Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Advan A8: Ponsel Kamera Ganda Kelas Menengah dengan Fitur Security yang Tangguh

Tak bisa dimungkiri, smartphone dual camera kini tengah menjadi tren. Jika sebelumnya, ponsel dengan kamera ganda ini hanya terdapat di kelas premium, sekarang mulai menyasar segmen menengah. Ponsel dual camera di harga tiga jutaan yang paling ramai. Salah satunya dengan kehadiran Advan A8.

Advan adalah vendor lokal ketiga yang mengusung fitur dual camera. Setelah sebelumnya ada Axioo Venge e yang diperkenalkan Juni silam dan Genpro Z yang juga diluncurkan pada bulan ini. Jika kedua ponsel tersebut masih bermain di level yang selama ini dikuasai yaitu satu jutaan alias ponsel murah, maka Advan mulai berani naik tingkat ke level lebih atas.

Advan, yang kini meraih posisi ketiga vendor smartphone di Tanah Air versi IDC bisa jadi menambah kepercayaan diri. Terlebih mereka menjadi satu-satunya brand lokal yang masuk dalam 5 besar.

Advan A8 merupakan smartphone terbaru di kelas menengah, walaupun pihak Advan sudah menganggap ini sebagai flagship, yang dibekali dengan spesifikasi mumpuni dan fitur kaya. Namun apakah itu sudah mencukupi untuk bisa bersaing di pasar? Mengingat brand yang bermain di segmen ini sudah banyak dan terutama didominasi oleh pemain global. Untuk itu, Advan “mengakali” dengan memberikan fitur pembeda. Mereka memilih positioning sebagai smartphone denga fitur keamanan tangguh. Daripada penasaran, yuk baca ulasan kami berikut ini.

Desain Unibody

Sebagai smartphone flagship, Advan A8 dirancang dengan desain premium unibody yang membuatnnya tampil cukup elegan. Perpaduan warna putih di bagian depan dan warna gold di belakang memberikan keunikan tersendiri. Walaupun secara desain, sebenarnya tidak ada yang benar-benar baru atau ouf of the box.

Bahan metalik dan rangka yang kuat membuat ponsel ini tampil lebih kokoh. Port dan tombol dirancang dengan rapi di sekeliling body ponsel, memudahkan akses berbagai fungsi. Body-nya yang sangat tipis membuatnya sangat nyaman untuk digenggam maupun dimasukkan ke dalam saku celana.

So far, tidak ada catatan yang perlu dikritisi terkait desain ini. Everything just allright. Oh iya, ada softcase berbahan plastik transparan untuk melindungi body agar tidak tergores atau penyok saat jatuh.

Layar 5,5” Full HD + MiraVision

Pada body bagian depan, Advan A8 memiliki bentang layar 5,5 inchi yang disajikan dengan resolusi full HD (1920 x 1080 pixel). Memastikan konten multimedia tampil dengan tajam dan cemerlang. Layar mampu merespon hingga sepuluh titik sentuh.

Ponsel ini mengadopsi teknologi MiraVision yang bisa menyempurnakan kualitas gambar. Tekologi ini memberikan hasil real-time dan memudahkan melakukan penyetelan.Pengguna untuk memilih mode gambar mulai dari standard, tajam hingga mode pengguna. Mode pengguna akan memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk mengatur sendiri tingkat kontras, saturasi, kecerahan gambar, ketajaman dan suhu warna.

Sayangnya, tidak disebutkan apakah ponsel ini memiliki panel pelindung seperti Gorilla Glass atau tidak. Namun kemungkinan tidak memakai. Sebagai gantinya, pada paket penjualan disertakan lapisan anti gores yang bisa dipasang sendiri.

Kamera Belakang 13 + 5MP

Advan A8 hadir dengan mengusung dual camera belakang. Konfigurasi kedua kamera belakangnya adalah pada kamera pertama menggunakan sensor Sony IMX258 dengan resolusi 13 MP. Ini bukanlah sensor flagship Sony (saat ini IMX36x). Kualitasnya cukup baik, namun masih kurang powerful terutama saat kondisi di pencahayaan rendah.

Sedangkan pada kamera kedua memakai sensor OmniVision 5 MP yang mengambil informasi kedalaman bidang atau depth of field. Kamera kedua ini berfungsi untuk memberikan kedalaman persepsi, triangle focus principle, menghasilkan gambar dengan kedalaman penuh yang ditunjang dengan Advanced Algorithm.

Saat dipakai memotret, Advan A8 mengaktifkan fitur Phase Detection Auto Focus (PDAF) yang mampu mengunci fokus dengan lebih cepat dan tepat hanya dalam waktu 0,3 detik saja. Baik saat obyek yang difoto sedang bergerak, di lokasi kejauhan maupun jarak dekat.

Sejumlah fitur seperti phase detection, autofocus dan geo tagging, touch focus, face detection, HDR dan panorama turut disertakan untuk menghasilkan foto berkualitas. Bagi yang suka memotret obyek dengan efek bokeh, kamera belakang A8 siap memenuhi kebutuhan tersebut.

Terdapat delapan filter warna yang ikut pula disematkan untuk memperoleh kualitas foto yang sesuai dengan selera pengguna. Kamera di Advan A8 dibekali fitur re-focus di mana pengguna bisa mengubah titik fokus foto setelah mengambil foto bokeh sesuai keinganan.

Saat saya mencoba memotret di siang hari dengan pencahayaan cukup, hasilnya memang bagus. Termasuk dalam bermain-main dengan bokeh, hasilnya cukup memuaskan untuk ponsel sekelasnya. Walaupun proses untuk membuat foto ini agak lebih lama. Karena setelah memotret, ada proses mendonwload foto. Selanjutnya, kita bisa melakukan pengaturan lebih maksimal di foto editor.

Namun untuk foto di malam hari, terlihat kinerjanya yang masih belum memuaskan. Noiseny terlihat jelas banget dan detail pun lemah.

Dengan ponsel Dual Camera, saya berharap bisa melakukan lebih banyak hal. Namun nyatanya ponsel ini masih belum memenuhi ekspektasi saya. Selain bokeh (blur) dan Vancam (dengan real time stiker), fiturnya tergolong standar seperti Beauty, watermark, timelapse. Sementara fitur untuk slow motion, GIF, light painting/ light trail dan PRO (manual) tidak ada.

Kamera Selfie 8MP

Advan A8 dilengkapi dengan kamera sekunder 8 megapiksel yang juga dibenamkan dengan aneka fitur yang mirip dengan yang bisa ditemui pada kamera belakang. Sama seperti kamera utama, Anda juga mendapatkan delapan filter warna yang sama untuk kamera depan.

Walupun bidang obyeknya tidak seluas ponsel kamera selfie, namun hasilnya tergolong cukup memuaskan. Ada fitur pendeteksi wajah juga yang bisa menerka berapa kisaran umur. Walaupun belum akurat, karena ini lebih seperti untuk lucu-lucuan saja.

Fitur beauty yang disematkan bisa Anda atur tingkatannya guna mendapatkan gambar wajah yang paling mendekati sempurna baik dari sisi kecerahan, kehalusan hingga menyamarkan noda pada permukaan wajah sang objek.  Anda juga bisa menambahkan efek animasi lucu pada potret wajah Anda seperti yang bisa pengguna temui pada Snapchat.

Hasil Foto Advan A8

Original
Box Advan A8 (original)
Depth of Fields
Box Advan A8 (bokeh)
Indoor
Photo Session Advan A8
Teza Sumendra

Selfie
Selfie dengan fitur Vancam

Selfie

 

OS & Antarmuka

Untuk lebih meningkatkan pengalaman pengguna dan menyesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia, Advan mengembangkan platform IDOS (Indonesia Operating System). Di Advan A8, platform ini telah memakai versi terbaru IDOS 7.22 yang memakai basis sistem operasi Android 7.0 Nougat.

Platform IDOS memiliki user interface khusus yamg dirancang berdasarkan kebutuhan dan kebiasaan orang Indonesia. Sehinga lebih fresh dan user friendly. IDOS meningkatkan kesempurnaan di saat menjalankan beragam aktivitas dengan ponsel. Bahkan dengan tren belanja online yang meningkat, IDOS mampu memproteksi data pembayaran masyarakat sehingga dapat bertransaksi dengan lebih aman.

Setidaknya, ada empat sektor yang menjadi perhatian utama pada pengembangan IDOS yaitu keamanan data, pengelolaan cerdas (smart management) penghemat daya (power saving) dan fungsi unik. Ada beberapa aplikasi penting yang terintegrasi dengan IDOS seperti Health Guard yang memantau penggunana perangkat sekaligus pengingat untuk menjaga kesehatan pengguna.

Kemudian Panduan Muslim yang sangat berguna bagi pengguna beragam Islam. Aplikasi ini sangat berguna untuk mempermudah ibadah mulai dari waktu sholat, masjid terdekat, arah kiblat, bacaan Quran, berdoa, tasbih, dan sebagainya. Selain itu, masih banyak aplikasi penting lainnya yang berguna untuk pengguna Advan A8.

Saya mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Advan ini. Keluar dari zona nyaman di mana biasanya vendor lokal lebih memilih nggak mau repot dengan memakai saja sistem operasi dari Android. Sedangkan Advan mau bersusah payah mengembangkan platform IDOS. Fiturnya cukup menarik dan berguna, walaupun jika dikatakan untuk memenuhi kebutuhan Indonesia, masih banyak yang belum ada di sini. Bagaimanapun juga, pengembangan butuh waktu.

Security & Privacy

Sebagai smartphone yang mendapat predikat sebagai “Privacy Protector Phone”, Advan A8 telah menyediakan beberapa fitur keamanan untuk menjamin rasa aman kepada penggunanya. Pada level dasar, terdapat sensor fingerprint untuk meningkatkan keamanan smartphone karena hanya pemilik yang bisa mengakses melalui sentuhan jari. Juga telah dilengkapi dengan sistem enkripsi yang akan mengenkripsi seluruh data yang tersimpan.

Selanjutnya, Advan A8 dibekali dengan fitur Advan Security yang bekerjasama dengan p 360 Security. Fitur ini berguna untuk meningkatkan performa dengan mendeteksi aplikasi-aplikasi yang memakan baterai dan memori, membersihkan file sampah yang tidak terpakai, dan antivirus untuk melindungi dari malware, virus dan sebagainya. Bahkan Advan Security juga melindungi pengguna ketika melakukan transaksi e-commerce saat pembayaran dengan mobile banking atau internet banking.

Terdapat pula fitur Xlocker untuk scan konten atau aplikasi berbahaya, mengecek key permision, tingkat keamanan password, keamanan aplikasi dan ponsel. Pada fitur ini juga terdapat App Lock untuk mengunci aplikasi tertentu yang hanya bisa diakses dengan scan wajah. Dengan fitur face unlock, aplikasi menjadi lebih private karena bisa langsung terbuka hanya dengan wajah pengguna.

Pengguna juga tak perlu khawatir lagi ketika ponsel hilang baik dicuri atau jatuh. Karena dengan fitur Anti Theft, pengguna bisa menyembunyikan pesan, mengirim pesan, mengambil foto, lock, maupun wipe data dari manapun berada. Sehingga memastikan data yang tersimpan di dalam ponsel tetap aman.

Fitur berikutnya adalah Privacy System yang berguna untuk lebih menjaga data-data pribadi pengguna, dengan tambahan fitur sembunyikan aplikasi, foto, video, dokumen dari menu panggilan. Pada fitur ini, terdapat ruang privasi yang hanya bisa diakses melalui Plat Tombol dan Ikon Desktop.

Pada ruang privasi ini, pengguna bisa menyimpan file dokumen, rekaman pembicaraan telepon, gambar, video, aplikasi tertentu, kontak, dan SMS pribadi. Sehingga tidak ada satupun yang mengetahuinya kecuali Anda. Bahkan, untuk berjaga-jaga, pengguna bisa menciptakan ruang privasi palsu. Benar-benar Privacy Protector Phone.

 

Konektivitas

Advan A8 dibekali dengan konektivitas yang sangat lengkap. Ponsel ini memakai SIM Card Dual SIM jenis Nano di mana keduanya bisa aktif bersamaan. Untuk transfer data nirkabel, terdapat koneksi Bluetooth 4.1 dan WiFi 802.11 b/g/n untuk akses internet kencang di area hotspot.

Sedangkan bagi yang memiliki mobilitas tinggi, koneksi 4G LTE akan memanjakan pengguna dengan kecepatan tinggi. Advan A8 mendukung frekuensi LTE-FDD: B3, B5, B8 dan LTE-TDD B40 yang artinya sebagian besar kartu 4G LTE dari operator seluler bisa dipakai di sini.

Dan yang tak kalah penting, Advan A8 juga telah mengadopsi teknologi terbaru USB Type C yang lebih canggih. Membuat proses tansfer data antar perangkat menggunakan kabel menjadi jauh lebih cepat. Begitupun dengan proses isi daya baterai menjadi lebih cepat hingga 20 kali lipat dibanding model sebelumnya micro USB 2.0.

Performa

Untuk memastikan kinerja yang handal saat dipakai pengguna melakukan aktivitas sehari-hari, ponsel pintar terbaru dari Advan ini dipersenjatai dengan hardware yang mutakhir. Dapur pacunya memakai prosesor MT6750T octa core yang melaju kencang dengan kecepatan hingga 1,5GHz. Advan A8 juga turut didampingi dengan mesin olah grafis Mali-T860 MP2.

Kombinasi RAM 4GB dan ruang penyimpanan 32GB menjamin kinerja yang lancar untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game, serta menyimpan ribuan konten hiburan. Selain itu, masih disertai dengan dukungan slot micro SD 64 GB.

Baterai yang disajikan juga tergolong besar yakni 3000 mAh yang sanggup untuk dipakai selama seharian penuh. Terlebih dengan disematkannya fitur Power Saving atau penghemat baterai, membuat konsumsi daya menjadi lebih efisien.

This post is also available in: enEnglish (English)