untuk mengatur performa, seperti high performance yang cocok untuk digunakan sembari kerja, atau hemat daya ketika harus bepergian dan ingin utamakan daya tahan baterai. Maka MSI Modern 14 akan prioritaskan penggunaan kartu grafis dedicated.

Sementara untuk gaming, saya mencoba untuk install The Sims 4 pada perangkat ini. Dengan setting grafis default medium, saya masih bisa mengubahnya ke setting high dan memainkannya secara lancar. Menjadi laptop yang cukup tipis, saya awalnya sedikit khawatir akan terjadinya throttling atau suhu panas berlebih ketika menjalankan beberapa aplikasi sekaligus atau nge-game.

Cooler Boost 3 MSI Modern 14

Namun Gizmo friends tak perlu khawatir, karena MSI gunakan teknologi Cooler Boost 3 pada seri Modern 14 A10RB ini. Di bagian belakang, terdapat dua lubang keluaran angin yang berfungsi untuk mengakomodir dua kipas di dalamnya, dengan total tiga heat pipe. Posisinya cukup pas bagi saya, daripada disembunyikan di antara engsel yang terkadang panasnya bisa sampai ke bagian atas keyboard.

Saat bekerja maksimal, suara kipasnya mungkin akan terdengar cukup lantang, seolah seperti mesin pesawat yang sedang lepas landas. Suhu panas akan terasa di bawah bagian atas kanan keyboard. Sesekali kipas ini memutar kencang meskipun hanya saya gunakan untuk nonton Netflix saja, namun selebihnya tidak ada keluhan yang berarti.

Fitur Lain

Gaming di MSI Modern 14

MSI Modern 14 hadir dengan sistem operasi Windows 10 Home single language. Selain dapat digunakan untuk membuat konten dengan maksimal, laptop ini juga cukup nyaman digunakan untuk media hiburan. Layarnya yang dapat diputar hingga 180 derajat serta viewing angle lebar bikin nyaman buat nonton Netflix.

Oh ya, jangan terkecoh dengan model grille yang ada di atas keyboard ya. Speakernya bukan di situ, melainkan ada di bawah, masing-masing di kiri kanan dengan output 2 watt. Kualitasnya biasa saja, sedikit kurang kencang dan tidak terasa bass-nya.

Lalu ada satu kekurangan yang menurut saya cukup fatal pada laptop ini, terutama di situasi dimana kita harus lebih sering melakukan virtual meeting atau panggilan video lewat Zoom, Microsoft Teams, Skype dan lainnya. MSI punya webcam beresolusi HD yang kualitasnya sebenarnya cukup. Malah bisa dinonaktifkan secara hardware lewat pintasan pada keyboard-nya, sehingga tak perlu lagi menutupnya dengan stiker.

Webcam MSI Modern 14

Yang menjadi masalah adalah peletakannya yang ada di bagian bawah layar. Ya, memang, bezel atasnya dibuat sangat tipis. Tapi beberapa laptop terbaru dengan bezel tipis saat ini juga masih bisa mengakomodir webcam, kok. Sementara kalau di bawah, posisinya tidak bisa dibuat benar. Mau layar dibuka agak ke atas, tampilan masih kurang pas.

Terutama ketika kita melakukan panggilan video sembari mengetik, maka jari-jari kita akan mendominasi tampilan tangkapan webcam MSI Modern 14. Sedikit cara mengatasinya adalah dengan menggunakan laptop stand supaya jadi agak lebih tinggi, walaupun masih belum maksimal.

Baterai

MSI Modern 14 miliki baterai 4 cell dengan kapasitas 3,290 mAh. Dengan performanya yang tinggi ditambah desainnya yang ramping, tentu saya awalnya tidak berharap banyak dengan daya tahan baterai yang ditawarkan. MSI sendiri mengklaim jika laptop ini punya all day battery—10 jam penggunaan rata-rata.

Sesuai dengan penggunaan saya yang hampir selalu menggunakan full brightness dengan backlit keyboard menyala, laptop ini memang benar bisa tahan seharian. Yah kira-kira bisa nyala 8-9 jam, bakal lebih maksimal ketika gunakan mode hemat daya. Saya bisa dengan pede membawa laptop ini tanpa charger.

Pengisian dayanya cenderung biasa saja. 30 menit bisa capai 31%, 60 menit 58%, sementara hingga penuh membutuhkan waktu 2 jam lebih sedikit. Dan seperti yang saya singgung sebelumnya, laptop ini belum mendukung pengisian melalui port USB-C, sekalipun gunakan charger 65W.

Kesimpulan

Logo MSI Modern 14

Secara keseluruhan, menggunakan laptop ini sangat menyenangkan. MSI Modern 14 hampir memiliki segalanya yang dibutuhkan oleh para kreator konten. Namun dengan desain yang tipis, portabel serta daya tahan baterai cukup awet, laptop ini juga cocok untuk para pebisnis atau pengguna kasual yang selalu mobile.

Dengan harga Rp11 jutaan dan jaminan garansi hingga 2 tahun, spesifikasi yang ditawarkan bisa dibilang sepadan. Meski memilliki beberapa kekurangan minor seperti pada bagian layar dan fitur keamanan. Serta, keberadaan webcam yang hampir kurang fungsional. Jika faktor tersebut tidaklah krusial untuk kebutuhan Gizmo friends, maka MSI Modern 14 bisa dijadikan pilihan terbaik.

Spesifikasi MSI Modern 14 A10RB

MSI Modern 14
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lengkap

General

Device Type Laptop
Model / Series MSI Modern 14 A10RB
Released 13 Desember, 2019
Status Available
Price Rp11.999.000

Platform

Processor Intel Core i5-10210U 10th Gen
VGA (Graphic Card) NVIDIA Geforce MX250 2GB DDR5
RAM (Memory) 8GB DDR4
Storage 512GB NVMe PCIe SSD
Operating System Windows 10 Home

Body

Dimensions 322 x 222 x 15.9 mm
Display 14 inci FHD IPS-level (1920x1080)
Almost 100% sRGB
Battery 4-cell 3.290 mAh
Up to 11 hours
65W AC adapter

Connectivity

Webcam HD 720p 30fps
Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices. 5.0
Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world. 802.11 ac
NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
I/O Interface 1x SD (XC/HC) Card Reader
1x (4K @ 30Hz) HDMI
2x Type-C USB3.2 Gen1
2x Type-A USB3.2 Gen1

Other

Audio 2x 2W Speaker
Features Backlight Keyboard (Single-Color, White)
Color: Carbon Grey, Silver

Cek harga laptop MSI di

Tokopedia Blibli Bhinneka.com Lazada SHOPEE

87%
Good value

Review MSI Modern 14 A10RB

Performa yang kencang, daya tahan baterai prima, serta desain tipis dan ringan adalah fitur yang membuat MSI Modern 14 cocok untuk kreator konten. Hanya saja laptop ini kurang cocok untuk panggilan video.

  • Design
  • Display
  • Performance
  • Features
  • Battery
2 Komen
  1. […] Review MSI Modern 14: Hampir Sempurna untuk Kreator Konten […]

  2. […] Baca juga: Review MSI Modern 14: Hampir Sempurna untuk Kreator Konten […]

Tinggalkan Balasan