Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Redmi 8: Smartphone Kece dengan Baterai Gede

Mending Xiaomi. Kata-kata ini sering kita dengar dalam percakapan ketika ada yang membandingkan sebuah produk. Merek Xiaomi sangat kuat di kalangan para penggemar yang menyebut dirinya dengan Mi Fans. Spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau menjadi jurus utama. Salah satu produk terbaru yang diluncurkan Xiaomi untuk memenuhi dahaga Mi Fans adalah Redmi 8.

Smartphone ini diluncurkan pada bulan Desember yang lalu, bersamaan dengan saudaranya Redmi 8 A dan juga Mi True Wireless Earbuds Basic. Dibanderol dengan harga Rp1 jutaan, Redmi 8 merupakan ponsel entry-level terbaru Xiaomi yang mengedepankan fitur memikat. Ponsel ini menyasar pengguna yang lebih mementingkan fungsi dan kinerja utama dari sebuah perangkat komunikasi, tanpa melupakan hiburan dan estetika keindahan.

Dapat dikatakan bahwa Redmi 8 mengadopsi desain serta teknologi dari ponsel-ponsel kelas mid dan high level dari Xiaomi. Penempatan kamera dan pemindai sidik jari, serta model layar depan dengan notch pada ponsel ini menjadi beberapa hal yang jamak ditemui pada ponsel yang lebih mahal. 

Lalu seperti apa spesifikasi dan fitur yang ditawarkan pada perangkat ini? Simak review Redmi 8 selengkapnya berikut ini.

Desain

Redmi 8 desainMelihat sekilas Redmi 8, membuat kami tidak menyangka bahwa ponsel ini hanya dibanderol Rp 1,699 juta. Dari pilihan warna merah glossy dari unit yang saya ulas, terlihat mewah. Tagline “Designed by Xiaomi” menambah kesan ponsel ini memang dikreasikan dengan sungguh-sungguh. Penulisan tagline semacam itu dapat mendorong sugesti penggunanya untuk merasa bangga menggunakan sebuah produk. Tak salah jika Redmi 8 adalah ponsel dengan desain kece.

Xiaomi mengklaim sudah menerapkan desain baru dengan cetakan 3D yang lebih baik pada Redmi 8. Efeknya akan terasa pada saat menggenggam ponsel ini. Genggaman memang terasa lebih mantap karena memang dimensi ponselnya sendiri tidak terlalu besar, yakni 156.5 x 75.4 x 9.4 mm dengan bobot 188 gram saja.

Mendapat silicon case transparan dalam paket pembelian. Sehingga warna dan desainnya otomatis langsung terlihat. Rasanya tidak akan malu-maluin untuk menenteng Redmi 8 di teman satu tongkronganmu.

Xiaomi meletakkan kamera belakang tidak di samping, namun di bagian tengah casing. Semacam penyegaran dari kebiasaan kamera di sisi samping. Dua lensa, lampu flash, pemindai sidik jari, dan nama Redmi ditaruh berurutan secara simetris vertikal. Terlihat lebih modern dan unik.

Beralih pada sisi-sisi ponsel, tombol fungsi dan beberapa port seperti biasa dapat ditemukan di bagian sisi. Tombol power dan volume ada di sisi kanan. Slot kartu SIM dan micro SD ada di sisi kiri. Speaker, mic, port audio dan charger USB type C ada di bagian bawah. Sedangkan lubang noise cancellation dan infrared ada di sisi atas Redmi 8. Dan, hal terbaik ialah keberadaan port USB type C.

Redmi 8 memiliki tiga pilihan warna yaitu onyx black (hitam), sapphire blue (biru), dan ruby red (merah). Kebetulan, unit yang kami coba adalah merah. Ini adalah warna paling kece menurut kami. Terlihat beda, berani, dan mewah. Tentu saja urusan warna ini kembali ke masing-masing personal. 

Display

Apa yang menarik dari layar berukuran 6.22 inch milik Redmi 8, tentu saja keberadaan notch di bagian atas. Notch tersebut sangat menarik perhatian karena lekukannya termasuk lebar dengan lensa kamera kecil. Jadi, agak mengganggu buat kamu yang gemar menyaksikan tayangan video dalam posisi lanskap.

Layar bermaterial LCD IPS ini juga memiliki model bingkai bezel relatif lebar. Bahkan tulisan Redmi pun masih muat ditaruh pada bagian bawah layar. Tidak mengganggu, hanya kurang nyaman saja melihatnya. Jadi terkesan ponsel ini terlalu ramai dengan embel-embel Redmi di bagian depan dan belakangnya.

Xiaomi sudah menjejalkan material Gorilla Glass 5 pada Redmi 8. Daya tahan material tersebut memang tak perlu diragukan lagi. Sehingga Xiaomi tidak merasa perlu memberikan anti gores tambahan di layar Redmi 8. Hal yang masih dijumpai pada produk ponsel lain. Tidak ada salahnya juga kamu langsung memberikan anti gores tambahan untuk proteksi ganda.

Pada layar Redmi 8, kita dapat menikmati resolusi HD+ di angka 720 x 1520 pixels dengan ratio 19:9 (270 density). Layarnya sendiri termasuk terang dan mampu beradaptasi dengan baik ketika digunakan di bawah cahaya matahari langsung.

Kamera

redmi 8 kameraTeknologi Artificial Intelligence (AI) pada kamera milik Xiaomi termasuk yang paling asyik dipakai. Sangat memudahkan pengguna yang awam dengan teknik fotografi. Kemampuannya dalam proses pengaturan fungsi lensa dengan membaca situasi lingkungan dan cahaya relatif cepat. Untuk menghadirkan hasil foto yang baik. Dan hal itu cukup mendorong performa dari kamera di ponsel Redmi 8 ini.

Redmi 8 memiliki dua kamera di bagian belakang dan satu kamera bagian depan. Yakni kamera belakang utama berkemampuan 12 MP, f/1.8, dan satu kamera 2MP untuk fungsi bokeh. Sedangkan kamera depan diberi kemampuan 8 MP, f/2.0.

Pemanfaatan teknologi Dual-Pixel PDAF sangat membantu proses pengambilan foto. Kemampuan menyesuaikan fokus untuk objek jauh dan dekat dengan teknologi tersebut mampu menyajikan hasil foto yang lebih baik. Pun ketika dipakai untuk memfoto dengan efek bokeh, hasilnya menjadi lebih menarik.

Dan tentu saja fitur HDR (High Dynamic Range) yang sudah jamak ditemui. Kamera Redmi 8 memiliki fitur ini dengan pilihan aktif, auto, dan mati. Kamu dapat memanfaatkannya untuk hasil  foto dengan luminosity lebih baik. Biasanya untuk mendapat efek foto yang dramatis.

Kedua fitur tersebut menjadi pokok dari pemanfaatan kamera Redmi 8. Tentu saja ada fitur pengayaan lain seperti filter dan beauty, portrait (bokeh), serta Pro untuk pengaturan manual. Fitur yang tersaji pada kamera belakang dan depan relatif sama. Oh ya, tidak ada mode wide angle di sini. Jadi jangan dicari-cari.

Tambahan lain ialah keberadaan Google Lens. Google Lens dapat berguna dalam kondisi ponsel terhubung dengan internet menggunakan WiFi atau paket data. Bagi yang mungkin belum tahu. Google Lens merupakan fitur untuk mengidentifikasi objek yang tertangkap lensa kamera untuk dicari informasi lewat sistem dari Google.

Kualitas video kamera Redmi 8 sudah mencapai Full HD 1080p pada 30 frame per detik. Dengan opsi 720p di hitungan fps yang sama. Terdapat fitur time-lapse ketika lensa video diaktifkan. Kualitasnya terhitung baik dengan kualitas piksel tetap terjaga serta tanpa distorsi cahaya berlebih. Sementara mode “video pendek” membantu untuk merekam gambar dengan durasi di 15 detik saja.

Hasil foto Redmi 8

Related Posts
1 daripada 247
Hasil foto siang hari
Mode auto siang hari
Hasil foto outdoor

Hasil foto indoor
Hasil foto malam hari

Fitur

Redmi 8 memakai antarmuka yang menapaki pembaruan di MIUI Global 11 dengan basis Android Pie 9. Ada beberapa hal menarik dari fitur di antarmuka terbaru dari Xiaomi ini. Di antaranya tentu Dark Mode yang belakangan mulai populer. Mimoji dalam kameranya, serta ambient display. 

Xiaomi masih menjejalkan teknologi infrared di ponsel ini. Terdengar remeh. Namun teknologi masa lampau inilah yang menjadi salah satu highlight dari keberadaan ponsel dari Xiaomi. Infrared dapat dipakai sebagai remote control untuk mengaktifkan beragam perangkat rumah tangga seperti televisi maupun Air Conditioner (AC). Jadi tenang saja, saat ponsel lain abai pada fitur ini, Redmi 8 masih memilikinya.

Kemudian pemindai sidik jari pada bagian belakang casing. Fitur pengamanan seperti ini, sedikit banyak punya peran penting agar data ponsel selalu terjaga dari pihak lain yang tak bertanggung jawab. Dan kemampuan membaca sidik jari pada Redmi 8 juga termasuk cepat.

Redmi 8 juga asyik untuk menikmati konten multimedia, salah satunya adalah FM Radio. Memang kebanyakan ponsel memiliki fitur ini, tetapi yang membuat Redmi 8 menonjol adalah kemampuannya untuk diputar tanpa perlu mencolokkan handsfree ke perangkat. Jadi bisa mendengarkan radio kesukaan ketika nongkrong bareng teman-teman. Terlebih, speaker boks Redmi 8 0,85cc yang besar, sehingga menghasilkan suara yang lebih keras dan lantang, juga berkualitas tinggi.

Selanjutnya, untuk konektivitas telah tersedia WiFi, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth, serta konektivitas 4G LTE untuk kebutuhan komunikasi data. GPS ponsel dibantu dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, dan BDS. 

Performa 

Baterai besar menjadi nilai utama dari keberadaan Redmi 8. Di tengah rapatnya beragam aktivitas menggunakan ponsel. Keberadaan baterai berkapasitas besar untuk mendukung kinerja dan performa tahan lama sangatlah dibutuhkan. Sebuah kebutuhan yang coba dipenuhi Redmi 8.

Kapasitas baterai 5.000 mAh dengan port charger USB type C dengan daya 18 watt dapat diperoleh di Redmi 8. Kombinasi yang memang diperlukan. Karena baterai besar tanpa pengisian kapasitas yang cepat justru akan menghambat aktivitas. Pengisian daya sekitar 40% – 50% dapat dipenuhi dalam waktu sekitar 60 menit.

Kapasitas baterai sedemikian besar relatif dapat digunakan dalam durasi lebih lama. Mengingat spesifikasi lain dari ponsel ini yang berada pada level relatif ringan. Sehingga tidak memerlukan pasokan daya berlebih. Selain itu, Xiaomi juga telah mengoptimalkan kinerja baterai menggunakan teknologi AI dengan manajemen daya dinamis, mode hemat daya, kontrol peluncuran aplikasi, dan alokasi tugas pintar. 

Baterai ini mampu bertahan dalam kondisi standby selama 25 hari. Di mana untuk penggunaan normal, berdasarkan pengalaman kami, bisa bertahan hingga dua hari. Sedangkan jika aktif digunakan untuk bermain game, sanggup bertahan seharian.

redmi 8 benchmarkPada bagian dapur pacu, Redmi 8 ditenagai chipset Qualcomm dengan Snapdragon 439 (12 nm) Octa-core (2×1.95 GHz Cortex-A53 & 6×1.45 GHz Cortex A53). Prosesor ini, dalam pengujian di notebookcheck.net, mampu mencapai kemampuan kerja menyamai Snapdragon 625 lama. Ditambah kebutuhan grafis dari Adreno 505. Termasuk irit konsumsi dayanya.

Untuk kapasitas memorinya, Redmi 8 memiliki dua varian. Pertama adalah memori RAM 3 GB dengan memori penyimpanan 32GB. Dan lainnya RAM 4 GB dengan memori penyimpanan 64 GB. Harga versi kedua ini lebih mahal di angka Rp 1,799 juta.

Dalam pengujian gaming menggunakan Asphalt 8, Redmi 8 menyuguhkan kualitas grafik bagus dengan proses rendering berjalan halus. Untuk bermain game sekelas PUBG, tentu perlu melakukan setting rata kiri atau minimum agar gameplay berjalan lancar. Secara umum, ponsel ini sanggup menjalankan berbagai aktivitas secara multitasking dengan lancar.

Kesimpulan

Redmi 8 merupakan pilihan tepat bagi kamu yang memerlukan ponsel dengan fitur-fitur esensial seusai kebutuhan. Baterai berkapasitas besar, USB type C, serta memori RAM minimal 3GB, terhitung sudah cukup sesuai dengan kebutuhan alat komunikasi masa kini. Harga yang ditawarkan pun cenderung masuk akal dan pas di kantong.

Kami jelas merekomendasikan Redmi 8 bagi kamu yang tak mau ambil pusing dengan perang fitur dan gimmick yang berputar di kelas menengah dan premium. Kamu bisa membeli smartphone ini di official store Xiaomi di Lazada.co.id atau di mi.com.

Spesifikasi Redmi 8

Klik pada gambar untuk spesifikasi detail

General

  • Device Type
    Redmi
  • Model / Series
    Redmi 8
  • Released
    04 Desember, 2019
  • Status
    Available
  • Price
    Rp 1.699.000 (3+32GB) Rp1.799.000 (4GB+64GB)

Platform

  • Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
  • CPU
    Octa-core (2x1.95 GHz Cortex-A53 & 6x1.45 GHz Cortex A53)
  • GPU
    Adreno 505
  • RAM (Memory)
    3 GB / 4 GB
  • Storage
    32 GB / 64 GB
  • Operating System
    Android Pie 9
  • User Interface
    MIUI 11

Design

  • Dimensions
    156.5 x 75.4 x 9.4 mm (6.16 x 2.97 x 0.37 in)
  • Weight
    188 g (6.63 oz)
  • Design Features
    Corning Gorilla Glass 5
  • Battery
    Non-removable Li-Po 5000 mAh battery

Network

  • Network Frequency
    GSM/ HSPA/ LTE
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Data Speed
    4G bands LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 38(2600), 40(2300) - Global LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 40(2300), 41(2500) - India Speed HSPA, LTE-A

Display

  • Screen Type
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Size and Resolution
    6.22 inches, 96.6 cm2 (~81.8% screen-to-body ratio)
  • Touch Screen
    Yes
  • Features
    Corning Gorilla Glass 5

Camera

  • Multi Camera
    Yes (Rear)
  • Rear
    12 MP, f/1.8, 1/2.55", 1.4µm, Dual Pixel PDAF; 2 MP, depth sensor
  • Front
    8 MP, f/2.0, 1/4", 1.12µm
  • Flash
    Yes
  • Video
  • Camera Features
    HDR; Dual-Pixel PDAF

Connectivity

  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    4.2, A2DP, LE
  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    Yes
  • Wireless Charging Wireless Charging (Inductive Charging) uses an electromagnetic field to transfer energy between two objects. This is usually done with a charging station. Energy is sent through an inductive coupling to an electrical device, which can then use that energy to charge batteries or run the device.
    No
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    Yes

Smartphone Features

  • FM Radio
    Yes
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    HTML 5
  • Messaging
    SMS, MMS, Online
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass

Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Xiaomi Indonesia

77%
Awesome

Review Redmi 8

Kami jelas merekomendasikan Redmi 8 bagi kamu yang tak mau ambil pusing dengan perang fitur dan gimmick yang berputar di kelas menengah dan premium.

Beli
Promo Redmi 8 di Lazada
  • Design
  • Display
  • Camera
  • Performance
  • Battery
  • Performance
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.