Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review ACMIC A10PRO: Power Bank yang Ngebut Saat Nge-charge

Sandang, pangan, papan, dan power bank. Plesetan dari kebutuhan pokok tersebut sering beredar di linimasa, diucapkan oleh netizen karena menganggap power bank sebagai kebutuhan pokok. Tentu saja kebutuhan agar tetap bisa eksis di media sosial sebagai backup saat baterai handphone sudah mau habis. Banyak sekali power bank yang beredar di pasar, salah satunya ACMIC A10PRO.

ACMIC tergolong merek baru di pasaran. Namun mereka langsung berani masuk ke segmen premium lewat seri tersebut. Harga normalnya IDR 499.000 di mana dengan budget segini, sudah bisa untuk dibelikan feature phone. Selama masa promosi, ACMIC memberikan potongan diskon 40% menjadi Rp 299.000 di sejumlah e-commerce. Apa yang ditawarkan powerbank 10.000 mAh seharga hampir setengah juta ini? Saya pun tertarik untuk mengetahui lebih jauh. Berikut ulasannya.

Desain

Kesan premium benar-benar ditunjukkan power bank ACMIC 10Pro ini. Desainnya terlihat mewah seperti model smartphone premium dengan perhatian pada aspek detail. Bodynya memakai bungkus logam paduan aluminium (aluminium alloy) dengan bagian sudut yang agak membulat. Terlihat elegan.

Meskipun ukuran kapasitas baterainya 10.000 mAh, namun tidak membuatnya gemuk. Sisi ergonomis menjadi perhatian, sehingga bentuknya cukup ramping dan nyaman digenggam maupun dimasukkan ke dalam kantong celana. Form factor-nya pun terasa solid dan kokoh melindungi komponen baterai di dalamnya. Di sisi lain, bobotnya terasa ringan.

 ACMIC A10PRO tersedia dalam beberapa pilihan warna yang atraktif. Ada Space Gray, White Silver, Gold, dan Rose Gold. Pada unit yang saya coba ini, warnanya white silver. Di dalam paket penjualan, selain Power Bank tentu saja, terdapat 1 Kabel USB to Micro USB berukuran pendek, 1 buah Adapter micro usb to lightning Apple, 1 buah adapter micro USB  2.0 to USB Type-C. kartu Garansi dan kertas petunjuk penggunaan. ACMIC tidak menyertakan kepala charger sehingga pengguna harus menyiapkan sendiri.

Satu hal yang menurut saya kurang diperhatikan oleh ACMIC. Mereka tidak menyediakan kantung (pouch) pada power bank ini. Sebagai powerbank premium, seharusnya memperhatikan packaging yang lebih lengkap. Agar memudahkan pengguna menyimpan powerbank sekaligus menempatkan kabel aksesoris. Mengapa perlu ada kantung? Karena kalau sampai body-nya tergores atau lecet karena terjatuh, bakal mengurangi keindahan power bank ini.

Teknologi

Salah satu keunggulan yang menjadi nilai jual powerbank ini adalah telah mengadopsi teknologi Quick Charge 3.0 dari Qualcomm. Di atas kertas, teknologi Quick Charge 3.0 mampu mengisi daya baterai ponsel hingga empat kali lebih cepat dibanding cara konvensional. Quick Charge 3.0 menggunakan Intelligent Negotiation for Optimum Voltage (INOV), sebuah algoritma yang memungkinkan perangkat portabel menentukan tingkat daya yang akan diminta pada setiap titik waktu, memungkinkan transfer daya optimal sambil memaksimalkan efisiensi.

Teknologi ini juga mendukung opsi voltase yang lebih luas, yang memungkinkan perangkat mobile menyesuaikan secara dinamis level tegangan ideal yang didukung oleh perangkat tertentu. Secara khusus, Quick Charge 3.0 menawarkan rentang tegangan yang lebih terperinci: peningkatan 200mV, dari 3.6V sampai 20V. Dengan begitu ponsel  bisa membidik satu dari puluhan power level.

Sebenarnya Quick Charge 3.0 bukanlah teknologi terbaru dari Qualcomm. Karena saat ini perusahaan teknologi asal San Diego, Amerika Serikat tersebut telah memiliki Quick Charge 4+. Kendati demikian, perangkat yang mendukung teknologi pengecasan terbaru tersebut masih sangat sedikit di pasaran. Sehingga Quick Charge 3.0 lebih realistis karena mendukung lebih banyak perangkat.

Selain Quick Charge 3.0, powerbank ACMIC A10PRO juga dilengkapi dengan teknologi SMART IC. Merupakan sistem IC cerdas yang akan melindungi ponsel atau perangkat saat pengisian daya. Smart IC bukanlah hal baru karena beberapa powerbank terkemuka telah memakainya. Dan sepertinya ini sudah menjadi standar keamanan bagi powerbank.

Namun demikian, ACMIC memberikan perlindungan ekstra terhadap power bank ini. Menurut informasi yang saya terima, ada 9 perlindungan yang diberikan oleh smart IC di powerbank ini. ACMIC menanamkan 9 fitur perlindungan yaitu smart temperature protection, smart over-charge protection, smart over-discharge protection, smart short-circuit protection, smart input over-voltage protection, smart output over-voltage protection, smart recovery protection, smart output over-current protection, dan smart PTC cell protection. Semua fitur tersebut ditanamkan untuk mengantisipasi kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan saat melakukan pengisian baterai.

Pengisian Daya

Kapasitas power bank 10.000 mAh merupakan ukuran yang paling ideal saat ini. Karena kapasitas baterai ponsel saja sudah semakin besar rata-rata 3.000 mAh. Dengan kapasitas 10ribu mAh, setidaknya bisa dipakai mengecas ponsel sampai dua atau tiga kali. Menggunakan fitur Quick Charge semakin memberi nilai tambah bagi perangkat ini.

Powerbank ACMIC A10PRO memiliki empat buah  port dengan rincian dua port untuk mengisi daya masuk dan dua port untuk mengisi daya keluar. Berbeda dengan kebanyakan port pengisi daya yang biasanya hanya satu yakni jenis micro USB saja, di ACMIC A10 Pro ini disertakan port Lihtning In untuk mengakomodir pengguna Apple yang tak punya kabel micro USB.

Sedangkan untuk mengisi daya keluar, portnya ada dua jenis. Port pertama adalah berteknologi Qualcomm Quick Charge 3.0 yang berwarna oranye, menawarkan pengisian daya ekstra cepat. Selanjutnya port kedua USB standar yang mengeluarkan arus sebesar 2,4 A yang walaupun tidak secepat port pertama, namun lebih kencang dibanding rata-rata powerbank yang beredar di pasaran yang hanya 2 A.

Pada bodi samping, terdapat tombol yang ketika dipencet, memberi informasi indikator sisa baterai yang masih tersimpan di dalam power bank. LED tersebut juga sebagai indikator yang otomatis menyala saat charging perangkat lain.

 

Agar bisa menikmati pengisian daya ekstra cepat ini, pastikan perangkat Anda juga telah mendukung Quick Charge 3.0. Karena jika tidak, manfaatnya tidak akan terasa hanya sedikit lebih cepat saja. Pada pengujian, saya menggunakan smartphone LG G6 dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh yang telah mendukung Quick Charge 3.0. Saat baterai tinggal 9%, ternyata butuh waktu kurang dari 1 jam untuk mencapai 100%. Bahkan saya mengisi sekaligus dengan smartphone lainnya, prosesnya pun terbilang cepat. Kinerjanya benar-benar memuaskan.

 

 

This post is also available in: enEnglish (English)

80%
Memuaskan!

Review Power Bank ACMIC A10PRO

Tak bisa diragukan lagi, ACMIC A10PRO adalah salah satu powerbank terbaik yang ada di pasar. Kualitas desainnya yang premium membuatnya sangat cocok dibawa bepergian  Lebih dari itu, teknologi pengisian cepatnya sangat berguna untuk mengisi daya baterai yang butuh asupan daya. Harganya yang hampir lima ratus ribu memang cukup mahal. Namun terbayar dengan kemampuan yang dimiliki. Terlebih jika kamu membelinya dengan harga diskon, lebih value for money. Ditambah lagi dengan garansi 18 bulan dari pihak ACMIC memberikan kenyamanan kepada pengguna.

  • Desain
  • Fitur
  • Teknologi
  • Kelengkapan
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: