Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review MSI PS42 8RB Prestige: Laptop Andal untuk Profesional

Nama Micro-Star International alias MSI bisa dibilang sudah sangat dikenal di kalangan gamers dengan berbagai varian produknya yang menyasar gaming. Produsen komputer asal Taiwan itupun berupaya untuk memperluas segmentasi pasar dengan merambah produk untuk kalangan bisnis lewat seri Prestige. Salah satu produk terbaru di seri ini adalah MSI PS42 8RB Prestige.

Di Indonesia, produk yang menyasar kalangan profesional ini diluncurkan bertepatan dengan ajang Indocomtech 2018 pada awal November tahun lalu. Berbalut dengan simple elegant dengan bobot yang cukup ringan, membuat laptop ini bisa menjadi alternatif terbaru yang menarik di segmen tersebut.

Tapi tentu saja, tampilan dan bobot masih belum cukup untuk memutuskan sebuah laptop memang layak beli. Maka baca selengkapnya review MSI PS42 8RB berikut ini agar kamu bisa mendapat pencerahan sejauh mana seri Prestige mampu unjuk gigi.

Desain

Salah satu faktor yang membuat sebuah produk laptop dilirik, biasanya karena faktor desain. Kenapa Apple laris salah satunya karena desainnya yang mahal. Sederhana tapi menggugah selera. Nah, MSI rupanya menyadari hal ini. Desain apik bisa mengatrol minat konsumen.

Desain logo naga merah yang jadi ciri khas di tiap laptop gaming-nya, diaplikasikan pula di seri Prestige ini. Bedanya warna logo melebur dengan casing full alumunium berwarna silver. Efeknya kesan mahal pun segera hadir pada laptop yang memang sudah mahal dari sananya seharga Rp 14 jutaan. Dan memang seluruh body maupun casing Prestige ini dibalur warna silver terang. Bahkan stiker fitur produk pun warnanya senada.

Konsep slim design diadopsikan pula oleh MSI. Dimensi tipis dengan layar yang bisa dibuka sampai 180 derajat membuatnya asyik dipakai di segala tempat. Thin-bezel yang memagari layar IPS sengaja tidak dibuat menyatu, menghasilkan rasio layar hingga 81% dengan efek lebar. Menariknya logo MSI samar terletak di bawah layar, disusul kamera di bawahnya. Hal yang cukup unik, mengingat lazimnya kamera laptop biasa ditaruh di bagian atas.

Permukaan di bagian keyboard terasa agak penuh karena pemangkasan ukuran trackpad. Ditambah jejalan speaker dan tombol power di bagian tengah laptop. Lagi-lagi berbeda dengan desain kekinian yang menempatkan tombol power di antara keypad bagian kanan atas. Tapi justru desain ini menurut saya terlihat lebih terkonsep. Memunculkan aura  futuristik tersendiri.

Display

Layar MSI PS42 8RB Prestige sebesar 14 inci memiliki kualitas warna yang tajam. Selain karena material IPS yang digunakan. Layar ini juga mampu menyajikan resolusi full HD 1920 x 1020. Cukup nyaman untuk bekerja kantor, membuat desain ataupun menonton video.

Tak ketinggalan MSI turut menyertakan fitur True Color ke dalam Prestige. Fitur pada layar IPS ini sebenarnya berfungsi untuk menghasilkan warna pada gambar mendekati aslinya. Dengan sRGB mendekati persentase nyaris 100% dan kemampuan color coverage NTSC hingga 72%. Yang membantu tugas desainer ketika hendak mencetak hasil kerjanya sesuai dengan rentang warna pada perangkat printer.

Port dan Konektivitas

Untuk sebuah laptop yang memiliki desain langsing seperti ini, MSI PS42 8RB Prestige masih mampu memenuhi kebutuhan port terbaru. Ada dua port Type-C terpasang di kedua sisi laptop. Kalau itu belum cukup, kamu masih bisa menggunakan port USB 3.1 type A di sisi kanan cover. Port yang bisa dimanfaatkan untuk memasangkan mouse gaming, misalnya.

Sementara lubang untuk charging ada di sebelah kiri, di dekatnya juga ada port HDMI dan audio 3.5 mm. Tentu saja MSI membuat Prestige seperti halnya laptop saat ini yang tidak menyertakan lagi port VGA dalam fitur produknya. Terkahir jangan lupakan port kartu SD.

Sedangkan kebutuhan konektivitas data bisa didapatkan dari Bluetooth, serta Wi-Fi berbasis Intel 3168 Sandy Peak. Ini berbeda pada Prestige edisi khusus yang menggunakan Intel 9260 Windstrom Peak. Pada edisi khusus kemampuan menangkap sinyal WLAN jauh lebih baik karena memang disiapkan agar nyaman dipakai bermain game. Pilihan kartu grafisnya saja sudah, berbeda  menggunakan GTX 1050 untuk edisi khusus tersebut.

Saya melihat MSI mampu memaksimalkan ruang untuk port di MSI PS42 8RB ini. Meski terilhat slim, namun dengan ragam port yang ada, membuat pengguna bisa lebih leluasa memvariasikan gadget tambahan yang terpasang. Mouse, HDD external, sampai ponsel bisa dipasangkan sekaligus jika memang dibutuhkan melalui Prestige.

Fitur

Related Posts
1 daripada 47

Laptop bisnis pada kelas high-end biasanya tidak lepas mementingkan urusan keamanan. Salah satunya adalah dengan menerapkan sensor sidik jari. Di smartphone, fitur ini mungkin sudah biasa ditemukan bahkan di ponsel harga dua jutaan. Tapi untuk laptop, hanya kelas menengah ke atas yang memiliki fitur itu.

MSI PS42 8RB pun dilengkapi dengan sensor sidik jari yang tempatnya menyatu dengan touchpad. Didukung aplikasi Windows Hello, kamu bisa memasukan data sidik jari ke dalam sistem laptop. Keamanan sidik jari pun masih bisa dibuat berlapis menggunakan mode password atau PIN untuk mengakses sistem maupun aplikasi.

Selain fitur keamanan, fitur lain untuk kenyamanan juga tersedia. Pertama adalah backlight keyboard dengan LED putih yang bisa diatur tingkat kecerahannya. Memudahkan kamu jika hendak mengetik di tempat gelap  tapi belum hafal letak tiap fungsi keypad-nya.

Fitur lain datan untuk kebutuhan hiburan. Adalah speaker dari Nahimic 3 dengan jalur suara 7.1 untuk menambah kenyamanan telinga mendengar output suara dari laptop MSI PS42 8RB Prestige. Nahimic sendiri menawarkan mode music, gaming, movie, dan communication sesuai dengan pengaturan yang dimaksimalkan sesuai penggunaan.

Kinerja

Pada satu model laptop, terdiri atas beberapa spesifikasi berbeda. Itu wajar untuk menyiasati harga dan kebutuhan tiap orang yang berbeda. Untuk seri Prestige ini, MSI menyiapkan empat varian berbeda. Dan saya berkesempatan menjajal tipe yang bisa dikatakan menengah. Menggunakan prosesor Intel i5 Kabylake, kartu grafis Geforce MX150, GDDR5 2GB, memori RAM DDR IV 8GB, dan SSD 256 GB.

Sementara satu varian di bawahnya menggunakan grafis UMA, Unified Memory Architecture, alias kartu grafis yang teringrasi memanfaatkan memori RAM. Sedangkan dua varian di atasnya, sudah menggunakan otak Intel i7 Kabylake 8550U, dengan dua pilihan kartu grafis: GTX 1050 dan UMA. Memang yang biasanya menjadi acuan terletak pada basis prosesor dan kartu grafis yang digunakan.

Memang yang paling menonjol dari peningkatan performa sebuah laptop terbaru adalah pemanfaatan memori SSD yang tak membutuhkan piringan data dalam sistem kerjanya. SSD membantu proses kerja prosesor menjadi lebih signifikan dalam perkara booting maupun loading system.

Untuk kartu grafis tipe MX, dipilih agaknya untuk menghemat biaya produksi dan harga jual nantinya. Geforce MX sebenarnya menjadi alternatif bawah dari kartu grafis seri lain. Meski tidak maksimal untuk bermain game kelas berat tapi tetap lebih baik dibadingkan konsep UMA di varian lainnya. Membuat Prestige cukup untuk dipakai memainkan game agak lawas seperti GTA V atau Tomb Raider, misalnya.

Kinerja Prestige untuk bermain game turut didukung dengan desain arstitektur MSI yang selalu melengkapi produknya dengan sistem Cooler Boost 3.  Di dalam Prestige terdapat dual fans dengan tiga pipa untuk hardware-nya. Berpadu celah ventulasi yang mudah terlihat di bagian bawah cover atau di belakang keyboard, membuat Prestige aman dari bahaya overheat ketika gaming. Di sini, MSI seakan ingin mengaplikasikan pengalamannya dalam merancang laptop gaming.

Seluruh kemampuan kerja itu didukung kemampuan baterai 50 Whr Lithium-polymer, yang sanggup bertahan yang lama. MSI sendiri mengklaim pada penggunaan tertentu laptop ini mampu dipakai sampai 11,5 jam. Pemilihan fungsi kerja kartu grafis memegang peran di sini. Ketika memanfaatkan memori teringrasi (UMA) maka efisiensi lebih didapat dibandingkan menggunakan Geforce MX.

Kesimpulan

MSI memiliki pengalaman produk gaming yang kuat. Hal itu dibawa pada produk bisnis mereka yang satu ini. Beberapa fitur gaming seperti fitur pendinginan dan backlight yang bisa diatur kecerahannya menjadi sedikit bukti. Fitur yang justru makin membuat menarik laptop ini.

Model ramping dengan pilihan port yang beragam bisa menjadi sebuah opsi yang menarik. Tambahan lagi kelengkapan baterai yang memiliki  daya tahan hingga sepuluh jam makin mengukuhkan laptop ini tepat dipakai untuk bekerja secara mobile. Tak perlu sering membawa colokan charger.

Pada akhirnya, kamu yang lebih condong menjadikan laptop sebagai alat kerja kantoran, maka Prestige bisa jadi pilihan. Urusan gaming casual tetap bisa dicapai di sini. Bahkan bila kamu termasuk hardcore gamer bisa melirik varian tertingginya dengan GTX 1050.

Catatan: 

Artikel ini juga tayang di Bukareview dengan judul: Review Laptop MSI PS42 8RB Prestige: Desain Prestise Untuk Pebisnis

81%
Awesome

Review Laptop MSI PS42 8RB Prestige

Laptop dengan tampilan premium yang keren. Terlihat kokoh dan powerful sebagaimana kinerjanya yang andal untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Harga yang dibanderol tergolong sangat kompetitif.

  • Design
  • Display
  • Features
  • Battery
  • Performance
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More