Review OPPO Enco Buds: Tampil Sederhana, Konektivitas Prima

Menjadi aksesori berjenis wearables yang paling populer di kalangan masyarakat, earphone TWS merupakan sebuah barang multifungsi untuk temani keseharian. Baik sebagai hiburan, maupun alat bantu bekerja. Tak heran bila banyak produsen smartphone terus perbarui perangkatnya, termasuk OPPO dengan OPPO Enco Buds, hadir sebagai opsi terjangkau.

Ya, kini memang trennya sudah berubah. Penggunaan earphone kabel sudah semakin jarang berkat earphone true wireless stereo yang semakin murah. Tanpa kabel, mudah dibawa dan nggak ribet saat hendak menggunakannya—cukup ambil dari case, pasang ke telinga, selesai. Tapi apakah pengalamannya selalu selancar itu? Untuk TWS murah, tentu tidak.

Hadir sebagai penawaran terbaru di akhir kuartal pertama 2021, OPPO Enco Buds mencoba untuk atasi masalah tersebut. Berikan solusi yang ‘aman’ berkat protokol konektivitas lebih baik, sembari berikan fungsi lain agar cocok untuk beragam jenis konsumen, termasuk gamer dan pekerja work from home (WFH). Berikut testimoni saya selama beberapa hari penggunaan.

Desain

OPPO Enco Buds

Sangat simpel, dua kata yang menggambarkan desain OPPO Enco Buds secara keseluruhan. Tempat penyimpanan/pengisi dayanya pun terlihat identik dengan milik kompetitor, mulai dari bentuk lekukan sampai peletakan port di belakang dan lampu LED di depan. Bukan hal yang mengganggu, sih, toh antar satu TWS dengan yang lain memang umumnya mirip.

Setidaknya, dimensi case-nya cukup kompak dan mudah dibawa ke mana-mana, mudahkan portabilitas. Bobot total hanya 45 gram, sementara tiap earbud hanya 4 gram saja. Baik case dan earbud sama-sama terbuat dari plastik warna putih dengan dominasi permukaan glossy. Yang saya suka, desain earbud simpel dan cukup tersembuyi saat sedang terpasang di telinga.

 

Awalnya saya meragukan bagaimana earbud OPPO Enco Buds bisa terpasang presisi, namun ternyata cukup nyaman dan tidak mudah terlepas. Sebelumnya, pastikan juga untuk memilih karet eartip berukuran pas—bagi saya, yang terpasang sedikit kekecilan, jadi perlu menggantinya ke size besar yang tersedia dalam paket penjualan.

OPPO Enco Buds

Meski tanpa active noise cancellation, eartip beserta bodinya sudah cukup efektif untuk meredam suara keramaian dari luar secara pasif. Sertifikasi IP54 membuatnya tahan percikan air dan keringat, sementara lampu indikator di luar case berfungsi tunjukkan status sambungan dan baterai. Mekanisme buka tutupnya juga presisi, tak terasa murahan.

Sambil membaca ulasannya, kamu juga bisa menonton video live unboxing OPPO Enco Buds di bawah ini. Jangan lupa subscribe channel YouTube Gizmologi.

Fitur

OPPO Enco Buds

Tanpa ANC, tapi punya fitur noise reduction. Lebih tepatnya, OPPO Enco Buds memiliki fitur “pengurangan noise panggilan cerdas”. Fitur ini memanfaatkan dua mikrofon pada masing-masing earbud, terletak di sisi luar dan bawah. Sangat bermanfaat terutama bagi kamu yang super sibuk dan perlu lakukan panggilan di situasi keramaian.

Baik di kendaraan umum, atau di dalam kamar rumah yang kebetulan dilalui banyak kendaraan maupun gangguan suara lain, algoritma cerdas DNN yang ada di OPPO Enco Buds secara pintar mereduksi noise tersebut. Sehingga proses panggilan berjalan dengan jernih, terutama bagi penerima telepon, supaya mampu mendengarkan suara pengguna earphone dengan jelas.

 

Hal tersebut dimungkinkan dengan protokol Bluetooth 5.2, terbaik saat ini. Masing-masing earbud memiliki kemampuan sambungan sendiri, jadi bebas bila ingin gunakan salah satunya saja. Benefit lainnya adalah minim interferensi (seperti ketika berada di area gedung tinggi), serta jarak sambungan hingga 10 meter.

Fitur Game Mode pun berhasil dihadirkan di earphone TWS OPPO terjangkau satu ini. Sehingga selain pengguna kasual, para pemain gim mobile bergenre FPS pun bisa menggunakannya untuk bermain tanpa perlu takut ada delay yang signifikan. Bisa ditekan hingga latensinya hanya 80ms saja.

Pengoperasian

OPPO Enco Buds

OPPO Enco Buds mendukung mode Open-Up Auto Connect, di mana bila tersambung ke smartphone OPPO tertentu, bakal muncul pop-up otomatis ketika tutup case terbuka. Termasuk untuk mengatur opsi masing-masing gestur. Sayangnya, kedua hal ini tak saya temukan ketika mencoba menyambungkannya ke OPPO A74 4G, yang notabene termasuk smartphone OPPO terbaru di 2021.

Namun jangan khawatir, proses pairing tetap mudah dan cepat kok, bisa ditemukan secara instan di daftar perangkat. Ingin sambungkan ke perangkat lain? Buka tutup case dan tahan kedua sensor sentuh selama 4 detik, sampai lampu berkedip. Ingin berpindah dari satu perangkat ke lainnya yang sudah pernah tersambung? Sayangnya, harus diputuskan dulu dari yang masih tersambung.

OPPO Enco Buds

Pun saya juga tidak merasa perlu mengakses opsi untuk mengatur gestur yang ada, karena secara bawaan, opsinya sangat mudah dan lengkap untuk ukuran TWS murah. Ketuk sekali untuk play/pause, dua kali untuk atur musik/angkat telepon, tiga kali untuk aktifkan mode gaming, plus sentuh & tahan untuk kendalikan volume—kiri untuk turun, kanan untuk mengencangkan.

Lengkap bukan? Setiap ketukan butuh jeda sekitar hampir satu detik sampai perangkat mendeteksinya. Mungkin sengaja agar tidak salah deteksi hingga tiga ketukan. Kalau cek di situs resminya sih, pengaturan tambahan OPPO Enco Buds bakal tersedia di aplikasi HeyMelody versi terbaru Juli mendatang.

Baterai

OPPO Enco Buds

Bagian lain yang menurut saya juga patut diapresiasi adalah dalam hal daya tahan baterai. OPPO Enco Buds dilengkapi baterai 40 mAh di tiap earbud, dan 400 mAh pada tempat penyimpanannya. Sesuai klaim, proses pengisian dayanya membutuhkan waktu dua jam lebih. Dalam paket penjualan, tak disertakan kabel sama sekali, tapi untungnya sudah gunakan port USB-C.

Selain proses isi daya, daya tahan penggunaannya pun sesuai klaim. Setidaknya lebih dari 5 jam untuk penggunaan non-stop, dan charging case bisa isi daya hingga kurang lebih tiga kali total pemakaian, alias bisa dipakai seharian. Di atas rata-rata earphone TWS sekelasnya, apalagi desain earbud-nya sangat simpel dan tergolong ringan.

Kualitas Audio

OPPO Enco Buds

Tiap earbud-nya memiliki driver dinamis berdiameter 8mm, cukup besar di kelasnya. Dukungan Bluetooth terbaru juga membuatnya mendukung codec berkualitas tinggi dengan standar AAC. Di situsnya, sendiri, OPPO unggulkan “bass-driven HD sound”, yang sejujurnya, membuat saya pesimis di awal.

Namun ketika saya coba untuk menggunakannya selama beberapa hari, slogan yang disebutkan memang sesuai dan benar adanya. Dentuman bass dari OPPO Enco Buds terasa penuh, powerful dan disaat yang sama tak menganggu instrumen lain dalam sebuah musik. Separasinya oke, meski bukan yang terbaik, dan tentunya punya karakteristik suara cenderung hangat.

Masih enak kok untuk mendengarkan beragam genre lagu. Mulai album terbaru Joji sampai Raisa, vokal dan treble masih terdengar cukup berimbang. Efek serupa surround sound juga sedikit terasa, tanpa perlu melakukan konfigurasi apa pun. Jadi nilai positif, mengingat bagian ini bukan termasuk salah satu daya jual utama.

Kesimpulan

OPPO Enco Buds

Untuk Gizmo friends yang nggak mau ribet. OPPO Enco Buds memang tak dilengkapi banyak fitur ekstra, namun hal-hal penting sudah tersedia. Baterai awet? Koneksi yang reliabel? Gestur sentuh lengkap tanpa perlu aplikasi tambahan? Sambungan otomatis? Ada semua.

Hadir dalam desain yang sederhana namun tetap stylish, dengan earbud ringan yang mampu mengantarkan output suara prima. Di rentang harga yang masih tergolong terjangkau, earphone TWS OPPO satu ini bisa dijadikan konsiderasi sebagai pilihan terbaik.

[rwp_box id=”0″]

Spesifikasi OPPO Enco Buds

Speaker: 8mm dynamic driver per earbud
Mic: Dual mics per earbud
Warna: Putih
Berat: 4 gram (per earbud), 37 gram (case)
Charging port: USB-C
Baterai: 40 mAh (per earbud), 400 mAh (charging case)
Waktu Charge: 150 menit
Music playback: 6 jam
Total playback: 24 jam
Konektivitas: Bluetooth 5.2, mendukung codec SBC & AAC
Daya tahan: IP54 tahan cipratan air
Fitur: Gaming Mode low latency 80ms, call noise reduction
Harga resmi: Rp599 ribu

Cek harga smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE  LAZADA

Tinggalkan komen